KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH ALIYAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN SISWA DI KOTA GORONTALO (STUDI KASUS DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 KOTA GORONTALO)

Ariyanto Nggilu, Lucyane Djaafar, Zulaecha Ngiu

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kepemimpinan Kepala Madrasah dalam membentuk karakter disiplin siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Gorontalo, faktor-faktor penghambat kepemimpinan Kepala Madrasah dalam membentuk karakter disiplin siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Gorontalo, untuk mengetahui upaya kepala Madrasah dalam memperbaiki manajemen Madrasah untuk membentuk karakter disiplin siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Gorontalo. Teknik dan prosedur pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Analisis data menggunakan rancangan analisis data model interaktif yang terdiri dari 3 komponen yaitu reduksi data, sajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah (1) Keberadaan Kepala Madrasah telah memberikan perubahan dari sisi kedisiplinan siswa. contohnya berkurangnya angka siswa yang bolos dan siswa tidak hadir di Madrasah serta berkurangnya siswa-siswi yang terlambat setiap hari, meskipun dari sisi kedisiplinan berpakaian dan kepatuhan untuk sholat berjamaah di Masjid Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Gorontalo terlihat belum semua siswa-siswi yang melaksanakannya. (2) ada guru yang kurang sependapat dengan tata tertib kepala madrasah tentang keterlambatan siswa, bahwa siswa yang terlambat hanya dihukum dengan menghafal Alquran juz 30, tetapi pada dasarnya kepala madrasah memiliki jiwa kepribadian yang baik dan bijaksana, Pengalaman dalam memimpin masih terbilang muda karena usia dalam memimpin Madrasah baru mencapai 3 tahun 10 bulan menjabat sebagai kepala Madrasah selama menjadi Aparatur Sipil Negara, tetapi hal itu bisa diimbangi dengan jenjang pendidikannya yang sudah Strata 3 serta pengetahuan yang dimilikinya. (3) upaya kepala Madrasah dalam memperbaiki manajemen Madrasah untuk membentuk karakter siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Gorontalo, yaitu kepala Madrasah telah menata program Madrasah dan memperbaharui aturan-aturan yang ada di Madrasah. Langkah yang dilakukan oleh kepala madrasah dalam meningkatkan mutu tenaga pengajar yaitu selalu mendorong guru-guru agar selalu menanamkan nilai-nilai kedisiplinan dalam diri siswa-siswi, melalui proses pembelajaran didalam kelas, dengan memberikan materi yang berkaitan dengan kedisiplinan dan kepatuhan terhadap aturan-aturan serta dengan mencontohkan kepada siswa ketepatan masuk kedalam kelas.  

               


Full Text:

PDF

References


Ajang, Marselinus. 2015. Peran Kepemimpinan Kepala Desa Dalam Meningkatkan Kinerja Aparatur Desa Di Desa Ujoh Bilang Kecamatan Long Bagun Kabupaten Mahakam Ulu. eJournal Ilmu Pemerintahan. Vol 3 (4) 1871-1884.

Andjulu, Arianti Sintje. 2015. Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Mengembangkan Madrasah (Studi Kasus di MAN Limboto Kabupaten Gorontalo). Tesis. Program Studi Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo.

Fattah, Nanang. 2013. Landasan Manajemen Pendidikan. Cetakan keduabelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Fahmi, Irham. 2014. Perilaku Organisasi, Teori, Aplikasi dan Kasus. Cetakan Ke-2. Bandung: Alfabeta.

Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter, Konsep dan Implementasi. Cetakan Kedua, Bandung: Alfabeta.

Hardiyana, Siti. 2014. Pengaruh Guru PKn Terhadap Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Ilmiah PPKn. IKIP Veteran Semarang. Vol 2 (1) 54-64.

Irwan. 2016. Pengembangan Sumber Daya Aparatur Pada Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Pohuwato Provinsi Gorontalo. Tesis. Program Studi PPKn Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo.

Kadir, Syaiful. 2013. Manajemen Pendidikan Orientasi Mutu, Teori dan Implementasi pada Aras Lokal. Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Berorientasi Budaya Mutu. Kota Gorontalo: Ideas Publishing.

Lamatenggo, Nina. 2014. Kepemimpinan Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Moleong, Lexy J. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Cetakan kedua puluh (Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 29 tahun 2014 tentang Kepala Madrasah

Purwanto, M. Ngalim. 2008. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Cetakan kedelapan belas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ratna, Nyoman Kutha. 2014. Peranan Karya Sastra, Seni, dan Budaya dalam Pendidikan Karakter. Cetakan Pertama,Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rusman. 2007. Pengaruh Pelaksanaan Disiplin dan Pengetahuan Kesehatan Lingkungan Terhadap Perilaku Bersih Peserta Didik SMP di Kecamatan Banggai Kabupaten Banggai Kepulauan. Tesis. Program Studi Kependudukan dan Lingkungan Hidup Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Sahami, Farmita. 2015. Perilaku Guru dalam Membina Karakter Siswa di SMA Muhammadiyah Batudaa Kecamatan Batudaa. Tesis. Program Studi PPKn Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuatitatif, Kualitatif dan R&D. Cetakan Ke-17. Bandung: Alfabeta.

Umayah, Siti. 2015. Upaya Guru dan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Daya Saing Madrasah. Jurnal Kajian Pendidikan Islam. Vol 7 (2) 259-288.

Wulandari, Meiyanti. 2014. Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Melalui Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmiah PPKn IKIP Veteran Semarang. Vol 2 (1) 44-53.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




__________________________________________________________________________________________________________

Publisher:

Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: pps@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id