PENGARUH FEEDBACK GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk ”mengetahui perbedaan hasil belajar fisika pada kelas siswa yang mendapat feedback dari guru dan kelas siswa yang tidak mendapat umpan balik dari guru”, sehingga peneliti merumuskan sebuah hipotesis “Terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang diberi umpan balik dengan hasil belajar siswa pada kelas yang tidak diberi umpan balik”. Yang menjadi populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Tilamuta yang terdaftar pada tahun ajaran 2017/2018 berjumlah 340 orang yang tersebar di sepuluh kelas. Sampel ditentukan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Dalam teknik ini siswa tidak diacak tetapi cukup mengacak kelas, dengan kelas yang terpilih adalah kelas XMIPA 4 ditetapkan sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 2 ditetapkan sebagai kelas kontrol. Dalam penelitian ini peneliti metode eksperimen, dimana dalam penelitian ini akan memberikan perlakuan yang berbeda kepada dua kelas, kelas yang satu sebagai kelompok kelas eksperimen dan kelompok kelas yang lain sebagai kelompok kelas konvensional atau kelas kontrol. Data hasil penelitian diuji normalitasnya dengan menggunakan rumus Chi-Kuadrat dan memperoleh X2hitung lebih kecil dari X2daftar, yaitu 7,78 < 11,07 untuk variabel Y kelas eksperimen dan 6,32 < 11,07 variabel Y kelas kontrol. Data yang diperoleh untuk kedua kelas berdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan uji homogenitas dari data kelas eksperimen dan kelas kontrol, sehingga dapat diketahui apakah data dari kedua kelas tersebut memiliki varians yang homogen atau heterogen, dengan hasil
Fhitung < Fdaftar atau 2,41 < 5,05 yang menunjukkan bahwa data diambil dari sampel yang memiliki varians homogen.. Pengujian hipotesis dilanjutkan dengan menggunakan rumus kesamaan dua rata-rata, yakni statistik uji t, dan memperoleh hasil thitung > tdaftar atau 5,03 > 1,697 yang berarti menerima hipotesis HA. Dan dari analisis yang dilakukan maka hipotesis penelitian yaitu “Terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang diberi feedback dengan hasil belajar siswa pada kelas yang tidak diberi umpan balik” dapat diterima.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsini. 1996. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta
Arikunto, Suharsini. 1988. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bina Aksara.
Daryanto, H. 1997. Evaluasi Pendidikan. Solo : Rineka Cipta
Degeng, Sudana. 1989. Ilmu Pengajaran Taksonomi Variabel. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Dirjen Dikti : Jakarta.
Depdikbud. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka
Nasution, S. 1987. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bina Aksara.
Slamento. 1988. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Bina Aksara
Sofyatiningrum, Etty. 2004. Umpan Balik Guru Terhadap Siswa dalam Meningkatkan Prestasi Belajar di SLTP Muhammadiyah 22 Pamulang Tersedia: http://www.depdiknas.go.id/umpan balik guru
Sudjana, Nana. 1989. Cara-Cara Siswa Aktif Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru.
Sudjana. 1987. Metode Statistik. Bandung : Tarsito
Sugiyono. 2004. Statistika Untuk Penelitian. Jakarta : Alfabeta
Tabrani, dkk. 1999. Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosda Karya.
Winkel, W.S. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta : Gramedia.
Zainal Arifin. 1989. Evaluasi Instruksional. Jakarta: Gramedia.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
__________________________________________________________________________________________________________
Publisher:
Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: pps@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id