CAPACITY BUILDING DINAS PENDIDIKAN DALAM PENINGKATAN KINERJA GURU (STUDI KASUS GURU PPKn SMP DI KECAMATAN WONOSARI KABUPATEN BOALEMO)

Devit Kurniawan, Jusdin Puluhulawa, Sastro M. Wantu

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Kinerja Guru PPKn di SMP Kecamatan Wonosari Kabupaten Boalemo? (2) Faktor-faktor apa yang mempengaruhi Capacity Building Dinas Pendidikan dalam peningkatan kinerja guru PKn di SMP Kecamatan Wonosari Kabupaten Boalemo? (3) Bagaimana upaya Capacity Building Dinas Pendidikan Dalam Peningkatan Kinerja Guru PPKn SMP di Kecamatan Wonosari Kabupaten Boalemo? Penelitian ini bertujuan adalah (1). Untuk mengetahui dan menganalisis kinerja guru PPKn di SMP Kecamatan Wonosari Kabupaten Boalemo. (2) Untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi Capacity Building Dinas Pendidikan dalam peningkatan kinerja guru PKn di SMP Kecamatan Wonosari. (3) Untuk mengetahui dan menganalisis upaya Capacity Building Dinas Pendidikan dalam peningkatan kinerja guru PPKn SMP di Kecamatan Wonosari.Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dan teknik triangulasi dengan analisis data model interaktif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1). Capacity Building Dinas Pendidikan  dalam peningkatan kinerja guru PPKn di SMP Kecamatan Wonosari yaitu merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran dan mengevalausi pembelajaran, belum dilaksanakan secara maksimal sesuai yang diharapkan (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi Capacity Building Dinas Pendidikan dalam peningkatan kinerja guru PPKn yaitu faktor kemampuan guru, kepemimpinan kepala sekolah, motivasi, dan sarana dan prasarana pendukung belajar mengajar yang masih rendah. (3) Upaya Capacity Building Dinas Pendidikan dalam peningkatan kinerja guru PPKn yaitu rekrutmen dan seleksi kepegawaian guru, pengembangan karir guru, dan diklat guru yang terus ditingkatkan agar  kinerja guru PPKn lebih baik

Keywords


Capacity Building, Kinerja Guru

References


Arifin. 2011. Kompetensi Guru dan Strategi Pengembangannya. Jakarta: Lilin Persada Press

Bafadal, I, 2003. Upaya Meningkatkan Budaya Kinerja Guru, Cianjur: CV Dinamika karya Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Engoswara, 2007, Dasar-Dasar Administrasi Pendidikan, Jakarta: P2LPTK Dirjen Pendidikan Tinggi Depdikbud

Erwin, Muhamad dkk. 2011. Pendidikan Kewarganegaraan Republik Indonesia (Edisi Revisi). Bandung : Refika Aditama

Hamalik, Oemar, 2006, Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, Jakarta: PT. Bumi Aksara,

Handoko, T. Hani. 2008. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia Edisi II. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Hardjana, Andre. 2006. Iklim Organisasi: Lingkungan Kerja Manusiawi. Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 3, No. 1. Fakultas Ilmu Administrasi, Atma Jaya University.

Hasibuan, Malayu, 2008, Manajemen Sumber Daya Manusia, Bumi Aksara, Jakarta

Irwan, 2016, Pengembangan Sumber Daya Aparatur Pada Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Pohuwato Provinsi Gorontalo. Tesis. Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo

Kunandar, 2007, Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Mangkunegara, AA. Anwar Prabu, 2006. Evaluasi Kinerja SDM, Bandung: PT Refika Aditema, Cet. Ke-10

Martinis, Yamin dan Maisah. 2010. Kepemimpinan dan Manajemen Masa Depan. Bogor: IPB Press

Mukhtar dan Ervin A. Priambodo, 2005. Mengukir Prestasi, Panduan Menjadi Guru Profesional, Jakarta : MISAKA Galiza,

Mulyasa, E, 2007, Manajemen Berbasis Sekolah (Konsep, Strategi, dan Implementasi), Bandung: Remaja Rosdakarya

Nawawi, Hadari, 1998, Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara, Jakarta.

Notoatmodjo, Soekidjo, 2009, Pengembangan Sumber Daya Manusia. Rineka Citra, Jakarta.

Purwanto, M. Ngalim, 2009, Administrasi Pendidikan, Jakarta: PT Remaja Rosdakarya,

Rahardjo, Susilo dan Gudanto, 2011, Pemahaman Individu Teknik Non Tes. Kudus: Nora Media Enterprise

Rivai, Veithzal dan Basri. 2005. Performance Appraisal: Sistem Yang Tepat Untuk Menilai Kinerja Karyawan Dan Meningkatkan Daya Saing Perusahaan. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua. Jakarta: PT Raja Grafinda Persada

Sanjaya, 2008, Pengantar Interaksi Belajar Mengajar. Dasar dan Teknik Metodologi Pengajaran. Bandung: Tarsito

Sinambela, Poltak Lijan, 2006. Reformasi Pelayanan Publik Teori, Kebijakan, dan Implementasi. Jakarta: Bumi aksara

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian proses hasil belajar mengajar. Bandung:Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sujanto, Hary. 2012. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol. 2, No. 2.

Sukadi, 2006. Guru Powerful Guru Masa Depan. Bandung: Kolbu,

Supardi. 2013. Kinerja Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suparlan, 2008. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offest,

Suryadi, 1995, Media Pendidikan (Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatanya), Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Suryo, Subroto, B, 2007. Proses Belajar Mengajar di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta, 2007

Uno, Hamza B, 2015, Teori Motivasi Dan Pengukurannya Analisis Di Bidang Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara

Usman, M. Uzer, 2008. Menjadi Guru Professional, Bandung: PT Rosdakarya,


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




__________________________________________________________________________________________________________

Publisher:

Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: pps@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id