PENGELOLAAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI SMA NEGERI 1 MANANGGU

Kadir Hasan, Ansar Ansar, Nina lamatenggo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) perencanaan pendidikan multikultural di SMA Negeri 1 Mananggu Kabupaten Boalemo, (2) pelaksanaan pendidikan multikultural di SMA Negeri 1 Mananggu Kabupaten Boalemo, (3) penilaian pendidikan multikultural di SMA Negeri 1 Mananggu Kabupaten Boalemo. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.  Hasil penelitian menunjukkan: (1) perencanaan pendidikan multikultural di SMA Negeri 1 Mananggu Kabupaten Boalemo sudah disesuaikan dengan standar kopmpetensi dan indikator yang ingin di capai yang sudah dibahas dan tertuang dalam dokumen kurikulum, silabus dan RPP sehingga tercipta sebuah kesatuan pembelajaran yang lebih sistimatis agar perencanaan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal, (2) pelaksanaan Pendidikan multikultural di SMA Negeri 1 Mananggu dikolola secara terintegrasi dalam beberapa mata pelajaran yang dituangkan dalam rencana pembelajaran yang memuat tahapan kegiatan awal, kegiatan inti dan akhir pembelajaran, (3) evaluasi atau penilaian yang dilakukan di SMA Negeri 1 Mananggu dengan menggunakan dua format yaitu : format penilaian dan instrument penilaian. Untuk format penilaian memuat aspak-aspek yang dinilai seperti: sikap, perubahan tingkah laku, ekspresi, dan penampilan serta instrument penilaian berisikan daftar pertanyaan yang menghendaki jawaban lisan atau jawaban tertulis.


Keywords


efektivitas koordinasi, mengintegrasikan program kegiatan

Full Text:

PDF

References


Al Arifin. 2012. Implementasi Pendidikan Multikultural dalam Praksis Pendidikan di Indonesia.Jurnal Pembangunan Pendidikan. Vol 1 (I), 72-82

Anonym. 2010. Pengelolaan Pendidikan. (Online) (https://anatomiestreetsoldier. wordpress.com/2010/06/26/pengelolaan-pendidikan.html, Diakses tanggal 13 Juli 2016)

Anwar, Siti. 2013. Pengelolaan Inventarisasi Perpustakaan Sekolah di SD se-Kecamatan Nanggulan Kabupaten Kulon Progo. Tidak Diterbitkan. Jogjakarta : Universitas Negeri Jogjakarta

Arif, Mustofa. 2015. Makalah Manajemen Pendidikan. (Online). (http://www.beritaguru.net/2015/02/makalah-manajemen-pendidikan.html, Diakses 12 Juli 2016)

Elkader, Nermine. 2015. Dialogic Multicultural Education Theory and Praxis. Dialogic Pedagogy: An International Online Journal. Vol 3, A1-A18

Eyes, Pigeon. 2011. Pengelolaan Pendidikan. (Online). (http://matadara.blogspot.co.id/2011/12/pengelolaan-pendidikan.html, diakses 13 Juli 2016)

Faturrohman, Muhammad. 2015. Budaya Religius dalam Peningkatan Mutu Pendidikan.Yogyakarta : Kalimedia

Fuad, Nurhattati. 2014. Manajemen Pendidikan Berbasis Masyarakat. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Gay, Geneva. 2004. The Importance of Multicultural Education. Educational Leadership, 30-35.

Hastuti, Tri. 2015. Pengelolaan Pendidikan Multikultura. Di SD Negeri 02 Bejer Karangayar.Tesis.Solo : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Jenks, Chris. 2013. Culture Studi Kebudayaan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Liliana.2009. Pengertian Pengelolaan Menurut Para Ahli. (Online) (http://www.pengertianmenurutparaahli.net/pengertian-pengelolaan-menurut-para-ahli.html, diakses tanggal 12 Juli 2016)

Maisyah, Tsamrotul. 2014. Manajemen Pendidikan. (Online).http:// tsamrotulmaisyah.blogspot.co.id/2014/01/manajemen-pendidikan.html, Diakses 14 Juli 2016)

Maryam, Siti. 2013. Pengaruh Total Quality Management (TQM) terhadap Kinerja Perusahaan. Tesis.Tidak Diterbitkan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Nashir, Haedar. 2013. Pendidikan Karakter Berbasis Agama dan Kebudayaan. Yogyakarta: Multi Presindo

Nurakbar, Ratna. 2014. Pengarahan (Actuating). (Online).(http:// ratnairmanurakbar.blogspot.co.id/2014/05/pengarahan-actuating.html, Diakses 14 Juli 2016)

Ozturgut, Osman. 2011. Understanding Multicultural Education. Current Issues in Education. Vol 14 (2), 1-10

Prasetya, Joko. 2009. Ilmu Budaya Dasar. Jakarta : Rineka Cipta

Rahardjo, Adisasmita.2011. Pengelolaan Pendapatan dan Anggaran Daerah.Jogjakarta :Graha Ilmu.

Rukiyati. 2010. Landasan dan Implementasi Pendidikan Multikultural di Indonesia. Tesis. Tidak Diterbitkan. Jogjakarta: Universitas Negeri Jogjakarta

Sari, Almira. 2012. Paradigma Pendidikan Multikultural di Indonesia. (Online). (http://almirasa.blogspot.co.id/2012/11/paradigma-pendidikan-multikultural-di.html, Diakses 15 Juli 2016)

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suniti. 2014. Kurikulum Pendidikan Berbasis Multikultural. Jurnal Edueksos.Vol III (2), 23-43

Suryana, Yaya & Rusdiana. 2015. Pendidikan Multikultural. Bandung : Pustaka Setia

Usman, Husaini. 2011. Manajemen: Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Zelthauzallam, Dedet. 2013. Pengertian, Tujuan dan Fungsi Perencanaan. (Online). (http://dedetzelth.blogspot.co.id/2013/02/pengertian-tujuan-dan-fungsi-perencanaan.html, Diakses 12 Juli 2017)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




__________________________________________________________________________________________________________

Publisher:

Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: pps@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id