PENINGKATAN KREATIVITAS GURU DALAM MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PRAKTIK (APP) IPA MELALUI BIMBINGAN TEKNIS PADA MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) SMA DI KABUPATEN POHUWATO

SARTONO SARTONO

Abstract


The purpose of this study was to determine the increase in the creativity of
teachers in the use of props practices on MGMP IPA in Pohuwato through
technical guidance. The results are expected to be useful for the improvement of
teacher's creativity in learning. Subjects in this study were high school teachers in
the MGMP members Pohuwato totaling 35 people. The method used in this
research is conducted through two action research cycle. The results showed that
the scores achieved in the first cycle reached an average of 85.3. In cycle 2 score
obtained reached an average of 90. It can be concluded that technical assistance
can enhance the creativity of teachers in the use of props practices IPA on MGMP
science subjects in Pohuwato.

Keywords: Creativity, Technical Guidance, MGMP.


References


Anderson, Ronald H. (1976). Selecting and

Developing Media for Instruction,.

Westcounsin: ASTD.

Andi, Yuda. 2009. Kenapa Guru Harus

Kreatif. Bandung : PT. Mizan Pustaka.

Arief S. Sadiman, dkk. (1990). Media

Pendidikan (Pengertian,

Pengembangan dan

Pemanfaatannya). Jakarta: CV.

Rajawali.

Suharsimi, Arikunto. 1989. Prosedur

Penelitian. Suatu Pendekatan Praktek.

Jakarta: Bumi Aksara.

Ali, Mohamad. 1984. Guru Dalam Proses

Belajar Mengajar. Bandung: Sinar

Baru.

Arikunto, Suharsimi, dan Cepi Safruddin

Abdul Jabar. 2010. Evaluasi Program

Pendidikan. Pedoman Teoretis Praktis

bagi Mahasiswa dan Praktisi

Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, Azar. 1997. Media Pengajaran.

Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ariyati. 2010. Peningkatan Kreativitas

Menhajar Guru melalui Penggunaan

Media Pembelajaran di SDN Ciputra

Surabaya. Surabaya. SDN Ciputra

Surabaya.

Bahri, Syaiful. 2002. Strategi Belajar-

Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Buchari Alma. 2010. Menguasai Metode

dan Terampil Mengajar. Jakarta:

Alfabet.

Brown, James W, Lewis Robert B, and

Harcleroad, Fred F. (1983). AV

Instructional: Technology, Media, and

Method. New York: Mc. Graw-Hill

Book Company.

Budiningsih, C. Asri. 2012. Belajar dan

Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Degeng, I Nyoman Sudana. (1993) Media

Pendidikan. Malang: FIP IKIP Malang.

Depdikbud. 2000. Memahami dan

Menangani Siswa dengan Problem

dalam Belajar. Jakarta: Dirjen

Dikdasmen.

Depdikbud. 2003. Prinsip-Prinsip Belajar

Sains. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.

Depdiknas. 2009. Penilaian Media

Pembelajaran. Jakarta: Kementerian

Pendidikan Nasional.

Gagne, Robert M. 1988. Prinsip-Prinsip

Belajar untuk Pengajar. Surabaya:

Usaha Nasional.

Hamalik, Umar. 1994. Kurikulum dan

Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi

Aksara.

Munandar Utami, 1992. Mengembangkan

Bakat dan Kreatifitas Anak Sekolah.

Jakarta: Grasindo.

Musfah, Jejen. 2011. Peningkatan

Kompetensi Guru: Melalui Pelatihan

dan Sumber Belajar Teori dan Praktik.

Jakarta: Kencana

Rachmawati, Yeni dan Euis Kurniati, 2010.

Strategi Pengembangan Kreativitas

Pada Anak. Jakarta : PT. Kencana.

Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar:

Salah Satu Unsur Pelaksanaan

Strategi Belajar Mengajar; Teknik

Penyajian. Jakarta: Rineka Cipta

Sardiman. 2001. Interaksi dan Motivasi

Belajar-Mengajar. Jakarta: Grafindo

Perkasa

Siswanto. 2009. Kompetensi Profesional

Guru ditinjau dari Proses

Kepengawasan pada SDN di

Kabupaten Ngawi. Ngawi.

Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-faktor

yang Mempengaruhinya. Jakarta:

Gunung, PT. Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 1994. Metode Penelitian

Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 1991.

Media Pengajaran. Bandung: Sinar

Baru.

Sungkono. Pemilihan dan penggunaan

media dalam proses pembelajaran.

www.mediapembelajaran.23kl/34223.

diakses tanggal 13 Januari 2014.

Usman, Uzer. 2000. Menjadi Guru

Profesional. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Wibawa, Basuki dan Farida Mukti. (1993).

Media Pengajaran. Jakarta: Proyek

Pembinaan Tenaga Kependidikan Dikti

Dipdikbud.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




__________________________________________________________________________________________________________

Publisher:

Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: pps@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id