PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR TENTANG KESEIMBANGAN LINGKUNGAN SISWA SMK NEGERI 3 KOTA GORONTALO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruhlangsung lingkungan belajar
terhadap hasil belajar tentang keseimbangan lingkungan, minat belajar terhadap
hasil belajar tentang keseimbangan lingkungan, dan lingkungan belajar belajar
terhadap minat belajar.Penelitian ini adalah penelitian survey yang menggunakan
teknik analisis jalur (path analysis) dengan sampel penelitian adalah siswa SMK
Negeri 3 Kota Gorontalo Tahun Pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 60
orang.Terdapat tiga variabel yang dijadikan obyek penelitian, yakni dua variabel
eksogenus yang meliputi lingkungan belajar dan minat belajar dan variabel
endogenus yakni hasil belajar tentang keseimbangan lingkungan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: (a) terdapat pengaruh langsung positif lingkungan
belajarterhadap hasil belajar tentang keseimbangan lingkungan, (b) terdapat
pengaruh langsung positif minat terhadap hasil belajar tentang keseimbangan
lingkungan, (c) terdapat pengaruh langsung positif lingkungan belajar terhadap
minat belajar, dan (d) terdapat pengaruh tak langsung lingkungan belajar terhadap
hasil belajar melalui minat belajar.
Kata Kunci: lingkungan belajar, minat belajar, dan hasil belajar tentang
keseimbangan lingkungan.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anni, Catharina Tri. 2004. Psilologi belajar.
Semarang: UPT MKK UNNES
Abror, Abd. Rachman. 1993. Psikologi
Pendidikan. Yogyakarta: PT Tiara
Wacana Yogya
Daryanto. 2007. Evaluasi Pendidikan.
Jakarta: Rineka Cipta
Depdikbud.2005. Kamus Besar Bahasa
Indonesia.Jakarta: Balai Pustaka
Dalyono, M. TIM MKDK IKIP. 1997.
Psikologi Pendidikan. Semarang:
IKIP Semarang Press.
Djamarah, Syaiful Basri. 2002. Psikologi
Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Djaali, Muljono, dan Pudji. 2008.
Pengukuran dalam Bidang
Pendidikan. Jakarta: PT
Gramedia.
Dimyati & Mudjiono. 2009. Belajar dan
Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
| JPs: Jurnal Riset dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan
Hadi, Soedomo. 2003. Pengantar
Pendidikan. Surakarta: UNS Pers
Hasbullah. 2001. Dasar-dasar Ilmu
Pendidikan (Umum dan Agama
Islam).Jakarta:RajaGrafindo Persada
Hewindati, Yuni Tri & Suryanto, Adi. 2004.
Pemahaman Murid Sekolah Dasar
terhadap KonsepIPA Berbasis
Biologi:Suatu Diagnosis Adanya
Miskonsepsi. Jurnal Pendidikan,
Vol.5, No.1.(Online).
Hurlock, Elisabeth B. 1997. Child
Development. McGraw Hill Book
Company.
Gunarsa, Singgih D &Ny, Gunarsa, Singgih
Y. 2003. Psikologi Perawatan.
Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia
Imran, Ali. 1996. Belajar dan Pembelajaran.
Jakarta: PT Dunia Pustaka Jaya
Indonesia, 2003, Undang-Undang Republik
Indonesia Nomor 20 tahun
tentang Sistem Pendidikan
Nasional.
Istiqomah, Laela. 2009. Pengaruh Minat
dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap
Hasil Belajar Matematika Siswa
Kelas VII SMP Negeri Se Kabupaten
Jepara Tahun Ajaran
/2009. Tesis. Universitas Negeri
Semarang
Mahmud, Dimyati. 1990. Psikologi
Pendidikan. Yogyakarta:BPFE
Mariyana, Rita. Nugraha, Ali. Rachmawati,
Yeni. 2010. Jakarta: Kencana
Makmun, Abin Syamsudin. 2005. Psikologi
Kependidikan. Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Miarsyah, Mieke. Luvfiati, Dewi. Mutiara,
Tia. Ernawati. 2006. Ilmu
Pengetahuan Alam Untuk SMK dan
MAK Kelas XII. Jakarta : Erlangga
Miarso, Yusufhadi. 1986. Teknologi
Komunikasi Pendidikan, Pengertian
dan Penerapannya di Indonesia.
Jakarta : CV Rajawali
Purwanto, M Ngalim. 2006. Psikologi
Pendidikan.Bandung : CV. Remadja
Purwanto, M Ngalim. 1988. Ilmu
Pendidikan.Bandung : CV. Remadja
Reigelubh, Charles M. 1983. Intructional
Design Theories and Models An
Overview of the Carnt Status. New
York Holit Rinelhanrt and Winston
Saroni,Muhammad. 2006.Manajemen
Sekolah. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media
Sardiman. 2008. Interaksi dan Motivasi
Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali
Pers
Semiawan, Cony R. 1990. Perspektif
Pendidikan Anak Berbakat. Jakarta :
PT. Grasindo
Singer, Kurt. 1987. Membina Hasrat Belajar
Di Sekolah. Terjemah : Bergman
Sitorus. Bandung : CV Remadja
Karya
Shaleh, Abdul Rahman & Wahab, Muhbib
Abdul. 2003. Psikologi Suatu
Pengantar Dalam Perspektif
Islam.Jakarta:Kencana
Sudjana. 2005. Metode Statistik. Bandung :
Tarsito
Sudjana, Nana. 2001. Penilaian Hasil
Proses Belajar Mengajar. Bandung:
Remaja Rosdakarya.
Sunaryo. 2004. Psikologi Untuk
Keperawatan.Jakarta : EGC
Sugiyono. 2012. Statistik Untuk Penelitian.
Bandung: CV. Alfabeta
Suryakarta, Sumardi. 1995. Psikologi
Pendidikan. Jakarta : PT Raja
Grafindo Persada
Sumadi, Suryabrata. 2006. Psikologi
Pendidikan. Jakarta : PT Raja
Grafindo Persada
Soemanto Wasty.1990Psikologi
Pendidikan.Jakarta: Rineka Cipta
Suprijono, Agus. 2011. Cooperative
Learning Teori dan Aplikasi Paikem.
Yogjakarta : Pustaka Belajar
Shahuddin,Mahfudh. 1990.Pengantar
Psikologi Pendidikan. Surabaya: Bina
Ilmu
Slameto. 2012. Belajar dan Faktor-faktor
yang Mempengaruhinya. Jakarta:
Rineka Cipta
Syah, Muhibbin. 2012. Psikolagi Belajar.
Jakarta: Raja Grafindo Persada
Suwarno, Wiji. 2006. Dasar-dasar Ilmu
Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz
Media
Tampubolon, D.P. 1993.Mengembangkan
Minat Membaca Pada Anak.
Bandung: Angkasa
Taylor.1996.
Uno, Hamzah. 2012. Belajar Dengan
Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi
Aksara.
Yudhawati, Ratna & Haryanto, Dany. 2011.
Teori-teori Dasar Psikologi
Pendidikan. Jakarta: Prestasi
Pustaka
Winkel. 2004. Psikologi Pendidikan.
Jakarta: PT. Grasindo.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
__________________________________________________________________________________________________________
Publisher:
Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: pps@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id