PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING BERBANTUAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA MURID KELAS IV SD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran active learning berbantuan media flash card terhadap keterampilan berbicara murid kelas IV SD Se-Gugus I Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa. Penelitian ini dilaksanakan di SD Se-Gugus I Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa. Penelitian ini menggunakan desain non-equivalent control group design atau the two group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purporsive sampling. Adapun populasi sekaligus sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 40 murid kelas IV SD Se-Gugus I Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa. Sedangkan tehnik analisis data yang digunakan adalah uji n-gain, uji-t,uji asumsi klasik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) seluruh murid di kelas eksperimen mempunyai nilai lebih tinggi dan lebih terampil dalam berbicara setelah menggunakan model pembelajaran active learning berbantuan media flash card. (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen mengenai keterampilan berbicara murid diperoleh nilai normalized gain sebesar 0,42. Nilai normalized gain dijelaskan dalam kategori normalized gain, maka diperoleh terdapat perbedaan keterampilan berbicara murid setelah diberikan model pembelajaran active learning berbantuan media flash card berada pada kategori sedang. (3) pemberian model pembelajaran active learning berbantuan media flash card sangat efektif digunakan untuk mendukung keterampilan berbicara murid di SD Se-Gugus I Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa.
Full Text:
PDFReferences
A.M., Sardiman. 2001. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Anugerah Husada, Mei Fita Asri Untari, A. N. T. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Metode Bermain Peran Pada Siswa. Journal of Education Action Research, 3(2), 124–130. https://doi.org/10.23887/jear.v3i2.17268
Aqib Zainal. 2013. Model-Model Media Strategi Pembelajaran Kontekstual Inovatif. Yrama Widya. Bandung.
Arikunto, S. (2007). Manajemen Penelitian. Renika Cipta.
Bonwell, C. C. 1995. Center for Teaching and Learning, Active Learning: Creating excitement in the classroom. St. Louis College of Pharmacy.
Departemen Agama RI. (1976). Al-Qur'an dan Terjemahannya. Jakarta: Bumi Restu.
Darmayanti, T. (n.d.). E-learning pada pendidikan jarak jauh: konsep yang mengubah metode pembelajaran di perguruan tinggi di indonesia.
Istiqomah, L., Murtono, M., & Fakhriyah, F. (2020). Peningkatan Keterampilan Berbicara Murid Melalui Model Role Playing Berbantuan Media Visual di Sekolah Dasar. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 650–660. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i1.884
Marhaeni Syarifah, Syamsuri Andi Sukri, Arif Tarman A. (2020). Pengaruh Penggunaan Metode Konvensional berbantuan Media Gambar terhadap Kemampuan Berbicara Siswa Kelas IV Sekolah Dasar di Kota Makassar. Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(6), 192–201.
Putri, W. R. (2019). Keterampilan Berbicara Debat. https://doi.org/10.31227/osf.io/pyu9z
Sugiyono. 2008 . Metode Penelitian Kuantitatif Kualitataif dan R&D. Alfabeta CV. Bandung.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. CV Alfabeta. Bandung.
Sugiyono. 2016 . Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta CV. Bandung.
Sugiyono. 2018 . Metode Penelitian Evaluasi. Alfabeta CV. Bandung.
Trianto. 2007. Model – Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka.
Refbacks
- There are currently no refbacks.