PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR TENTANG KESEIMBANGAN LINGKUNGAN SISWA SMK NEGERI 3 KOTA GORONTALO

Irnawaty Haras

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruhlangsung lingkungan belajar
terhadap hasil belajar tentang keseimbangan lingkungan, minat belajar terhadap
hasil belajar tentang keseimbangan lingkungan, dan lingkungan belajar belajar
terhadap minat belajar.Penelitian ini adalah penelitian survey yang menggunakan
teknik analisis jalur (path analysis) dengan sampel penelitian adalah siswa SMK
Negeri 3 Kota Gorontalo Tahun Pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 60
orang.Terdapat tiga variabel yang dijadikan obyek penelitian, yakni dua variabel
eksogenus yang meliputi lingkungan belajar dan minat belajar dan variabel
endogenus yakni hasil belajar tentang keseimbangan lingkungan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: (a) terdapat pengaruh langsung positif lingkungan
belajarterhadap hasil belajar tentang keseimbangan lingkungan, (b) terdapat
pengaruh langsung positif minat terhadap hasil belajar tentang keseimbangan
lingkungan, (c) terdapat pengaruh langsung positif lingkungan belajar terhadap
minat belajar, dan (d) terdapat pengaruh tak langsung lingkungan belajar terhadap
hasil belajar melalui minat belajar.
Kata Kunci: lingkungan belajar, minat belajar, dan hasil belajar tentang
keseimbangan lingkungan.


References


Anni, Catharina Tri. 2004. Psilologi belajar.

Semarang: UPT MKK UNNES

Abror, Abd. Rachman. 1993. Psikologi

Pendidikan. Yogyakarta: PT Tiara

Wacana Yogya

Daryanto. 2007. Evaluasi Pendidikan.

Jakarta: Rineka Cipta

Depdikbud.2005. Kamus Besar Bahasa

Indonesia.Jakarta: Balai Pustaka

Dalyono, M. TIM MKDK IKIP. 1997.

Psikologi Pendidikan. Semarang:

IKIP Semarang Press.

Djamarah, Syaiful Basri. 2002. Psikologi

Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Djaali, Muljono, dan Pudji. 2008.

Pengukuran dalam Bidang

Pendidikan. Jakarta: PT

Gramedia.

Dimyati & Mudjiono. 2009. Belajar dan

Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

| JPs: Jurnal Riset dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan

Hadi, Soedomo. 2003. Pengantar

Pendidikan. Surakarta: UNS Pers

Hasbullah. 2001. Dasar-dasar Ilmu

Pendidikan (Umum dan Agama

Islam).Jakarta:RajaGrafindo Persada

Hewindati, Yuni Tri & Suryanto, Adi. 2004.

Pemahaman Murid Sekolah Dasar

terhadap KonsepIPA Berbasis

Biologi:Suatu Diagnosis Adanya

Miskonsepsi. Jurnal Pendidikan,

Vol.5, No.1.(Online).

Hurlock, Elisabeth B. 1997. Child

Development. McGraw Hill Book

Company.

Gunarsa, Singgih D &Ny, Gunarsa, Singgih

Y. 2003. Psikologi Perawatan.

Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia

Imran, Ali. 1996. Belajar dan Pembelajaran.

Jakarta: PT Dunia Pustaka Jaya

Indonesia, 2003, Undang-Undang Republik

Indonesia Nomor 20 tahun

tentang Sistem Pendidikan

Nasional.

Istiqomah, Laela. 2009. Pengaruh Minat

dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap

Hasil Belajar Matematika Siswa

Kelas VII SMP Negeri Se Kabupaten

Jepara Tahun Ajaran

/2009. Tesis. Universitas Negeri

Semarang

Mahmud, Dimyati. 1990. Psikologi

Pendidikan. Yogyakarta:BPFE

Mariyana, Rita. Nugraha, Ali. Rachmawati,

Yeni. 2010. Jakarta: Kencana

Makmun, Abin Syamsudin. 2005. Psikologi

Kependidikan. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Miarsyah, Mieke. Luvfiati, Dewi. Mutiara,

Tia. Ernawati. 2006. Ilmu

Pengetahuan Alam Untuk SMK dan

MAK Kelas XII. Jakarta : Erlangga

Miarso, Yusufhadi. 1986. Teknologi

Komunikasi Pendidikan, Pengertian

dan Penerapannya di Indonesia.

Jakarta : CV Rajawali

Purwanto, M Ngalim. 2006. Psikologi

Pendidikan.Bandung : CV. Remadja

Purwanto, M Ngalim. 1988. Ilmu

Pendidikan.Bandung : CV. Remadja

Reigelubh, Charles M. 1983. Intructional

Design Theories and Models An

Overview of the Carnt Status. New

York Holit Rinelhanrt and Winston

Saroni,Muhammad. 2006.Manajemen

Sekolah. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media

Sardiman. 2008. Interaksi dan Motivasi

Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali

Pers

Semiawan, Cony R. 1990. Perspektif

Pendidikan Anak Berbakat. Jakarta :

PT. Grasindo

Singer, Kurt. 1987. Membina Hasrat Belajar

Di Sekolah. Terjemah : Bergman

Sitorus. Bandung : CV Remadja

Karya

Shaleh, Abdul Rahman & Wahab, Muhbib

Abdul. 2003. Psikologi Suatu

Pengantar Dalam Perspektif

Islam.Jakarta:Kencana

Sudjana. 2005. Metode Statistik. Bandung :

Tarsito

Sudjana, Nana. 2001. Penilaian Hasil

Proses Belajar Mengajar. Bandung:

Remaja Rosdakarya.

Sunaryo. 2004. Psikologi Untuk

Keperawatan.Jakarta : EGC

Sugiyono. 2012. Statistik Untuk Penelitian.

Bandung: CV. Alfabeta

Suryakarta, Sumardi. 1995. Psikologi

Pendidikan. Jakarta : PT Raja

Grafindo Persada

Sumadi, Suryabrata. 2006. Psikologi

Pendidikan. Jakarta : PT Raja

Grafindo Persada

Soemanto Wasty.1990Psikologi

Pendidikan.Jakarta: Rineka Cipta

Suprijono, Agus. 2011. Cooperative

Learning Teori dan Aplikasi Paikem.

Yogjakarta : Pustaka Belajar

Shahuddin,Mahfudh. 1990.Pengantar

Psikologi Pendidikan. Surabaya: Bina

Ilmu

Slameto. 2012. Belajar dan Faktor–faktor

yang Mempengaruhinya. Jakarta:

Rineka Cipta

Syah, Muhibbin. 2012. Psikolagi Belajar.

Jakarta: Raja Grafindo Persada

Suwarno, Wiji. 2006. Dasar-dasar Ilmu

Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz

Media

Tampubolon, D.P. 1993.Mengembangkan

Minat Membaca Pada Anak.

Bandung: Angkasa

Taylor.1996.

Uno, Hamzah. 2012. Belajar Dengan

Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi

Aksara.

Yudhawati, Ratna & Haryanto, Dany. 2011.

Teori-teori Dasar Psikologi

Pendidikan. Jakarta: Prestasi

Pustaka

Winkel. 2004. Psikologi Pendidikan.

Jakarta: PT. Grasindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




__________________________________________________________________________________________________________

Publisher:

Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: pps@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id