SOLUSI PEMBELAJARAN JARAK JAUH MENGGUNAKAN APLIKASI ZOOM DAN WHATSAAP GROUP DI ERA NEW NORMAL PADA WARGA BELAJAR PAKET C DI PKBM BINA MANDIRI KOTA CIMAHI

Nugraha Permana Putra, Ida Nisaurrasyidah

Abstract


Indonesia sedang dihadapkan permasalahan rumit dan berkepanjangan mengenai pandemi Coronavirus Disease (covid-19). Salah satu upaya pencegahan penyebaran virus tersebut adalah dengan membuat kebijakan pembelajaran jarak jauh pada sektor pendidikan. Kebijakan pembelajaran jarak jauh secara tidak langsung telah mengubah paradigma sistem pembelajaran konvensional yang semula tatap muka di kelas kemudian berubah menjadi secara virtual dan tidak bertemu langsung di kelas. Artikel ini membahas mengenai penggunaan aplikasi Zoom dan Whatsapp Group sebagai media pembelajaran jarak jauh di Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) Bina Mandiri serta faktor penghambat dalam penggunaannya. Dalam implementasinya, aplikasi Zoom dan Whatsapp Group menawarkan beberapa setting pembelajaran diantaranya asinkron mandiri, asinkron kolaboratif, dan sinkron maya. Beberapa fitur yang ditawarkan aplikasi Whastapp Group untuk menunjang aktifitas pembelajaran adalah download, upload, assignment. Sedangkan untuk aplikasi Zoom menawarkan fitur forum diskusi. Hambatan yang dialami Tutor dan Warga Belajar umumnya adalah kurangnya pengetahuan dan informasi mengenai manajemen perkuliahan menggunakan aplikasi Zoom, Whatsapp Group dan kurang stabilnya koneksi jaringan internet.


Full Text:

PDF

References


Brahma. (2020). Penggunaan Zoom Sebagai Pembelajaran Berbasis Online Dalam Mata Kuliah Sosiologi dan Antropologi Pada Mahasiswa PPKN di STKIP Kusumanegara Jakarta. https://www.researchgate.net/publication/341191213_Penggunaan_Zoom_Sebagai_Pembelajaran_Berbasis_Online_Dalam_Mata_Kuliah_Sosiologi_dan_Antropologi_Pada_Mahasiswa_PPKN_di_STKIP_Kusumanegara_Jakarta.

Masitoh, S. (2018). Blended Learning berwawasan literasi digital suatu upaya meningkatkan kualitas pembelajaran dan membangun generasi emas 2045. Proceedings of The ICECRS, 13–34. https://doi.org/10.21070/picecrs.v1i3.1377

New Media Corsortium., & EDUCAUSE (Association). (2010). The horizon report. The New Media Corsortium.

Ramadhani. (2020). Analisis Kecemasan Belajar Siswa/Mahasiswa Terhadap Penggunaan Aplikasi Zoom Cloud Meeting. https://www.researchgate.net/publication/341591611_ANALISIS_KECEMASAN_BELAJAR_SISWAMAHASISWA_TERHADAP_PENGGUNAAN_APLIKASI_ZOOM_CLOUD_MEETING.

Rusman. (2011). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, Cet. 4. Raja Grafindo Permai.

Surjono, H. D. (2010). Membangun Course E-Learning Berbasis Moodle. Retrieved from http://blog.uny.ac.id/hermansurjono/files/2010/10/Membangun-Course-Elearning-berbasis-Moodle-Okt2010.pdf

Tigowati, T., Efendi, A., & Budiyanto, C. W. (2017). I ndonesian J ournal of I nformatics E ducation The Influence of the Use of E-learning to Student Cognitive Performance and Motivation in Digital Simulation Course. IJIE (Indonesian Journal of Informatics Education), 1(2), 41–48. Retrieved from http://dx.doi.org/10.20961/ijie.v1i2.12812


Refbacks

  • There are currently no refbacks.