PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF PESERTA DIDIK
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasl belajar peserta didik, yang disebabkan berbagai faktor salah satunya penggunaan model pembelajaran yang kurang inovatif serta tidak diperhatikannya karakteristik dari peserta didik dalam hal ini gaya kognitif yang dimiliki oleh peserta didik. Berdasarkan masalah ini maka peneliti mencoba memberikan solusi model pembelajaran yang dapat memfasilitasi gaya kognitif peserta didik yaitu model problem based learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari gaya kognitif peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Randangan. Jenis Penelitian adalah eksperimen semu atau Quasi Experiment dengan desain Faktorial 2 x 2. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Multiple Stage Random Sampling. Sampel yang terpilih masing-masing dibelajarkan model Problem Based Learning dan model Pembelajaran Konvensional. Pengumpulan data penulisan menggunakan: (1) tes hasil belajar matematika peserta didik, (2) GEFT (Group Embeded Figure Test) untuk mengetahui gaya kognitif peserta didik. Data hasil peneltian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan inferensial Anava Dua Jalur serta menggunakan uji Scheffe untuk uji lanjut. Hasil pengujiannya diperoleh model Problem Based Learning cocok dalam membelajarkan konsep peluang pada kelompok peserta didik yang memiliki gaya kognitif field independent dan field dependent, sementara model pembelajaran konvensional memberikan pengaruh yang sama untuk peserta didik yang memiliki gaya kognitif field dependent. Akan tetapi dilihat dari hasil belajar yang diperoleh, peserta didik yang diterapkan dengan model Problem Based Learning memiliki hasil belajar yang lebih tinggi daripada peserta didik yang diterapkan dengan model pembelajaran kovensional. Hal ini berarti model Problem Based Learning memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar siswa daripada model pembelajaran konvensional
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.
__________________________________________________________________________________________________________
Publisher:
Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: pps@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id