PROGRAM HOME VISIT DI POS-PAUD BINTANG KECIL, SEMARANG: SOLUSI MENAATI ATURAN PHYSICAL DISTANCING

Lilien Mokoginta, Netty Nurdiyani

Abstract


Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan program Home Visit di Pos-PAUD Bintang Kecil, Semarang. Program ini dijadikan solusi untuk menaati peraturan pemerintah tentang physical distancing yang melarang adanya kerumunan untuk menjaga kesehatan. Dalam pelaksanaannya, dua orang guru mendatangi kelompok siswa yang terdiri dari tiga sampai empat orang. Kunjungan guru dilakukan seminggu sekali dengan durasi waktu seperti jam pelajaran di sekolah antara pukul 09.00-10.30. Respon murid terhadap kegiatan tersebut sangat positif. Hal ini dapat dilihat dari kesiapan murid dalam menyambut kehadiran guru, seperti tetap berseragam sekolah dan melaksanakan kegiatan belajar dengan riang gembira. Hal yang menjadi hambatan kegiatan ini adalah insentif untuk guru. Meskipun tak ada keluhan, namun kegiatan di luar sekolah tetap membutuhkan anggaran tambahan dalam pelaksanaan.  Pendanaan di dalam Pos-PAUD dapat menjadi hal yang urgen mengingat sekolah ini bukan lembaga yang profitable karena didirikan justru untuk memfasilitasi masyarakat yang kurang beruntung untuk mengikuti pendidikan formal.


Full Text:

PDF

References


Pemerintah, Undang-undang Nomor 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta, 2003.

E. Komalasari, “Layanan Home Visit Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Anak Kurang Sejahtera,” Ta’dib, vol. 18, no. 1, p. 76, 2016.

K. D. Dwita, A. I. Anggraeni, and Haryadi, “Pengaruh Home Visit dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa di SDIT Harapan Bunda Purwokerto,” J. Ekon. Bisnis, dan Akunt., vol. 20, no. 01, pp. 1–15, 2018.

H. Amalia, “Implementasi Home Visit Dalam Upaya Meningkatkan Pembelajaran PAI di SDIT AL-AZHAR KEDIRI,” Didakt. Relig., vol. 4, no. 1, pp. 77–106, 2016.

K. Nahdi, S. Ramdhani, R. R. Yuliatin, and Y. A. Hadi, “Implementasi Pembelajaran pada Masa Lockdown bagi Lembaga PAUD di Kabupaten Lombok Timur,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 5, no. 1, p. 177, 2020.

H. B. Sutopo, Metodologi Penelitian Kualitatif. UNS Press, 2002.

R. Santosa, Metode Penelitian Kualitatif Kebahasaan. Surakarta: UNS Press, 2017.

I. R. Rahmat, A., Husain, R., Luawo, Y. E., Ishak, D., Ibura, Belajar dari Alam Biluhu: Model Pembelajaran Sentra Bahan Alam pada Taman Kanak-kanak Melalui Pendekatan Saintifik Berbasis Kawasan Teluk Tomini. Gorontalo: Ideaspublishing, 2020.

R. K. Rusli and M. K. Kholik, “Teori Belajar Dalam Psikologi Pendidikan,” J. Sos. Hum., vol. 4, no. 2, pp. 62–67, 2013.

D. Hardianto, “Paradigma Teori Behavioristik Dalam Pengembangan Multimedia Pembelajaran,” 2018.

D. Y. Sari and A. Rahma, “Meningkatkan Pemahaman Orang Tua Dalam Menstimulasi Perkembangan Anak Dengan Pendekatan Steam Melalui Program Home Visit,” TUNAS SILIWANGI, vol. 5, no. 2, 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.