PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 TELAGA JAYA KABUPATEN GORONTALO

Ashari Idris, Asna Aneta, Usman Moonti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk : 1) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS khususnya ekonomi antara yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Tari Bambu. 2) untuk mengetahui terdapat pengaruh Interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar dengan  hasil Belajar IPS Khususnya Ekonomi, 3) untuk perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS khususnya ekonomi antara yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Tari Bambu pada siswa yang mempunyai minat belajar tinggi, 4) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS khususnya ekonomi antara yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Tari Bambu pada siswa yang mempunyai minat belajar rendah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu (quasi eksperiment). Penelitian ini melibatkan 3 variabel, yaitu variabel bebas, variabel atribut dan variabel tak bebas (terikat). Dalam rancangan ini, masing-masing variabel mempunyai dua taraf yaitu model pembelajaran (A) sebagai variabel bebas perlakuan, yang terdiri atas model Think Pair Share (A1) dan model pembelajaran tipe Tari Bambu (A2). Selanjutnya, Minat belajar (B) sebagai variabel atribut yang terdiri dari Minat belajar tinggi (B1) dan Minat belajar rendah (B2). Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Hasil belajar ini akan dianalisis berdasarkan data minat belajar siswa setelah diurutkan dari data tertinggi hingga terendah pada setiap kelompok perlakuan dengan menggunakan aturan yang berlaku.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Hasil belajar IPS siswa yang dibelajarkan dengan model think pair share lebih tinggi dari hasil belajar IPS siswa yang dibelajarkan dengan model tari bamboo, 2) terdapat pengaruh Interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar dengan  hasil Belajar IPS Khususnya Ekonomi.3) siswa yang memiliki minat belajar tinggi, yang dibelajarkan dengan model think pair share memiliki hasil belajar IPS lebih tinggi dibandingkan dengan  hasil belajar IPS  yang dibelajarkan dengan model tari bamboo, 4) Siswa yang memiliki minat belajar rendah, yang dibelajarkan dengan  model think pair share memiliki hasil belajar IPS yang lebih rendah dari hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model tari bambu.

Keywords


Model Pembelajaran, Motivasi Belajar Siswa, Hasil Belajar Siswa

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




__________________________________________________________________________________________________________

Publisher:

Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: pps@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id