PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD GUGUS II WILAYAH BUNGAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas V dan untuk mengetahui pengaruh signifikan Model Pembelajaran Ikuiri Terbimbing Berbantuan Media Audio Visual dalam mata pelajaran IPS kelas V SD Gugus II Wilayah Bungaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan quasi eksperimental design. Design penelitian yang digunakan adalah Pretest-Postest Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Bissloro yang berjumlah 17 siswa sebagai kelas eksperimen dan SD Inpres Parangkantisang yang berjumlah 17 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengambilan hasil tes belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa, nilai rata-rata hasil belajar untuk kelas kontrol setelah perlakuan yaitu 79,6, sedangkan nilai rata-rata hasil belajar untuk kelas eksperimen yaitu 85,6. Untuk nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis setelah perlakuan untuk kelas kontrol yaitu 76,18, sedangkan nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis untuk kelas eksperimen yaitu 86,76. Berdasarkan hasil dari statistik inferensial dengan menggunakan uji Manova dengan bantuan SPSS versi 21 menunjukkan bahwa nilai P (sig2. Tailed) adalah 0.009 < 0.05, ini berarti bahwa Model pembelajaran inkuiri terbimbing Berbantuan Media Audio Visual berpengaruh terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Gugus II Wilayah Bungaya. Jadi pembelajaran lebih berhasil/berpengaruh melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan Audio visual dibandingkan dengan pembelajaran tanpa penggunaan media pembelajaran.
Full Text:
PDFReferences
Enggen, Paul dan Kauchak, Don. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran (Terjemahan). Jakarta: Indeks.
Nurlaela, Lutfiyah dan Ismayati, Euis. 2015. Strategi Belajar Berpikir Kreatif. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Riskina, M. (2019). Penerapan Model pembelajaran inkuiri terbimbing (Guided Inquiry) Disertai Media Audio Visual Pada Materi Bakteri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Di MAN 3 Aceh Besar. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, Vol.3 no.1
Suastana, I. W., Abadi, I. B. S., & Putra, M. (2017). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis reinforcement terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V Gugus IV Abiansemal Tahun Pelajaran 2016 / 2017. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, vol. 5 no.2
Sugiyono. 2018. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta.: Kencana Prenada Media Grup.
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif- Progresif: Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Refbacks
- There are currently no refbacks.