PENGELOLAAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI SMA NEGERI 1 MANANGGU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) perencanaan pendidikan multikultural di SMA Negeri 1 Mananggu Kabupaten Boalemo, (2) pelaksanaan pendidikan multikultural di SMA Negeri 1 Mananggu Kabupaten Boalemo, (3) penilaian pendidikan multikultural di SMA Negeri 1 Mananggu Kabupaten Boalemo. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) perencanaan pendidikan multikultural di SMA Negeri 1 Mananggu Kabupaten Boalemo sudah disesuaikan dengan standar kopmpetensi dan indikator yang ingin di capai yang sudah dibahas dan tertuang dalam dokumen kurikulum, silabus dan RPP sehingga tercipta sebuah kesatuan pembelajaran yang lebih sistimatis agar perencanaan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal, (2) pelaksanaan Pendidikan multikultural di SMA Negeri 1 Mananggu dikolola secara terintegrasi dalam beberapa mata pelajaran yang dituangkan dalam rencana pembelajaran yang memuat tahapan kegiatan awal, kegiatan inti dan akhir pembelajaran, (3) evaluasi atau penilaian yang dilakukan di SMA Negeri 1 Mananggu dengan menggunakan dua format yaitu : format penilaian dan instrument penilaian. Untuk format penilaian memuat aspak-aspek yang dinilai seperti: sikap, perubahan tingkah laku, ekspresi, dan penampilan serta instrument penilaian berisikan daftar pertanyaan yang menghendaki jawaban lisan atau jawaban tertulis.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al Arifin. 2012. Implementasi Pendidikan Multikultural dalam Praksis Pendidikan di Indonesia.Jurnal Pembangunan Pendidikan. Vol 1 (I), 72-82
Anonym. 2010. Pengelolaan Pendidikan. (Online) (https://anatomiestreetsoldier. wordpress.com/2010/06/26/pengelolaan-pendidikan.html, Diakses tanggal 13 Juli 2016)
Anwar, Siti. 2013. Pengelolaan Inventarisasi Perpustakaan Sekolah di SD se-Kecamatan Nanggulan Kabupaten Kulon Progo. Tidak Diterbitkan. Jogjakarta : Universitas Negeri Jogjakarta
Arif, Mustofa. 2015. Makalah Manajemen Pendidikan. (Online). (http://www.beritaguru.net/2015/02/makalah-manajemen-pendidikan.html, Diakses 12 Juli 2016)
Elkader, Nermine. 2015. Dialogic Multicultural Education Theory and Praxis. Dialogic Pedagogy: An International Online Journal. Vol 3, A1-A18
Eyes, Pigeon. 2011. Pengelolaan Pendidikan. (Online). (http://matadara.blogspot.co.id/2011/12/pengelolaan-pendidikan.html, diakses 13 Juli 2016)
Faturrohman, Muhammad. 2015. Budaya Religius dalam Peningkatan Mutu Pendidikan.Yogyakarta : Kalimedia
Fuad, Nurhattati. 2014. Manajemen Pendidikan Berbasis Masyarakat. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Gay, Geneva. 2004. The Importance of Multicultural Education. Educational Leadership, 30-35.
Hastuti, Tri. 2015. Pengelolaan Pendidikan Multikultura. Di SD Negeri 02 Bejer Karangayar.Tesis.Solo : Universitas Muhammadiyah Surakarta
Jenks, Chris. 2013. Culture Studi Kebudayaan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Liliana.2009. Pengertian Pengelolaan Menurut Para Ahli. (Online) (http://www.pengertianmenurutparaahli.net/pengertian-pengelolaan-menurut-para-ahli.html, diakses tanggal 12 Juli 2016)
Maisyah, Tsamrotul. 2014. Manajemen Pendidikan. (Online).http:// tsamrotulmaisyah.blogspot.co.id/2014/01/manajemen-pendidikan.html, Diakses 14 Juli 2016)
Maryam, Siti. 2013. Pengaruh Total Quality Management (TQM) terhadap Kinerja Perusahaan. Tesis.Tidak Diterbitkan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia
Nashir, Haedar. 2013. Pendidikan Karakter Berbasis Agama dan Kebudayaan. Yogyakarta: Multi Presindo
Nurakbar, Ratna. 2014. Pengarahan (Actuating). (Online).(http:// ratnairmanurakbar.blogspot.co.id/2014/05/pengarahan-actuating.html, Diakses 14 Juli 2016)
Ozturgut, Osman. 2011. Understanding Multicultural Education. Current Issues in Education. Vol 14 (2), 1-10
Prasetya, Joko. 2009. Ilmu Budaya Dasar. Jakarta : Rineka Cipta
Rahardjo, Adisasmita.2011. Pengelolaan Pendapatan dan Anggaran Daerah.Jogjakarta :Graha Ilmu.
Rukiyati. 2010. Landasan dan Implementasi Pendidikan Multikultural di Indonesia. Tesis. Tidak Diterbitkan. Jogjakarta: Universitas Negeri Jogjakarta
Sari, Almira. 2012. Paradigma Pendidikan Multikultural di Indonesia. (Online). (http://almirasa.blogspot.co.id/2012/11/paradigma-pendidikan-multikultural-di.html, Diakses 15 Juli 2016)
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suniti. 2014. Kurikulum Pendidikan Berbasis Multikultural. Jurnal Edueksos.Vol III (2), 23-43
Suryana, Yaya & Rusdiana. 2015. Pendidikan Multikultural. Bandung : Pustaka Setia
Usman, Husaini. 2011. Manajemen: Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Zelthauzallam, Dedet. 2013. Pengertian, Tujuan dan Fungsi Perencanaan. (Online). (http://dedetzelth.blogspot.co.id/2013/02/pengertian-tujuan-dan-fungsi-perencanaan.html, Diakses 12 Juli 2017)
Refbacks
- There are currently no refbacks.
__________________________________________________________________________________________________________
Publisher:
Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: pps@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id