STRATEGI KEPEMIMPINAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH LUAR BIASA KABUPATEN GORONTALO UTARA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (a) strategi kepemimpinan guru dalam
meningkatkan motivasi belajar siswa tuna netra di SLB Kabupaten Gorontalo
Utara, (b) strategi kepemimpinan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa
tuna rungu di SLB Kabupaten Gorontalo Utara, (c) strategi kepemimpinan guru
dalam meningkatkan motivasi belajar siswa tuna grahita ringan di SLB Kabupaten
Gorontalo Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi
dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif
kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (a) strategi kepemimpinan guru
dalam meningkatkan motivasi belajar siswa tuna netra di SLB dengan
menggunakan strategi duplikasi, modifikasi, substitusi, dan omisi, (b) strategi
kepemimpinan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa tuna rungu di SLB
dengan menggunakan strategi Isyarat , Oral, dan komunikasi total, (c) strategi
kepemimpinan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa tuna grahita
ringan di SLB dengan menggunakan strategi pengantar langsung, pembelajaran
koperatif dan tutor sebaya.
Kata Kunci: Kepemimpinan Guru, Motivasi Belajar Siswa
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abdurrahman, Mulyono. 2010. Pendidikan
Bagi Anak Berkesulitan
Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Delphie, Bandi. 2006. Pembelajaran Anak
Berkebutuhan Khusus. Bandung:
Refika Aditama.
Delphie, Bandi. 2006. Pembelajaran Anak
Tunagrahita. Bandung: Refika
Aditama.
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan
Pembelajaran.Jakarta: Rineka Cipta
Djamarah. 2007. Strategi Belajar Mengajar:
Jakarta: Rineka Cipta
Good dan Brophy. 1990. . Towards
Inclusion, Education-Special Needs
Education An Introduction.Oslo:
Unipub forlag.
Hamalik, Oemar. 2007. Proses Belajar
Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Martin Handoko, 2009. Motivasi Daya
Penggerak Tingkah Laku, Yogyakarta:
Kenisius
Marwansyah dan Mukaram, 2007 Menjadi
Guru professional, Bandung : PT.
Remaja Rosdakarya
Murdani. 2012. . Pengelolaan Belajar,
Jakarta: Rajawali Pers
Nur et al. 2009. . Psikologi Pendidikan
dengan Pendekatan Baru, Bandung:
PT.Remaja Rosdakarya
Pristy Abdijayanti. 2013., Peran guru dalam
meningkatkan motivasi belajar siswa di
Sekolah Luar Biasa Sumber Gempol
Kabupaten Tulung Agung. Jakarta:
Artikel
Siagian, 2009. Landasan Psikologi Proses
Pendidikan, Bandung: PT.Remaja
Rosdakarya,
Silitonga. 2012. Proses Belajar Mengajar,
Bandung : PT.Remaja Rosdakarya
Santrock, John W. 1997. Live-Span
Development.Sixth Edition. USA.
Brown &
Benchmark Publisher
Soedomo, 2009 Dasar-dasar interaksi
belajar mengajar, Surabaya: Usaha
Nasional,
Slameto, 2009. Kurikulum dan
Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara
Soemanto, 2009. Perencanaan
Pembelajaran, Mengembangkan
Standar Kompetensi Guru. Bandung:
Remaja Rosdakarya
Jailani. 2009. Guru Powerful Guru Masa
Depan,Bandung : Kolbu
Syarifudin. 2014. Strategi Belajar Mengajar.
Jakarta: Diadit Media.
Uno . 2007. Teori Motivasi dan
Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara
Tjutju Soendari, Dan Muhdar Mahmud,
: Strategi Pembelajaran
Kooperatif Dalam Meningkatkan
Prestasi Belajar Berhitung Anak
Tunagrahita Ringan Di Sekolah Luar
Biasa (Penelitian Tindakan Di Kelas
D6 SLB -Bc Nurani Kota Cimahi Jawa
Barat). Bandung: Artikel
Wardani, I.G.A.K. 2007. Pengantar
Pendidikan Luar Biasa. Jakarta:
Universitas Terbuka.
Winkel. 1984. . Towards Inclusion and
Enrichment, Artikel in Johnsen. Oslo:
Unipub forlag.
Witherington terjemahan M. Buchori, 1991.
Psikologi Pendidikan,Jakarta: Rineka
Cipta
Woolfolk, 2009 .Hasrat Untuk Belajar.
Jogjakarta: Pustaka Pelajar
Refbacks
- There are currently no refbacks.
__________________________________________________________________________________________________________
Publisher:
Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: pps@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id