EVALUASI PROGRAM MODEL KICKPATRICK PADA DIKLAT BERJENJANG DI KABUPATEN GORONTALO

Suwartin A. Pateda, Abdul Rahmat, Mohammad Zubaidi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui informasi tentang evaluasi program model Kickpaterick pada Diklat Berjenjang. Adapun hal yang diteiliti yaitu pelatihtan (traning) yang dilakukan pada lembaga pendidikan di Kabupaten Gorontalo. Evaluasi program dapat memberikan penilaian terhadap keberhasilan suatu program yang dijalankan dalam setiap lembaga. Empat evaluasi yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu: Reaction Evaluating, Learning Evaluating, Behavior Evaluating, dan Result Evaluating. Metode Penelitian yang digunakan metode Evaluasi dengan pendekatan kombinasi kualitatif dan kuantitatif. Pendekatan kombinasi ini digunakan untuk mengumpulkan data secara mendalam dan menghasilkan fakta yang lebih komprehensif. evaluasi ini bertujuan untuk menjelaskan tingkat keberhasilan dari suatu program Diklat berkelanjutan Materi Perencanaan Pembelajaran Di Wilayah Kerja Kabupaten Gorontalo Provinsi Gorontalo. Pada akhirnya menuju perbaikan dan penyempurnaan serta dapat dijadikan acuan dalam menentukan kebijakan program di Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan.  Keberhasilan suatu pelatihan dapat dilihat dari tiga domain kompetensi (knowledge, skills, dan attitudes) yang merupakan hal‐hal yang dapat diajarkan dalam suatu training. Oleh karenanya, evaluasi pada level dua ini juga menekankan pada seberapa jauh pembelajaran (learning) peserta atas materi training dalam konteks peningkatan kompetensi mereka.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Penedekatan Praktik. Edisi 2010. Jakarta: Rineka Cipta.

Patton, Michael Quinn. 1990. Qualitative Evaluation and Research Methods. 2nd ed. Newbury Park. California: Sage Publication

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Kementeriaan Pendidikan dan Kebuadayaan.

Sopacua, Evie, Didik Budijanto. 2007. Evaluasi 4 Tahap dari Kirkpatrick Sebagai Alat Dalam Evaluasi Pasca Pelatihan. Jakarta: Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, volume 10, Nomor 4.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi. Bandung: Alfabeta.

Syafril Ramadhan, 2014. Penerapan Model Empat Level Kirkpatrick Dalam Evaluasi Program Pendidikan Dan Pelatihan Aparatur Di Pusdiklat Migas. Jakarta: Jurnal Pusdiklat Migas ESDM. Volume 06 No. 1

Tan, Kim and Newman, Eric. (2013). The evaluation of sales force training in retail Organizations: A test of Kirkpatrick’s four level model. International Journal of Management Vol. 30 No.3 Part 2 June 2013

Tayibnapis, Farida Yusuf. 1989. Evaluasi Program Depdikbud, Dikti. Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Kependidikan, Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Umi widyastuti 2015 evaluasi pelatihan (training) Level II Berdasarkan teori the four levels kirkpatrick jurnal pendidikan ekonomi dan bisnis vol. 3 no. 2

Wirawan. 2012. EVALUASI: Teori, Model, Standar, Aplikasi, dan Profesi. Jakarta: Rajawali Pers.

Yetti Nnurhayati 2018, Model Kirkpatrick untuk evaluasi program diklat teknis subtantif materi perencanaan pembelajaran; Andragogi jurnal diklat teknis Volume VI No.2


Refbacks

  • There are currently no refbacks.