PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDN 201 INPRES TAMMU-TAMMU KABUPATEN MAROS

Megawati Megawati

Abstract


Penelitian ini berawal dari siswa kelas IV SDN Inpres 201 Tammu-Tammu yang kesulitan dalam mengikuti proses pembelajaran, hal ini dikarenakan guru jarang menggunakan model pembelajaran yang menarik ketika mengajar. Guru sering menggunakan model pembelajaran yang konvensional dengan pengajaran langsung yang berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Maka, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning pada pembelajaran IPS kelas IV SDN 201 Inpres Tammu-Tammu Kabupaten Maros. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitaif metode penelitian quasy eksperimen dengan analisis deskriptif dan analisis imperensial yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan pembelajaran dan dua kali pertemuan tes.hasil belajar memperoleh 3,7, aktifitas siswa memperoleh 3,53, dan respon siswa memperoleh 3,44, dari ketiga indikator keefektifan model pembelajaran Problem Based Learning tersebut dapat diperoleh rata- rata efektifitas 3,55 dengan kategori sangat baik.

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum, Bandung: Refika Aditama.

Afandi, Muhammad, dkk. 2013. Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: Sultan Agung Press

Alfianiawati, T., Desyandri, D., & Nasrul, N. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS DI Kelas V SD. e-Journal Pembelajaran Inovasi, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(3), 1-10.

Anggraini, S., Kresnadi, H., & Marli, S. PENGARUH MODEL PBL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 13 PONTIANAK. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(9).

Ariswati, N. P. E. A., dkk. 2018. Pengaruh Model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan media question card terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD. 6(1). 1 – 11. (Online).

Atmojo, S. E. (2013). Penerapaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Peningkatan Hasil Belajar Pengelolaan Lingkungan. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 43(2).

Dewi, Kadek Arida Purnama, I KT Gading, Dewa Nym Sudana. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas IV SD. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 4 No: 1.

Dimyati dan Mudjiono (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Fatoni, F. (2016). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dengan Strategi Problem Based Learning terhadap Kerjasama dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 2(1), 84-91.

Hosnan, M. 2014, Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Idris, I., Sida, S. C., & Idawati, I. (2019, December). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Keterampilan Proses dan Hasil Belajar IPS Siswa SD Negeri Bontojai Kota Makassar. In PROSIDING Seminar Nasional FKIP Universitas Muslim Maros (Vol. 1, pp. 54-58).

Irma Susiyanti, B Rosleny & Muhajir (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Resolusi Konflik Berbasis Masalah Kontekstual Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa SD Inpres Mallengkeri 2 Kota Makassar, Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 4(1), 25-28

Istiadah, F. N. (2020). Teori-teori belajar dalam pendidikan. Edu Publisher.

Juliawan, G. A., Mahadewi, L. P. P., & Rati, N. W. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah IPS Siswa Kelas III. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2).

Kanji, H., Nursalam, N., Nawir, M., & Suardi, S. (2019). Model Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 5(2), 104-115.

Maulida, Y. N., Eka, K. I., & Wiarsih, C. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Kerjasama di Sekolah Dasar. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sosial, 4(1), 16-21.

Nawir, M., & Hasnah, K. (2020). Model Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Dasar (Vol. 1). CV. AA Rizky.

Nurdyansyah dan Eni F.F. 2013. Inovasi Model Pembelajaran.Surabaya: Nizamial Learning Center.

Nurhasanah, Ana. 2016. Penggunaan Metode Simulasi dalam Pembelajaran Keterampilan Literasi Informasi IPS bagi Mahasiswa PGSD. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. Vol 2 (1).

Nursalam, M., HS, E. F., & Jusmawati, J. (2021). Efektifitas Model Problem Based LearningTerhadap Pembelajaran IPS Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 506-516.

Omear Hamalik, Proses Belajar Mengajar, (Jakarta: Bumi Aksara, 2007), Hlm 30

Pane, Aprida dan Muhammad D. D. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman. Vol. 03 No. 2

Pratiwi Dwi, Ratna. Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pecahan Melalui Model Problem Based Learning Di kelas V SD Negeri RanduGunting 4 Kota Tegal”. Skripsi (Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang, 2013.)

Sari, Yusni. 2013. Peningkatan Kerjasama di Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan. Vol 1 (1).

Setyosari, P., & Sumarmi, S. (2017). Penerapan model problem based learning meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(9), 1188-1195.

Suarni, D. A. K. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Ips. Jurnal ilmiah sekolah dasar, 1(3), 206-214.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Sudjono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi pendidikan. Jakarta: PT Rajawali Grafindo Persada.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Syamsudduha. 2020. Penilain Kelas. Makassar: Alauddin University Press.

Trinova, Zulvia. 2012. Hakikat Belajar dan Bermain Menyenangkan bagi Peserta Didik. Al-Ta Lim Journal Vol. 19 (3)

Wulandari, Bekti. 2013. Pengaruh Problem-Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Motivasi Belajar Plc Di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 3, Nomor 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.