PENTINGNYA TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MENDUKUNG PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SEKOLAH DASAR

Anisa Manongga

Abstract


Teknologi zaman sekarang merupakan hasil pembentukan dan perkembangan ilmu pengetahuan, dan terjadi dalam bidang pendidikan. Sangat cocok untuk pendidikan. Pendidikan itu sendiri juga cocok untuk penggunaan teknologi untuk membantu pelaksanaan pembelajaran. Jika teknologi informasi tidak sesuai untuk penyelenggaraan pendidikan, maka akan sulit mengejar ketertinggalan teknologi yang semakin maju saat ini. Seperti halnya yang peneliti temukan di salah satu sekolah yang ada di Desa Pone, Kecamatan Limboto Barat, Kabupaten Gorontalo, yakni di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Pone. Sekolah tersebut tidak memadai teknologi informasi, dan tidak lengkapnya sarana prasarana disekolah tersebut yang menghambat siswa untuk belajar lebih tentang teknologi yang semakin maju. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode survei, jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.i Teknologi dalam dunia pendidikan adalah suatu sistem yang dimanfaatkan untuk menunjang pembelajaran sehingga tercapai hasil yang diingingkan. Implementasi teknologi dalam pendidikan di Indonesia adalah teknologi dapat dimanfaatkan sebagai pembelajaran, alat administratif, dan sumber belajar.

Full Text:

PDF

References


Anggraeny, D. dkk. (2020). Analisis teknologi pembelajaran dalam pendidikan Sekolah Dasar. FONDATIA, 4(1), 150-157. 2) Fitriansyah, Fifit. (2019). Analisis Isi Buku Teks Teknologi Media Pembelajaran Sebagai Sumber Belajar Mahasiswa. Cakrawala-Jurnal Humaniora, 19(2), 207-212.

Ghavifekr, S., & Rosdy, W. A. W. 2016. “Teaching and Learning with Technology: Effectiveness of ICT Integration in Schools”. International Journal of Research in Education and Science, 1(2): 175. https://doi.org/10.21890/ijres.23596. 4) Husain, Rusain. (2016). Guru Di Abad 21. Prosiding, 13. 5) Lestari, S. (2018). Peran teknologi dalam pendidikan di era globalisasi. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94-100.

Rahmat, Abdul. (2019). Filsafat Ilmu. Gorontalo. Ideas Publishing7) Safira, Y. (2021). Pemanfaatan Teknologi Gawai Dalam Belajar Abak Usia Dini Pada Orang Tua Di TK Kecamatan Sukowono Pada Masa Pandemi Covid-19 (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER). 8) Wijayanti, I. D. (2011). Peningkatan Pendidikan Berbasis ICT. UIN Sunan Kalijaga: Yogyakarta. 9) Yusuf, A. (2016). Kebutuhan spiritual: konsep dan aplikasi dalam asuhan keperawatan. Buku Referensi, 1-316.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.