PEMBINAAN KARAKTER SISWA DALAM MEMBENTUK SIKAP 3S (SENYUM SALAM DAN SAPA)

Anike Pongoliu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui bagaimana pembinaan karakter siswa dalam membentuk sikap 3S di SMK Negeri 1 Boalemo, 2) mengetahui faktor-faktor apa yang mempengaruhi pembinaan karakter siswa dalam membentuk sikap 3S di SMK Negeri 1 Boalemo, 3) mengetahui upaya apa yang dilakukan guru dalam pembinaan karakter siswa untuk membentuk sikap 3S di SMK Negeri 1 Boalemo.Metode penelitian ini merupakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subyek dalam penelitian  ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa di SMK Negeri 1 Boalemo.Kesimpulan hasil penelitian bahwa: 1) Pembinaan karakter siswa dalam membentuk sikap 3S di SMK Negeri I Boalemo dapat dilakukan melalui 3 hal yakni: a).Keteladanan, yakni perilaku serta sikap guru   dalam   memberikan   contoh   baik dapat  menjadi panutan bagi peserta didik. Karena  faktor penting dalam mendidik adalah terletak pada “keteladanannya”.b).Kedisiplinan, yakni merupakan kemampuan suatu bentuk ketaatan dan peraturan serta sanksi yang berlaku dalam lingkungan sekolah. Sehingga   apa  yang diterapkan dan dikembangkan di SMK Negeri 1 Boalemo    dapat dilakukan  sesuai aturan yang ada.  c).Pembiasaan, yakni sesuatu yang  dapat diarahkan pada upaya pembudayaan  aktifitas tertentu sehingga menjadi aktifitas yang terpola atau tersistem dan dilakukan secara terus menerus. 2). faktor-faktor yang mempengaruhi pembinaan karakter siswa dalam membentuk sikap 3S dapat terlihat dari a).tingkat pemahaman siswa, b).lingkungan,  c).media massa, d).efektifitas guru.  Masing-masing memiliki : a).faktor pendukung yaitu adanya sumber daya guru, lingkungan dan orang tua siswa yang mendukung. b). Faktor penghambat yaitu adanya peserta didik yang terkadang berperilaku  tidak  sopan,  tidak  tertib  dan  tidak disiplin, serta minimnya dukungan orang tua. Peserta didik yang belum  konsisten dalam menjalankan nilai atau karakter yang sudah diajarkan pada   dasarnya dipengaruhi oleh kebiasaan-kebiasaan yang kurang mendukung  dilingkungan dimana mereka berasal. 3). Upaya yang dilakukan dalam pembinaan karakter siswa untuk membentuk sikap 3S adalah:  a).Meningkatkan pemahaman siswa b). Melancarkan dan memudahkan proses belajar, c).Mengontrol atau mengubah sikap yang mengganggu kearah tingkah laku yang produktif, d).Mengembangkan dan mengatur siswa dalam belajar, e).Membangkitkan dan mempertahankan motivasi

Keywords


Pembinaan Karakter, Pembentukan Sikap 3S

References


Asmaya, Enung. 2003. Wajah Baru dalam pembinaan karakter, Etika & Agama Yogyakarta: Kanisius.

Saifudin, Azwar. 2009. Sikap Manusia, Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Bogdan, Robert C. and Steven J. Taylor, 1992, Pengantar Metode Penelitian Kualitatif, (Penerjemah), A. Chosin Afandi, Usaha Nasional, Jakarta

Departemen Pendidikan Nasional .2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Edisi Ke Empat, Jakarta : Gramedia

Elmubarok, Zaim. 2008. Membumikan Pendidikan Nilai Mengumpulkan Yang Terserak, Menyambung Yang Terputus Dan Menyatukan Yang Tercerai. Bandung: Alfabeta

Gunawan, Heri. 2012 Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta

Hadi, Saikhul, 2013. Keajaiban Senyuman Menguak Rahasia di Balik Senyuman dan Tawa Dalam Bisnis, Kesehatan, dan Penyembuhan. Yogyakarta. Gava Media.

Hidayatullah, Furqon. 2010. Pendidikan Karakter Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka.

