PENGEMBANGAN KEMAMPUAN FISIK MOTORIK ANAK USIA DINI MASA COVID 19
Abstract
Walau terjadi musibah pandemic covid 19, aspek fisik motoric anak usia dini harus tetap dikembangkan oleh para guru PAUD walau secara jarak jauh dengan menggunakan berbagai cara. Artikel ini merupakan suatu bentuk penelitian kolaborasi dengan lima guru PAUD tentang strategi yang mereka lakukan untuk membantu muridnya mengembangkan aspek fisik motoriknya. Penelitian kolaborasi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan meminta para guru merefleks diri, menganalisis dokumen yang mereka miliki dan diskusi dengan para guru PAUD yang mengajar di wilayah Tangerang kota tersebut. Melalui bimbingan dari ketua, maka anggota peneliti yang jug amerupakan para guru PAUD/TK berupaya untuk terus mengembangkan kemampuan motoric muridnya yang berusia dini. Hasil wawancara mengungkapkan bahwa walau secara jarak jauh, mereka tetap dapat mengarahkan orang tua murid untuk mengajarkan anak-anak untuk meningkatkan kemampuan fisik motoric mereka dengan menggunakan pendekatan dialog ke orang tua dan muridnya. Bentuk pengembangan fisik motoric itu seperti anak menulis, mewarnai, membuat beberapa hasil karya, melompat dan berlari . Dari analisis eksplorasi tersebut tim peneliti dapat mengetahui bahwa belajar dan mengajar secara jarak jauh itu memang tidak mudah akibat dari adanya peran guru yang berubah ke para orang tua murid. Banyak orang tua merasa bahwa mengajar anak untuk tetap mau belajar di rumah itu menjadi suatu tantangan tersendiri dan bukanlah hal yang mudah. Oleh sebab itu, guru PAUD harus memiliki beberapa cara untuk membuat murid PAUDnya mau belajar di rumah dengan mengikuti arahan orang tuanya..
Full Text:
PDFReferences
Yufiarti, Chandrawati, T. (2018). Profesionalitas Guru PAUD. Tangerang selatan : Universitas Terbuka.
Sujiono, B. dkk. (2019). Metode pengembangan fisik. Tangerang selatan :Universitas Terbuka.
Refbacks
- There are currently no refbacks.