PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI MENGGUNAKAN MODEL KEMP UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN ANAK TK DI KABUPATEN GORONTALO

Misra Hasan Igirisa

Abstract


Tujuan penelitian ini mengembangkan media menggunakan model Kemp untuk
meningkatkan pembelajaran anak TK di Kabupaten Gorontalo. Tahapan penelitian
meliputi (a) analisis kebutuhan, (b) membuat desain awal produk dan (c) validasi dan
revisi oleh pakar, (d) implementasi pengembangan media pembelajaran. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa (a) umumnya guru mengalami masalah dalam
pemanfaatan media sehingga berdampak pada pencapaian kompetensi dasar; (b)
karakteristik anak terletak pada kemampuan mengurutkan lambang bilangan 1-20
yang bervariasi, (c) kemampuan awal yang kategori rendah, (d) pemetaan materi
terarah untuk mencapai tujuan,(e) isi materi ajar dan analisis tugas terjadi
peningkatan sebesar 13%, (f) kemampuan guru memanfaatkan media terjadi
peningkatan sebesar 3%; (g) Respon anak terhadap pemanfaatan media terjadi
peningkatan sebesar 0, 31 %; (h) respon guru pengamat dalam pemanfaatan media
pembelajaran terjadi peningkatan sebesar 13%; (i) Pencapaian perkembangan
kompetensi dasar terjadi peningkatan sebesar 0,75%.Selain itu, hasil uji efektivitas
pemanfaatan media pembelajaran menunjukkan bahwa (a) terdapat perbedaan
signifikan tingkat pencapaian perkembangan anak yang diajarkan dengan media
pembelajaran anak usia dini dan yang tidak diajarkan dengan media dengan taraf
kepercayaan 99%; dan (b) terdapat korelasi yang signifik anantara respon anak
terhadap produk media pembelajaran dengan tingkat pencapaian kompetensi
perkembangan diterima dengan sangat signifikan.

Kata Kunci: model pengembangan, media pembelajaran, anak usia dini.


References


Amanah, 2011.Model Pembelajaran Kemp

Menciptakan Pengalaman

Belajar.Tersedia pada:

https://amanahtp.wordpress.com/201

/11/28/model-pembelajaran-assuremenciptakan-

pengalamanbelajar/

Diakses, 22 Juli 2015

Depdiknas, 2003.Acuan Menu

Pembelajaran Pendidikan Anak Usia

Dini. Jakarta: Depdiknas.

------------,2003.Undang-undang Nomor 20

tahun 2003 tentang Sistem

Pendidikan Nasional

-------------,2005.Peraturan Pemerintah

Nomor 19 tahun 2005 tentang

Standar Nasional Pendidikan.

Jakarta. Depdiknas

-----------, 2006.Pengembangan Motorik

Halus di Taman Kanak- Kanak.

Jakarta: Depdiknas

------------, 2007.Pedoman Penyusunan

Temapada Taman Kanak-Kanak.

Jakarta. Dedpiknas.

------------, 2008.Pedoman Penilaian di

Taman Kanak–Kanak. Jakarta:

Depdiknas

-------------,2009.Peraturan Menteri

Pendidikan Nasional Nomor 58 tahun

tentang Standar Pendidikan

Anak Usia Dini. Jakarta, Depdiknas.

------------,2014. Peraturan Menteria

Pendidikan dan Kebudayaan Nomor

Tahun 2014 tentang Standar

Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta.

Depdiknas

Djamarah S.B. dan Zain Aswan. 2002.

Strategi Belajar Mengajar.Jakarta:

Rineka Cipta

Ibrahim R dan Syaodih Nana S.

Perencanaan Pengajaran.

Jakarta : Rineka Cipta

Munadi Yudhi, 2008. Media Pembelajaran,

Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta.

Gaung Persada.

IPS Universitas Lampung;

Pargito.2009.Penelitian dan

Pengembangan Bidang Pendidikan:

Bandar Lampung. Jurusan

Pendidikan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




__________________________________________________________________________________________________________

Publisher:

Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: pps@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id