PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN SPIRITUAL, DAN KECERDASAN INTELEKTUAL TERHADAP PENGEMBANGAN KARAKTER GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN BOTUMOITO

Anis Mantu, Abd. Kadim Masaong, Asirin Asirin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, dan kecerdasan intelektual terhadap pengembangan karakter guru SD Negeri di Kecamatan Botumoito. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelasional. Sampel penelitian adalah guru pada SD di Kecamatan Botumoito berjumlah 89 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data menggunakan Path Analisys. Hasil penelitian menunjukkan: 1) terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan kecerdasan emosional terhadap pengembangan karakter guru 2) terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan kecerdasan spiritual terhadap pengembangan karakter guru, 3) terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan kecerdasan intelektual terhadap pengembangan karakter guru, 4) terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan kecerdasan emosional terhadap kecerdasan intelektual, 5) terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan kecerdasan spiritual terhadap kecerdasan intelektual guru SD Negeri di Kecamatan Botumoito. Untuk itu disarankan lembaga pendidikan perlu mengembangkan karakter guru demi meningkatkan kualitas pendidikan sebagai penunjang pencapaian tujuan pendidikan.

Keywords


kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, kecerdasan intelektuan. Pengembangan karakter guru

References


Adisusilo Sutarjo, 2013, Pembelajaran Nilai Karakter, Jakarta: PT. Raja Gravindo Persada

Anita E. Woolfolk, 2017, Informasi Seputar Dunia Pendidikan, Wawasan Umum, Hot News (http://www.nadiguru.web.id diakses 24 Maret 2017)

Arismantoro, 2008, Character Building. Yogyakarta, Tiara Wacana

Depiyanti, Melida. “Model Pendidikan Karakter di Islamic Full Day School,” Jurnal Tarbawi. Online. http://jurnal.upi.edu/file/06_Model _Pendidikan Karakter_-_Oci_Melisa pdf (diakses pada tanggal 10 Maret 2017).

Gardner dalam Goleman, 2000, Frame Of Mind (http://www.sarjanaku.com. Diakses 20 Pebruari 2017)

Goleman, Daniel. 1999. Kecerdasan Emosi untuk Mencapai Puncak Prestasi. Jakata: PT Gramedia Pustaka Utama.

Gottman, John. 2001. Kiat-kiat Membesarkan Anak yang Memiliki Kecerdasan Emosional. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Hariwijaya. (2005). Tes Kecerdasan Emosional. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Kementerian Pendidikan Nasional.2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa Pedoman Sekolah. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan, Pusat Kurikulum.

Lickona Thomas, 2012. Mendidik Untuk Membentuk Karakter, Jakarta, PT. Bumi Aksara

Lickona Thomas, 2013, Mendidik untuk Membentuk Karakter: Bagaimana Sekolah dapat Memberikan Pendidikan tentang Sikap Hormat & Tanggung jawa, alih bahasa Juma Abdu Wamaungo, Jakarta, Bumi Aksara

Masaong dan Tilome. 2011. Kepemimpinan Berbasis Multiple Intelligence. Cetakan kesatu. Bandung: Alfabeta.

Moch, Nazir. 1988. Metodologi Penelitian.Cetakan 3. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Muhibbin, Syah. 2000. Psikologi Pendidikan dengan Suatu Pendekatan baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nana, Sudjana. 2001. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Cetakan ketujuh. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Nurnaningsih. 2011. Bimbinganan Kelompok Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa. I-SSN: 268-270. (http://jurnal.upi/file/26-Nurnaningsih.pdf,/2011/12/15).

Nursangadah, 2015, Kecerdasan Spiritual Dalam Pelaksanaan Tugas (http://bdksemarang.kemenag.go.id Diakses 27 Pebruari 2017)

Poerwadarminta W.J.S, 2013, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka

Ridwan. 2010. Belajar Mudah Penelitian. Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alpabeta Ridwan. 2008. Metode dan Tehnik Menyusun Tesis. Bandung: Alpabeta.

Riduwan . 2012. Metode dan Tehnik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alpabeta.

Rohiat. 2008. Kecerdasan Emosional Kepemimpinan Kepala Sekolah, Bandung: PT Rafika Aditama.

Saifuddin Azwar. 1996. Psikologi Inteligensi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Saphiro, Lawrence E. 1998. Mengajarkan Emotional Intelligence pada Anak. Jakarta : Gramedia.

Setyawan, D. (2004). Analisis pengaruh kepemimpinan (IQ, EQ, SQ) terhadap komitmen organisasional karyawan. Unpublished undergraduate thesis, Universitas Katolik Soegijapranata, Semarang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




__________________________________________________________________________________________________________

Publisher:

Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: pps@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id