PELAKSANAAN SUPERVISI KLINIS UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU DALAM MENGELOLA PEMBELAJARAN DI TK DUNGALIYO KABUPATEN GORONTALO

Erni C. Ahmad, Abd. Hamid Isa

Abstract


Abstrak

Pelaksanaan supervisi klinis oleh pengawas kiranya dapat memberikan kontribusi penting dalam meningkatkan kinerja guru dalam mengelola pembelajaran yang mengacu pada fungsi, prinsip, tujuan serta prosedur pelaksanaan supervisi yang optimal. Para pengawas perlu memiliki kompetensi profesional yang merupakan kemampuan melaksanakan supervisi secara efektif, efisien dan mencakup segala aktivitas yang berhubungan dengan peningkatan proses belajar mengajar sebagai layanan kepada guru. Perlu dilakukan perbaikan secara menyeluruh terhadap berbagai aspek yang menyebabkan kurang maksimalnya pelaksanaan supervisi klinis seperti yaitu adanya keengganan untuk disupervisi dan tidak sepenuhnya bersikap terbuka kepada pengawas atas kekurangan dan kendala yang dihadapi dalam pembelajaran pada saat melakukan pertemuan awal atau pra observasi, dipengaruhi adanya rasa takut, kurang percaya diri, sehingga menimbulkan kesan dan persepsi dari guru, bahwa pengawas tersebut hanya sebagai kegiatan yang bersifat penilaian belaka dengan mencari-cari kekurangan atau kelemahan-kelemahan yang dimiliki guru dalam pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Imron, A. (2011). Supervisi Pembelajaran Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Karsiyem, Muhammad Nur Wangit. (2015). Pelaksanaan Supervisi Akademik Dalam Peningkatan Kinerja Guru Sekolah Dasar Gugus III Sentolo Kulon Progo. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan. Volume 3, No2, September 2015.

Kristiawan, M. (2015). A Model of Educational Character in High School Al-Istiqamah Simpang Empat, West Pasaman, West Sumatera. Research Journal of Education, 1(2), 15-20.

Kristiawan, M., & Elnanda, D. (2017). The Implementation of Authentic Assessment in Cultural History of Islam Subject. Al-Ta lim Journal, 24(3).

Nazir, Moh, (2009). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nugraha, Mulyawan Safwandy. (2015). Pelaksanaan Supervisi Akademik Oleh Kepala Madrasah Aliyah Swasta di Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. Jurnal Pendidikan Islam Nadwa. Vol.9 Nomor 1, April 2015.

Ramadhan, Ahmad. (2017). Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri Di Kabupaten Majene. Journal of Educational Science and Technology (EST) Volume 3 Nomor 2 Agustus 2017 Hal. 136- 144.

Sari, Ajeng Lentika. Sukoco. (2015). Keefektifan Supervisi Akademik oleh Kepala Sekolah Dasar Negeri se- Kecamatan Talang Empat Bengkulu Tengah. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan Volume 3, No 1, April 2015 (1-12).

Sudin, Ali (2008). Implementasi Supervisi Akademik Terhadap Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar Se Kabupaten Sumedang. “JURNAL, Pendidikan Dasar“Nomor: 9 - April 2008.

Sugiyono. (2007). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. ALFABETA.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.