PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPS MURID KELAS V SD INPRES TATTAKANG PALLANGGA

Darmawati Darmawati, Muhammad Nawir, Hidayah Quraish

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar IPS murid kelas V SD Inpres Tattakang Pallangga melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbasis media animasi. Jenis ini penelitian adalah penelitian eksperimen  desain quasi eksperimen non equivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas Va yang berjumlah 27 orang sebagai kelas kontrol dan kelas Vb yang berjumlah 28 orang sebagai kelas ekperimen. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif berbentuk angka yang dianalisis menggunakan teknik statistic. Jenis pengumpulan data menggunakan soal pre-test dan post-test untuk mengukur  hasil belajar murid. Hasil penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar murid sebelum perlakuan lebih tinggi daripada setelah perlakuan (91,96>62,14). Jadi terdapat pengaruh model pembelajaran pembelajaran Discovery Learning berbasis media animasi terhadap hasil belajar murid kelas V SD Inpres Tattakang Pallangga.



Full Text:

PDF

References


Al-Qur’an. 2002. Al-Qur’an dan Terjemahan Al-Muhaimin, Jakarta: Yayasan Penyelenggara Penterjemah Al-Qur’an Departemen Agama RI.

Amir, Taufik. 2010. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning: Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pemelajar di Era Pengetahuan, Jakarta: Kencana.

Anonim.2010.Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 492/Menkes/Per/IV/2010 Tentang Persyaratan Kualitas Air Minum, Jakarta:Depkes RI.

Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Alfabeta.

Budiningsih. (2005). Model Discovery Learning, Jakarta: Pustaka Mandiri.

Furoidah, (2009), Animasi Sebagai Media Pembelajaran, Surabaya: Mentari Pustaka

Hasil Wawancara, dilakukan kepada Guru SD Inpres Tattakang.

Permendikbud no. 53 Tahun 2015. Tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Puspasari. 2015. Pengaruh Problem Based Learning (PBL) dan Problem Posing Ditinjau dari Motivasi Belajar Matematika. Artikel Publikasi Ilmiah Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Syah, Muhibbin. 2000. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudjana, Nana (2010). Dasar-dasar Proses Belajar, Bandung: Sinar Baru.

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan :Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Bandung: PenerbitAlfabeta.

Wikipedia. (2009). Perusahaan. Diakses pada 23 Mei 2021. WWW: id.wikipedia.org/wiki/Perusahaan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.