PENTINGNYA PENGUASAAN BAHASA IBU OLEH GURU TERHADAP EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS AWAL

Fatris E Harun

Abstract


Dalam proses pembelajaran, bahasa memegang peranan penting sebagai alat komunikasi antara guru dan peserta didik, tanpa adanya komunikasi maka tidak akan ada proses pembelajaran. Komunikasi antara guru dan peserta didik akan tercipta dengan baik manakala diantara keduanya saling memahami bahasa satu sama lain. Artinya antara guru dan peserta didik mempunyai kesefahaman bahasa. Masalah akan timbul apabila guru dan murid memiliki latar budaya yang berbeda karena sudah pasti memilki latar bahasa yang berbeda pula. Bagaimana solusinya jika guru dan peserta didik berada pada situasi yang seperti ini ? penyelesaiannya yang pertama menyatukan kesepahaman melalui satu bahasa yaitu bahasa Indonesia yang merupakan bahasa persatuan dinegeri kita yang tercinta yaitu Indonesia, dan yang kedua adalah guru berusaha untuk mendalami bahasa yang sehari – hari digunakan oleh peserta didik dalam kesehariannya dirumah, atau yang dikenal dengan bahasa Ibu. Dalam proses pembelajaran sangat penting bagi guru untuk memahami bahasa ibu, sebab bahasa ibu dinilai memiliki peran penting untuk menjamin inklusifitas dalam pendidikan, bahasa ibu dapat menjembatani proses pengajaran guru terhadap anak sehingga tercipta pembelajaran secara bilingual.Hasil penelitian internasional menunjukan bahwa penggunaan bahasa ibu memberikan kontribusi yang positif terhadap pencapaian target atau hasil belajar siswa terutama dikelas awal. Kelas awal menjadi sasaran dikarenakan perkembangan bahasa pada anak masih terbatas pada penguasaan bahasa pada kesehariannya dilingkungan keluarga dan orang – orang terdekanya. Pembelajaran dengan menggunakan bilingual salah satunya bahasa Ibu memungkinkan anak lebih antusias dalam pembelajaran terutama pada kegiatan bertanya, dan mengkomunikasikan apa yang mereka ketahui 



Full Text:

PDF

References


BPDPB.(2021),Kemendindikbud Dukung Penggunaan Bahasa Ibu Dalam Pembelajaran Kelas Awal di NTT, Inovasi NTT, Kupang,24 Februari 2021

Husain R,(2015),Penerapan Bahasa Indonesia Baku dalam Bercerita pada Siswa Kelas IV SDN 02 Boliyohuto Kabupaten Gorontalo. Scientific Forum-Faculty of Education Department of Science Education (FIP-JIP) and The International Seminar. Hal-445

Kurniati.(2017) Perkembangan Bahasa Pada Anak Dalam Psikologi Serta Implikasinya dalam Pembelajaran. Vol.17,No.3.P 53-55

Rosita dkk.(2006). Pentingnya Bahasa Daerah dalam Pembelajaran.Vol.3,No.1.35-43

Sukoco G.A dkk. (2020),Riset: Penggunaan Bahasa Daerah di Kelas Terbukti Berpotensi Tingkatkan Kemampuan Siswa di daerah 9 november 2021: https://theconversation.com/riset-penggunaan-bahasa-daerah-di-kelas-terbukti-berpotensi-tingkatkan-kemampuan-siswa-di-daerah-148531

Widodo, G. (2021),Penggunaan Bahasa Ibu Sebagai Alat Komunikasi Pengantar Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Vol1,No1.1 Jurnal Ilmiah Edukasia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.