PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI MENGGUNAKAN MODEL KEMP UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN ANAK TK DI KABUPATEN GORONTALO
Abstract
Tujuan penelitian ini mengembangkan media menggunakan model Kemp untuk
meningkatkan pembelajaran anak TK di Kabupaten Gorontalo. Tahapan penelitian
meliputi (a) analisis kebutuhan, (b) membuat desain awal produk dan (c) validasi dan
revisi oleh pakar, (d) implementasi pengembangan media pembelajaran. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa (a) umumnya guru mengalami masalah dalam
pemanfaatan media sehingga berdampak pada pencapaian kompetensi dasar; (b)
karakteristik anak terletak pada kemampuan mengurutkan lambang bilangan 1-20
yang bervariasi, (c) kemampuan awal yang kategori rendah, (d) pemetaan materi
terarah untuk mencapai tujuan,(e) isi materi ajar dan analisis tugas terjadi
peningkatan sebesar 13%, (f) kemampuan guru memanfaatkan media terjadi
peningkatan sebesar 3%; (g) Respon anak terhadap pemanfaatan media terjadi
peningkatan sebesar 0, 31 %; (h) respon guru pengamat dalam pemanfaatan media
pembelajaran terjadi peningkatan sebesar 13%; (i) Pencapaian perkembangan
kompetensi dasar terjadi peningkatan sebesar 0,75%.Selain itu, hasil uji efektivitas
pemanfaatan media pembelajaran menunjukkan bahwa (a) terdapat perbedaan
signifikan tingkat pencapaian perkembangan anak yang diajarkan dengan media
pembelajaran anak usia dini dan yang tidak diajarkan dengan media dengan taraf
kepercayaan 99%; dan (b) terdapat korelasi yang signifik anantara respon anak
terhadap produk media pembelajaran dengan tingkat pencapaian kompetensi
perkembangan diterima dengan sangat signifikan.
Kata Kunci: model pengembangan, media pembelajaran, anak usia dini.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Amanah, 2011.Model Pembelajaran Kemp
Menciptakan Pengalaman
Belajar.Tersedia pada:
https://amanahtp.wordpress.com/201
/11/28/model-pembelajaran-assuremenciptakan-
pengalamanbelajar/
Diakses, 22 Juli 2015
Depdiknas, 2003.Acuan Menu
Pembelajaran Pendidikan Anak Usia
Dini. Jakarta: Depdiknas.
------------,2003.Undang-undang Nomor 20
tahun 2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional
-------------,2005.Peraturan Pemerintah
Nomor 19 tahun 2005 tentang
Standar Nasional Pendidikan.
Jakarta. Depdiknas
-----------, 2006.Pengembangan Motorik
Halus di Taman Kanak- Kanak.
Jakarta: Depdiknas
------------, 2007.Pedoman Penyusunan
Temapada Taman Kanak-Kanak.
Jakarta. Dedpiknas.
------------, 2008.Pedoman Penilaian di
Taman Kanak–Kanak. Jakarta:
Depdiknas
-------------,2009.Peraturan Menteri
Pendidikan Nasional Nomor 58 tahun
tentang Standar Pendidikan
Anak Usia Dini. Jakarta, Depdiknas.
------------,2014. Peraturan Menteria
Pendidikan dan Kebudayaan Nomor
Tahun 2014 tentang Standar
Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta.
Depdiknas
Djamarah S.B. dan Zain Aswan. 2002.
Strategi Belajar Mengajar.Jakarta:
Rineka Cipta
Ibrahim R dan Syaodih Nana S.
Perencanaan Pengajaran.
Jakarta : Rineka Cipta
Munadi Yudhi, 2008. Media Pembelajaran,
Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta.
Gaung Persada.
IPS Universitas Lampung;
Pargito.2009.Penelitian dan
Pengembangan Bidang Pendidikan:
Bandar Lampung. Jurusan
Pendidikan
Refbacks
- There are currently no refbacks.
__________________________________________________________________________________________________________
Publisher:
Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: pps@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id