PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN IPS BERBASIS WEBSITE UNTUK SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI GORONTALO
Abstract
Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah Menghasilkan pengembangan pembelajaran IPS berbasis website kelas VII untuk siswa MTsN. Kota Gorontalo. Mengetahui keefektifan pembelajaran IPS berbasis website kelas VII untuk siswa MTsN. Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Reserch and Development (R&D). Langkah dalam penelitian adalah melalui penggunaan model ADDIE, dimana proses-proses pengembangannya yaitu : Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implentation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Hasil dari penelitian ini adalah ditunjukkan dari : Penilaian materi yang digunakan berdasarkan validasi oleh 5 orang panelis berada rentang nilai .0.80-0.95 dengan tingkat reliabilitasnya 0.80 sehingga ini menunjukkan materi tersebut sangat layak digunakan, Penilaian media yang digunakan berdasarkan validasi oleh 5 orang panelis berada rentang nilai 0.65-0.95dengan tingkat reliabilitasnya 0.80 sehingga ini menunjukkan media tersebut sangat layak digunakan, hasil ujicoba kelompok kecil yang dilakukan pada 25 orang peserta didik hanya mencapai 100% yang tertarik dengan pembelajaran berbasis website ini dengan kategori layak sekali untuk digunakan dalam pembelajaran IPS, hasil respon guru IPS pada pengamatan pembelajaran berbasis website ini mencapai 100% dengan kategori layak sekali sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran IPS.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.
__________________________________________________________________________________________________________
Publisher:
Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: pps@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id