PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM CREATING DAN KEMAMPUAN AWAL PESERTA DIDIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA

Nur Wahyuni Abbas

Abstract


Penelitian ini bertujuan  untuk  mendapatkan data empiris tentang perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran yang digunakan yakni model pembelajaran Problem Creating dan model pembelajaran langsung di tinjau dari kemampuan awal matematika peserta didik. Penelitian eksperimen semu dengan desain treatment by level 2 x 2 ini dilaksanakan pada peserta didik kelas X SMK Gotong Royong semester genap Tahun Pelajaran 2016-2017. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematika dan tes kemampuan awal matematika.Analisis data kemampuan pemecahan masalah matematika yang pengelompokkannya didasarkan pada skor tes kemampuan awal matematika yang menjadi variabel atribut mencakup kemampuan awal tinggi dan rendah. Data penelitian di  analisis dalam dua bagian yakni analisis deskripsi dan analisis inferensial untuk pengujian hipotesis statistik penelitian. Penelitian ini menghasilkan temuan yakni: (1)Terdapat  perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik antara peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Creating dengan model pembelajaran langsung. (2)Terdapat interaksi antara model pembelajaran Problem Creating dan kemampuan awal terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. (3) Kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Creating lebih tinggi dari model pembelajaran langsung pada peserta didik yang berkemampuan awal tinggi. (4) Kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Creating lebih rendah dari model pembelajaran langsung pada peserta didik yang berkemampuan awal rendah.

Keywords


Model Pembelajaran Problem Creating,Kemampuan pemecahan masalah matematika dan Kemampuan Awal Matematika.

References


Astuti, Siwi Puji. 2015. Pengaruh Kemampuan Awal dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika. Jurnal Formatif 5(1): 68-75. ISSN 2008-351X

Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta. Diakses 09 Oktober 2016 http://matematika.upi.edu/wp-content/uploads/2013/02/Buku-Standar-Isi-SMP.pdf

Dick, Walter & Carey Lou. 1990. The Systematic Design of Instruction. New York: Harper Collins Publishers.

Iswadi, Hazrul. 2017. Sekelumit dari Hasil Pisa 2015. (online). http://www.ubaya.ac.id/2014/content/articles_detail/230/Overview-of-the-PISA-2015-results-that-have-just-been-Released.html. Diakses 29 Maret 2017.

Jazuli, Akhmad. (2009). Berfikir Kreatif dalam Kemampuan Komunikasi Matematika.Prossiding Seminar Nasional Matematika Dan PendidikanMatematika Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY.5 Desember 2009. ISBN:978-979-16353-9-4

Kumalasari, Ellisia. 2011. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP melalui Pembelajaran Matematika Model CORE. Posseding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Siliwangi Bandung. Vol 1. Tahun 2011. ISBN 978-602-19541.0.2

NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Virginia: NCTM

Oemar, Hamalik. 2009. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara

Polya, G. 2004. How to Solve it. USA: Unite Sate Of America.

Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Jogyakarta: Pustaka Belajar

Ruseffendi, E.T 2005. Dasar-dasar Matematika Modern dan Komputer untuk Guru Edisi 5. Bandung: Tarsito

Schunk, Dale H. 2012. Learning Theories an Educational Perspective. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Sumarmo, U. Dkk. 2006. Berpikir Matematika Tingkat Tinggi: Apa, Mengapa, dan Bagaimana di Kembangkan pada Siswa Sekolah Menengah dan Mahasiswa Calon Guru. Makalah Disajikan pada Seminar Matematika.

Suwarno. 2013. Penerapan Pembelejaran Problem Creating untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Menyelesaikan Masalah Teorema Pythagoras Siswa Kelas VIIID SMP Negeri 2 Blitar. pros siding seminar KNPM V.

Widjajanti, Djamilah Bondan. (2009). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika:Apa dan Bagaimana Mengembangkannya. Prossiding seminar nasional matematika danpendidikan matematika jurusan pendidikan matematika FMIPA UNY.5Desember 2009. ISBN:978-979-16353-3-2


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




__________________________________________________________________________________________________________

Publisher:

Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: pps@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id