MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF

SRI FITRIANINGSIH LASENA

Abstract


Sri Fitrianingsih Lasena, 2016 “ Improving Students” activity learning result fisika
with Type Multimedia interaktif” Tesis, Sains consentrasi, Gorontalo state University
(UNG). Advistor 1 Prof. Dr Enos Taruh. M.Pd, Advistor II Prof.Dr.Hj Ani M Hasan,
M.Pd
The aim of this action research is to improve the students in activity learning result
fisika with Type Multimedia interaktif. The sample of this reasearch is this
studendts, they are 28 students which consist of 12 man and 16 women.The
students learing result in cycle is 50,00% (the score of 75 are 12 students from 28)
students the result cycle is not received. So the next cycle II the students improved
22 students from 28 students get score more than 75)
Based on research the hypotesis of this research received. The otther words” the
students result of larning is improved using type intraktif multimdia on fisika.

Keyword : Result learning, Interaktif Multimedia, Aktivity


References


Achmad Samsudin, 2008.Peran Multimedia

Interaktif (MMI) dalam

pembelajaran Darsono 2001.

Belajar dan Pembelajaran,

Semarang: (Unnes) Press

Ahmadi dan Supriyono. 1991. Strategi

Pembelajaran Berorientasi Standar

Proses Pendidikan Jakarta,

kencana perdana media Group.

Djamarah. 2002. Pengelolaan Kegiatan

Belajar Mengajar Di Sekolah. Rineka Cipta:

Jakarta.

Depdiknas. 2003.Kurikulum 2004: Standar

Kompetensi Mata pelajaran Sains

Jakarta: Depdiknas.

Faizin Noor Muhamad. 2009. penggunaan

model pembelajaran multimedia

interaktif (mmi) pada konsep listrik

dinamis untuk meningkatkan

penguasaan konsep dan

memperbaiki sikap belajar siswa.

Kudus:SMP 2 Kudus

Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar

Mengajar. Cet. ke-3. Jakarta: PT Bumi

Aksara.

Hasrul,2010,langkah-langkah

pengembangan pembelajaran

multimedia interaktif,

Makassar:Universitas Negeri

Makassar.

Hiala Yukin Tesis Meningkatkan hasil

belajar peserta didik pada materi

keanekaragaman hayati melalui

model pembelajaran kooperatif

Group Investigation dengan

menggunakan media Relia

:Gorontalo

Hendro S dan Jenny. 1992.Pendidikan IPA

II. Jakarta: Depdikbud Dirjen DiktiPPTK.

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan No.026

Tahun ke-6, Oktober 2000. Jakarta:

Lembaga Penelitian dan

Pengembangan Depdiknas.

Muhamad A (2002) Guru dalam proses

belajar mengajar bandung: Sinar Baru.

Algensindo

Munir, 2005. Konsep dan Aplikasi Program

Pembelajaran Berbasis

Komputer(Computer Based

Interaction), P3MP, UPI.

Nandi. 2006. Penggunaan Multimedia

Interaktif Dalam Pembelajaran Geografi Di

Natawijaya, Rohmat. 2005. Hasil Belajar

dan Kecakapan-kecakapan

Potensial. Jakarta: Depdiknas

Nasution. 2009, Berbagai Pendekatan

Dalam Proses Belajar Mengajar,Jakarta,

Bumi Aksara.

Nurkamidien Suleman, Tesis Meningkatkan

Prestasi peserta didik kelas V SDN

Inpres Patahu Kecamatan

Randangan Kab Pohuwato dalam

pembelajaran sains denggan

menggunakan media lingkungan:

gorontalo

Noor, Idris HM. 2000. Sebuah Tinjauan

Teoritis Tentang Inovasi Pendidikan di

Indonesia.

Oka Agung Anak, 2011, Peningkatan

Kualitas Pembelajaran Ipa Di Smp

Melalui Pembelajaran

Kontekstual,Universitas

Muhammadiyah Metro

Pascasarjana UNG,2009/2010. Pedoman

Penulisan Tesis,Gorontalo:Pascasarjana

Rusman, 2005. Model-model Multimedia

Interaktif BerbasisKomputer:UPI.

Sanjaya, Wina. 2006, Strategi

Pembelajaran Berorientasi Standar

Proses Pendidikan. Jakarta,

kencana perdana media Group.

Setiawan. 2007. Dasar-dasar Multimedia

Interaktif (MMI). Bandung: S.Ps Upi

Bandung.

Soemanto. 1987. Kemampuan Profesinal

Guru dan Tenaga Kependidikan.

Bandung: Rosda Karya

Slameto, 2007.Belajar dan Faktor-faktor

Yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka

Cipta. Sujana Nana,2007.Penilaian Hasil

Proses Belajar Mengajar, Bandung:Remaja

Rosda Karya Sudirman. 2007. Pengelolaan

Kegiatan Belajar Mengajar Di Sekolah.

Rineka Cipta: Jakarta.

Sukmadinata dkk. 2010 “ Pemahaman

dalam pembelajaran” Rajawali Pres.

Jakarta.Nusa

Media.

Semiawan, 1985.Pendekatan keterampilan

proses. Jakarta: PT Gramedia

Widiasarana Indonesia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




__________________________________________________________________________________________________________

Publisher:

Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: pps@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id