KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER PESERTA DIDIK

Abd. Hamid Isa

Abstract


Pembelajaran dapat dimaknai sebagai upaya memanipulasi lingkungan belajar sedemikian rupa sehingga terjadi aktivitas belajar bagi peserta didik. Tugas pendidik menyediakan berbagai fasilitas dan mengelolanya agar kegiatan belajar benar-benar tercipta secara kondusif dalam konteks proses dan hasil belajar. Dalam kegiatan pembelajaraan, pertanyaan yang harus diajukan pendidik kepada dirinya sendiri adalah bukan hanya apa materi yang harus dipelajari oleh peserta didik melainkan juga bagaimana cara yang terbaik yang dikembangkan agar peserta didik dapat mencapai sasaran belajar yang berkualitas. Dalam pembelajaran peranan media sangat penting dan strategis. Media sebagai segala wujud yang dapat dipakai sebagai sumber belajar yang dapat merangsang  pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan peserta didik (warga belajar)sehingga mendorong terjadinya proses belajar mengajar ketingkat yang lebih efektif dan efisien.Dalam konteks ini dapat dikemukakan bahwa urgensi penerapan media pembelajaraan dapat mempengaruhi karakter dan sikap peserta didik terhadap proses dan hasil belajar. Penelitian ini bertolak dari problematik bagaimana upaya yang dapat dilakukan untuk mengefektifkan penerapan media pembelajaran agar dapat meningkatkan karakter belajar peserta didik. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kondisi objektif pemanfaatan media pembelajaran untuk meningkatkan karakter belajar peserta didik, dan  mendeskripsikan keefektifan media pembelajaran dalam meningkatkan karakter belajar peserta didik. Lokasi penelitian di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Patriotik Desa Bube Baru Kabupaten Bonebolango Provinsi Gorontalo. Jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Sumber data penelitian adalah para Pendidik, Peserta Didik dan Pengelola PKBM. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaraan dalam kegiatan pembelajaran di PKBM belum sepenuhnya efektif dilakukan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar peserta didik. Kondisi ini pun memberi pengaruh terhadap pembentukan karakter belajar peserta didik. Temuan lain menunjukkan  bahwamasih perlu dikembangkan dengan baik kompetensi pendidik (tutor) yang mumpuni serta fasilitas yang relatif memadai dalam tataran pelaksanaannya.


Full Text:

PDF

References


Adisusilo, S. 2014. Pembelajaran nilai karakter. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Narwanti, Sri. 2011. Pendidikan Karakter Pengintegrasian 18 Nilai Pembentukan Karakter Dalam Mata Pelajaran. Yogyakarta: Familia.

Asmani, Jamal Ma'mur. 2012. Buku panduan internalisasi pendidikan karakter di sekolah. yogyakarta: Diva press.

Bogdan, Robert C, dan Sari Knopp Biklen, 1998. Qualitatif Research for Education: An Introduction to Theory and Methods, Boston: Aliyn and Bacon, Inc.

Borg WR and Gall, MD. 1989. Education Research An Introduction. New York: Financing. Washington the Word Bank.

Borg WR and Biklen. 1989. Education Research. New York: Pitmen Publishing.

Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan karakter konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Hasan. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa, Jakarta: Litbang Puskur.

Isa, Abd. Hamid. 2012. Pengembangan Model Kecakapan Hidup Terintegrasi Nilai-Nilai

Budaya Lokal dalam Meningkatkan Kemandirian Berusaha Masyarakat. Disertasi. Bandung : Universitas Pendudikan Indonesia.

Kusuma, Dharma. 2011. Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Koesoema, Doni. 2010. Pendidikan Karakter; Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grafindo.

Sanaky, Hujair AH. 2009. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insania Press.

Saptono. 2011. Dimensi-dimensi Pendidikan Karakter Wawasan, Strategi dan Langkah Praktis. Jakarta: Esensi.

Supriyono.(2011) Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung. Alfabeta

Suryaman, Maman. 2010. Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Sastra. Dalam Cakrawala Pendidikan, Tahun XXIX.Vol. 1 No. 3. 2010 Edisi Khusus Dies Natalis UNY. Diunduh dari http://journal.uny.ac.id/index.tanggal 2 April 2015.

Triatmanto. 2010. Tantangan Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah. Cakrawala

Pendidikan. Tahun XXIX.Vol. 1 No. 3. 2010 Edisi Khusus Dies Natalis UNY. Diunduh dari http://journal.uny.ac.id/index tanggal 2 April 2015.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Uno, Hamzah. Nina Lamatenggo. 2014. Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran. Jakarta : PT Bumi Aksara

Wangid, Muhammad Nur. 2010.Peran Konselor Sekolah Dalam Pendidikan Karakter.

Cakrawala Pendidikan. Tahun XXIX.Vol. 1 No. 3. 2010 Edisi Khusus Dies Natalis UNY. Diunduh dari http://journal.uny.ac.id/index. tanggal 2 April 2015

Wuryandani, Wuri, Maftuh, Bunyamin, Sapriya, dan Budimansyah, Dasim. 2014.

Pendidikan Karakter Disiplin di Sekolah Dasar. Dalam Cakrawala Pendidikan TH. XXXIII No. 2. 2014. Diunduh dari http://journal.uny.ac.id/index tanggal 2 April 2015.

Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.