STRATEGI PEMBINAAN KARAKTER SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMA NEGERI 1 DUNGALIYO KABUPATEN GORONTALO
Abstract
Kesimpulan hasil penelitian bahwa: 1) Strategi pembinaan karakter siswa melalui
kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Dungaliyo yaitu dengan
memprogramkan, menetapkan, pembentukan koordinator serta menyusun jadwal
kegiatan. 2) Faktor yang mempengaruhi proses pembinaan karakter siswa di SMA
Negeri 1 Dungaliyo yaitu pemahaman pendidik terhadap peserta didik, tingkat
penguasaan kompetensi pendidik, tujuan yang akan dicapai, proses pelaksanaan,
materi kegiatan, dan dukungan sekolah. 3) Upaya-upaya yang dilakukan dalam
pembinaan karaktersiswa di SMA Negeri 1 Dungaliyo yaitu memerlukan dukungan
dari semua warga sekolah, membangun kultur sekolah, melaksanakan semua
kegiatan yang sudah diprogramkan, serta meningkatkan pembiasaan
pemeliharaan lingkungan sekolah.
Kata Kunci: Strategi Pembinaan, Karakter siswa, Kegiatan Ekstrakurikuler
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Barnawi, dan Arifin, M. 2012. Strategi
Kebijakan Pembelajaran
PendidikanKarakter. Jogjakarta.
AR-Ruzz Media.
Gunawan. 2012. Pendidikan karakter
konsep dan implementasi.
Bandung: Alfabeta
Mulyasa. 2011. Manajemen Pendidikan
Karakter. Jakarta : Bumi Aksara.
Mulyasa. 2013. Manajemen Pendidikan
Karakter. Jakarta : Bumi Aksara.
Moleong. 2004. Metodologi Penelitian
Kualitatif. Bandung PT Remaja
Rosdakarya Offset.
Moleong. 2007. Metodologi Penelitian
Kualitatif. Bandung PT Remaja
Rosdakarya Offset.
Pupuh, dkk. 2013. Pengembangan
pendidikan karakter. Bandung.
Aditama.
Syafaat, dkk. 2008. Peranan Pendidikan
Agama Islam Dalam Mencegah
Kenakalan Remaja (Juvenile
Delinquency).
Jakarta: Rajawali Pers.
Zainal & Sujak. 2012. Panduan dan Aplikasi
Pendidikan Karakter.Yrama Widya.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
__________________________________________________________________________________________________________
Publisher:
Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: pps@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id