IMPLEMENTASI GURU TERHADAP MODEL PEMBELAJARAN DARING DIMASA PANDEMI COVID-19 DI SDN 4 PONELO KEPULAUAN

Harteti Jasin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi dari model pembelajaran dimasa Pandemi. 2) Untuk mengetahui bagaimana menerapkan model pembelajaran dimasa pandemic. 3) Untuk mengetahui unsur-unsur apa saja yang menjadi penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran dimasa pandemi, dan 4) Untuk mengetahui unsur-unsur pendukung dalam proses pembelajaran dimasa pandemi Covid-19 di SDN 4 Ponelo Kepulauan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru yang melaksanakan model pembelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan ketekunan, triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi sumber Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) dalam implementasi model pembelajaran daring yaitu dengan memanfaatkan beberapa jenis aplikasi berbasis online seperti whatsapp, google form, google meet dan aplikasi lain untuk membuat video lainnya, 2) faktor penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran daring yaitu kurangnya efektifitas dan efisien waktu dan minimnya antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran yang berpengaruh pada pemahaman siswa terhadap pembelajan yang disampaiakan, 3) faktor pendukung dalam implementasi model pembelajaran daring ini adalah dengan berperan aktifnya sekolah dalam memberikan sarana untuk pembelajaran daring yaitu dengan memberikan fasilitas berupa jaringan wifi yang diberikan kepada guru dan juga kuota internet yang diberikan kepada siswa setiap bulan.



Full Text:

PDF

References


Magdalena, I., Salsabila, A., Krianasari, D. A., & Apsarini, S. F. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas III SDN Sindangsari III. PANDAWA, 3(1), 119-128.

Yanti, S. I., & Alwin, I. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di MTs Negeri Kota Kupang. Al Manam: Jurnal Pendidikan dan Studi keislaman, 1(2), 73-84.

Oktaviani, N., Abidin, F. A., Yuanita, R. A., & Cahyadi, S. (2021). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 BERDASARKAN PERSPEKTIF GURU SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Vol, 7(2).

EKA, P. M. (2021). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) PADA KEGIATAN PEMBLAJARAN TEMATIK DIMASA PANDEMI COVID-19 KELAS IV SD NEGERI 01 JATISABA KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS (Doctoral dissertation, IAIN Purwokerto).

Lestari, O. I., Sofwan, M., & Alirmansyah, A. (2021). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SD NEGERI 58/IV KOTA JAMBI (Doctoral dissertation, Universitas Jambi).

Putri, D. P. E. Implementasi Pembelajaran Daring dan Luring Saat Pandemi Covid 19.

Lutfi, H. A. (2021). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA KELAS II SD NEGERI 2 BELANGWETAN KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2020/2021 (Doctoral dissertation, Universitas Widya Dharma Klaten).

Wulandari, D. (2021). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING (E-LEARNING) MATA PELAJARAN MATEMATIKA MASA PANDEMI COVID-19 DI MIN 2 KOTA BENGKULU (Doctoral dissertation, IAIN BENGKULU).

HIDAYATI, F. N. (2021). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING BAHASA INDONESIA PADA MASA PANDEMI.

Okviani, O. (2021). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS RENDAH DI SD NEGERI 10 KABUPATEN SELUMA (Doctoral dissertation, IAIN BENGKULU).

Sarrah, N. S. (2021). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN GURU KELILING PADA MASA PANDEMI DI SDN 1 SUKARATU KECAMATAN SUKARESIK KABUPATEN TASIKMALAYA (Doctoral dissertation, IAIN Purwokerto).

Cahyanto, B., Maghfirah, M., & Hamidah, N. (2021). Implementasi Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 32-43.

Nuriyanti, R., & Jamaluddin, J. (2020). IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN DARING BERBASIS ANDROID DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI. Pedagogy: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(1), 94-99.

Paseleng, M. C., & Sanoto, H. (2021). Implementasi Pembelajaran Online di Era Pandemi Covid-19: Tantangan dan Peluang. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 11(3), 283-288.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.