PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 4 TALAGA JAYA

Fitrianingsih Mokambu

Abstract


Project Based Learning menjadi salah satu model pembelajaran di abad 21 yang dapat diterapkan pada pembelajaran ilmu pengetuan alam untuk dapat meningkatkan kreatifitas peserta didik terutama dalam hal membuat suatu prodak sebagai media. Model project based learning menempatkan siswa sebagai student center. Siswa bisa melakukan suatu investigasi yang mendalam terhadap suatu topik pembahasan, secara konstruktif melakukan pendalaman pembelajaran melalui pendekatan riset terhadap suatu permasalahan nyata dan relevan. Project based learning memiliki beberapa karakteristik yaitu centrality, driving question, constructive investigation, autonomy, and realisme.



Full Text:

PDF

References


Aulia, Firda. 2020. Pengaruh Model Projet Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas V SDN Kampung Bulak 02 Pada Materi Siklus Air. Skripsi. Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Febrianti, Yeyen dkk.” Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik dengan Memanfaatkan Lingkungan Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 6 Palembang”, 2016, Jurnal Profit, 3(1).

Husani, R. 2019. Guru Abad 21 Prosiding Seminar Nasional Gaya Kerja Milenial dan Tantangan Kolaborasi di Era Disrupsi Teknologi. Gorontalo : Ideas Publishing.

Redza Dwi Putra, dkk., “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Siswa Kelas XI MIA 1 SMA Negeri Colomadu Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016”, Proceeding Biology Education Conference, Vol. 13, No. 1, 2016, h. 330.

Samatowa, U. 2007. Bagaimana Membealajarkan IPA di Sekolah Dasar. Jakarta Pusat: PT.Pustaka Indonesia Press.

Sekar, Desak Ketut Sarining,dkk. “Analisis kemampuan Berpikir Kreatif dalam Pembelajaran IPA Pada Siswa Kelas IV di SD Negeri 2 Pemaron Kecamatan Buleleng”, 2015, Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1).

Sulistiarmi, Wike. 2016. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas XI-IPA pada Mata Pelajaran Fisika SMA Negeri Se-Kota Pati. Skripsi. Universitas Negeri Semarang. Semarang.

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu Dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.