STRATEGI KEPEMIMPINAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH LUAR BIASA KABUPATEN GORONTALO UTARA

Riamti Bora

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (a) strategi kepemimpinan guru dalam
meningkatkan motivasi belajar siswa tuna netra di SLB Kabupaten Gorontalo
Utara, (b) strategi kepemimpinan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa
tuna rungu di SLB Kabupaten Gorontalo Utara, (c) strategi kepemimpinan guru
dalam meningkatkan motivasi belajar siswa tuna grahita ringan di SLB Kabupaten
Gorontalo Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi
dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif
kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (a) strategi kepemimpinan guru
dalam meningkatkan motivasi belajar siswa tuna netra di SLB dengan
menggunakan strategi duplikasi, modifikasi, substitusi, dan omisi, (b) strategi
kepemimpinan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa tuna rungu di SLB
dengan menggunakan strategi Isyarat , Oral, dan komunikasi total, (c) strategi
kepemimpinan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa tuna grahita
ringan di SLB dengan menggunakan strategi pengantar langsung, pembelajaran
koperatif dan tutor sebaya.

Kata Kunci: Kepemimpinan Guru, Motivasi Belajar Siswa


References


Abdurrahman, Mulyono. 2010. Pendidikan

Bagi Anak Berkesulitan

Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Delphie, Bandi. 2006. Pembelajaran Anak

Berkebutuhan Khusus. Bandung:

Refika Aditama.

Delphie, Bandi. 2006. Pembelajaran Anak

Tunagrahita. Bandung: Refika

Aditama.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan

Pembelajaran.Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah. 2007. Strategi Belajar Mengajar:

Jakarta: Rineka Cipta

Good dan Brophy. 1990. . Towards

Inclusion, Education-Special Needs

Education An Introduction.Oslo:

Unipub forlag.

Hamalik, Oemar. 2007. Proses Belajar

Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Martin Handoko, 2009. Motivasi Daya

Penggerak Tingkah Laku, Yogyakarta:

Kenisius

Marwansyah dan Mukaram, 2007 Menjadi

Guru professional, Bandung : PT.

Remaja Rosdakarya

Murdani. 2012. . Pengelolaan Belajar,

Jakarta: Rajawali Pers

Nur et al. 2009. . Psikologi Pendidikan

dengan Pendekatan Baru, Bandung:

PT.Remaja Rosdakarya

Pristy Abdijayanti. 2013., Peran guru dalam

meningkatkan motivasi belajar siswa di

Sekolah Luar Biasa Sumber Gempol

Kabupaten Tulung Agung. Jakarta:

Artikel

Siagian, 2009. Landasan Psikologi Proses

Pendidikan, Bandung: PT.Remaja

Rosdakarya,

Silitonga. 2012. Proses Belajar Mengajar,

Bandung : PT.Remaja Rosdakarya

Santrock, John W. 1997. Live-Span

Development.Sixth Edition. USA.

Brown &

Benchmark Publisher

Soedomo, 2009 Dasar-dasar interaksi

belajar mengajar, Surabaya: Usaha

Nasional,

Slameto, 2009. Kurikulum dan

Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara

Soemanto, 2009. Perencanaan

Pembelajaran, Mengembangkan

Standar Kompetensi Guru. Bandung:

Remaja Rosdakarya

Jailani. 2009. Guru Powerful Guru Masa

Depan,Bandung : Kolbu

Syarifudin. 2014. Strategi Belajar Mengajar.

Jakarta: Diadit Media.

Uno . 2007. Teori Motivasi dan

Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara

Tjutju Soendari, Dan Muhdar Mahmud,

: Strategi Pembelajaran

Kooperatif Dalam Meningkatkan

Prestasi Belajar Berhitung Anak

Tunagrahita Ringan Di Sekolah Luar

Biasa (Penelitian Tindakan Di Kelas

D6 SLB -Bc Nurani Kota Cimahi Jawa

Barat). Bandung: Artikel

Wardani, I.G.A.K. 2007. Pengantar

Pendidikan Luar Biasa. Jakarta:

Universitas Terbuka.

Winkel. 1984. . Towards Inclusion and

Enrichment, Artikel in Johnsen. Oslo:

Unipub forlag.

Witherington terjemahan M. Buchori, 1991.

Psikologi Pendidikan,Jakarta: Rineka

Cipta

Woolfolk, 2009 .Hasrat Untuk Belajar.

Jogjakarta: Pustaka Pelajar


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




__________________________________________________________________________________________________________

Publisher:

Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: pps@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id