Hergenhahn, B. R. Olson, H. Matthew. 2010. Theories Of Learning (Teori Belajar). Jakarta: Kencana Perdana Media Group

Hasibuan. JJ dan Mudjiono. 1998. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Karya

Ismail, 2008, Pembinaan karakter (strategi mendiidk anaka di zaman global). Jakarta : Grasindo

Kaelan. 2010. Kejujuran dalam pendidikan Karakter Bangsa Indonesia. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional, Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Universitas Negeri Semarang, 23 juni.

Kemdiknas. 2010. Buku Induk Pembangunan Karakter. Jakarta.

Lickona, Thomas. 1991. Educating for Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility. New York, Toronto, London, Sydney, Aucland: Bantam books.

Lofland, J. 1984, Styles of Reporting qualitative Field Research, American Sociologist,

Mangunhardjana, A. 2006. Pembinaan Karaker, Arti dan Metodenya. Yogyakarta: Kanisius.

Megawangi, Ratna. 2004. Pendidikan Karakter Solusi yang Tepat untuk Membangun Bangsa. Jakarta: BPMGAS.

Miles, M.B. Huberman, A. M., 1992, Qualitative Data Analysis, (Terjemahan) Penerjemah, Tjetjep Rohendi Rohidi, Analisis Data Kualitatif, Universitas Indonesia, Jakarta.

Moleong, J Lexy, 2013, Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Remaja Rosydakarya, Bandung.

Muhyidin, Muhammad, 2007. Mukjizat Salam dan Silaturahmi. Yogyakarta: Difa Press.

Mulyana, Dedy. 2000. Ilmu Komunikasi, Pengantar. Bandung : Remaja. Rosadakarya

Mulyasa, 2004, Manajemen Berbasis Sekolah (Konsep , Strategi, dan Implementasi), Bandung : PT. Remaja Rosdakarya,

Munir, Abdullah. 2010. Pendidikan Karakter Membangun Karakter anak sejak dari Rumah. Yogyakarta: Pedagogia.

Narmoatmojo, Winarmo. 2010, Ekstrakurikuler di Sekolah. http://winarno.staff.fkip.uns.ac.id. Diakses tanggal 10 Agustusi 2015

Poerwadarminto, 2009. Efektivitas Kinerja, pengertian dan Ruang Lingkupnya, Jakarta: Rajawali Pers

Pupuh, dkk. 2013. Pengembangan pendidikan karakter. Bandung. Aditama.

Puskur Balitbang Kemdiknas. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta.

Reborn. 2015. Pembinaan Karakterhttp://kampanye3s.blogspot.co.id/2015/11/senyum-salam-sapa.html 26 Agustus 2016 (09.15)

Samsuri, 2011, Tesis, Implementasi Model Pembinaan Karakter Siswa Sekolah Menengah Atas Berbasis Pendidikan Agama di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Setiawan, Catur. 2010. “ Seulas Senyum Guru Sejuta Kebahagiaan Murid”. Online. Diakses tanggal 23 Agustus 2016. http://o-friends. web. id/artikel/57-artikel/206

Simanjuntak, B. 1990. Pembinaan Akhlak (Suatu Pengantar). Bandung: CV Diponegoro. Cet. IV.

Soedarsono, 2005, Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: Rosdakarya

Strauss, A. and Corbin, J., 2003, Basic Of Qualitatif Research, Terjemahan, Muhammad Shodiq & Imam Muttaqien, Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Sugiyono, 2008, Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta, Bandung.

Sutarno, Alfonsus. 2008. Etiket Kiat Serasi Berelasi. Yogyakarta: Kanisius.

Syafaat, dkk. 2008. Peranan Pendidikan Agama Islam Dalam Mencegah Kenakalan Remaja (Juvenile Delinquency).Jakarta: Rajawali Pers.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Usman, Uzer, 2005, Menjadi Guru Profesional, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Wibowa, Agus. 2013. Manajamen Pendidikan Karakter Di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Widyanti, Hanny, 2015, Tesis, Pembentukan Karakter Siswa Melalui Program Lima S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun) Di SMK Negeri 1 Sidoarjo

Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




__________________________________________________________________________________________________________

Publisher:

Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: pps@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id