CHARACTER BUILDING BERBASIS MULTI MEDIA DI TK PERMATA KELURAHAN BULOTA KECAMATAN LIMBOTO KABUPATEN GORONTALO

Ram Sude, Abdul Rahmat, Mohammad Zubaidi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan membangun karakter (Character Building) dalam hal ini melakukan metode ini dengan berbasis multimedia untuk menumbuhkan karakter belajar peseta didik di TK Permata Limboto. Adapun metode yang dilakukan adalah dengan menggunakan metode peneltian dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran interaktif diberikan melalui CD interaktif kemudian yang di dalamnya ada game dan cerita yang bersifat edukasi yang bisa membentuk karakter yang diperoleh untuk meningkatkan daya tangkap anak usia dini. Maka karakter yang diperoleh melalui pembelajaran berbasis multimedia tersebut dapat menunjukkan perilaku peserta didik tersebut. Adanya charater building berbsis multimedia di PAUD tersebut dapat memberikan stimulus kepada peserta didik sehingga dapat menumbuhkan kreativitas anak dengan dilakukannya berbagai macam anemasi, gambar, warna dalam bentuk media komputer yang ditampilkan di LCD.

Full Text:

PDF

References


Membentuk karakter dengan menggunakan model pembelajaran interaktif ini dapat memberikan kesimpulan yaitu :

Metode interaktif yang menggunakan Game dan cerita edukasi ini merupakan sebuah game yang di samping bermain juga dapat digunakan untuk belajar anak sehingga anak lebih cepat untuk menangkap materi pembelajaran.

Aplikasi Media Pembelajaran ini menggunakan musik, gambar dan animasi sehingga lebih menarik anak untuk belajar.

Referensi:

Arsyad, Azhar (2002). Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Baba. (2003). Animasi Kartun dengan Flash Mx. Jakarta : PT Elek Media Komputindo

Dede Ropik Y 2018 Character building berbasis multimedia di PAUD Flamboyan Jurnal Dharma Bhakti Ekuitas Vol. 02 No. 02, Maret 2018 ISSN: 2528-2190

Ditjen Dikdasmen Depdiknas. (2003). Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Koesoema A. D. (2007). Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.

Megawangi, R. (2004). Pendidikan karakter. Bandung, Pustaka Mizan.

Eka Sapti Cahyaningrum 2017 Pengembangan nilai-nilai karakter anak usia dini Volume 6, Edisi 2, Desember 2017

Hall, Hellen C. 2003. “Teacher’s Attitude Toward Character Education and Inclusion in Family and Consumer Sciences Education Curriculum”, dalam Journal of Family and Consumers Sciences Education, Vol. 21, No. 1.

Skripsi Fathimah Nur Shabrina 2018 Character Building Berbasis Pendidikan Nilai-Nilai Islami Di Sma Islamic; Universitas Islam Indonesia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.