PROFIL HASIL BELAJAR IPA KELAS V DI UPT SPF SD NEGERI MANDAI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING

Arisma Dyah Nurmalisa, Syarifuddin Kune, Evi Ristiana

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran quantum teaching terhadap hasil belajar siswa jika dibandingkan dengan pembelajaran konvensioanal pada materi campuran homogen dan heterogen. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental design. Jenis desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah non equivalen control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VA dan VB sebanyak 62 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VA sebagai kelas eksperimen sebanyak 30 siswa dan kelas VB sebagai kelas kontrol sebanyak 32 siswa. Pengumpulan data menggunakan lembar tes, dan dokumentasi. Analisis data hasil belajar siswa menggunakan presentase dan analisis data deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan kategori hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran quantum teaching dengan kategori sangat tinggi memiliki presentase 20%, kategori tinggi dengan presentase 23%, kategori sedang dengan presentase 47%, dan kategori kurang dengan presentase 10%. Sedangkan kategori hasil belajar pada kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional dengan kategori sangat tinggi memiliki presentase 0%, kategori tinggi dengan presentase 6%, kategori sedang dengan presentase 22%, dan kategori kurang dengan presentase 72%. Tingkat ketuntasan hasil belajar pada kelas eksperimen mencapai 90%, dan pada kelas kontrol mencapai 28%. Sehingga dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran quantum teaching terhadap hasil belajar IPA konsep campuran homogen dan heterogen kelas V UPT SPF SD Negeri Mandai Kota Makassar.

Full Text:

PDF

References


Arends. 1997.Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivisme. Jakarta: Prestasi Pustaka Publiaher.

Departemen Agama RI. 2005. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta: Jumanatul Ali.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas

De Porter, B., & Hernacki, M. 2009. Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Penerbit Kaifa.

Jihad, A dan Abdul Haris. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.

Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sudaryono. 2019. Metodologi Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. Depok: Rajawali Pers.

Sudjana, Nana. 2014. Penelitian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suprihatingrum. 2013. Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzmedia.

Suryosubroto. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Trianto. 2013. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Trilling, B., & Fadel, C. 2009. 21st Century Skills: Learning for Life In Our Times. San Fransisco, CA: Jhon Wiley & Sons. (Ebook Online)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.