MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF
Abstract
Sri Fitrianingsih Lasena, 2016 “ Improving Students†activity learning result fisika
with Type Multimedia interaktif†Tesis, Sains consentrasi, Gorontalo state University
(UNG). Advistor 1 Prof. Dr Enos Taruh. M.Pd, Advistor II Prof.Dr.Hj Ani M Hasan,
M.Pd
The aim of this action research is to improve the students in activity learning result
fisika with Type Multimedia interaktif. The sample of this reasearch is this
studendts, they are 28 students which consist of 12 man and 16 women.The
students learing result in cycle is 50,00% (the score of 75 are 12 students from 28)
students the result cycle is not received. So the next cycle II the students improved
22 students from 28 students get score more than 75)
Based on research the hypotesis of this research received. The otther words†the
students result of larning is improved using type intraktif multimdia on fisika.
Keyword : Result learning, Interaktif Multimedia, Aktivity
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Achmad Samsudin, 2008.Peran Multimedia
Interaktif (MMI) dalam
pembelajaran Darsono 2001.
Belajar dan Pembelajaran,
Semarang: (Unnes) Press
Ahmadi dan Supriyono. 1991. Strategi
Pembelajaran Berorientasi Standar
Proses Pendidikan Jakarta,
kencana perdana media Group.
Djamarah. 2002. Pengelolaan Kegiatan
Belajar Mengajar Di Sekolah. Rineka Cipta:
Jakarta.
Depdiknas. 2003.Kurikulum 2004: Standar
Kompetensi Mata pelajaran Sains
Jakarta: Depdiknas.
Faizin Noor Muhamad. 2009. penggunaan
model pembelajaran multimedia
interaktif (mmi) pada konsep listrik
dinamis untuk meningkatkan
penguasaan konsep dan
memperbaiki sikap belajar siswa.
Kudus:SMP 2 Kudus
Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar
Mengajar. Cet. ke-3. Jakarta: PT Bumi
Aksara.
Hasrul,2010,langkah-langkah
pengembangan pembelajaran
multimedia interaktif,
Makassar:Universitas Negeri
Makassar.
Hiala Yukin Tesis Meningkatkan hasil
belajar peserta didik pada materi
keanekaragaman hayati melalui
model pembelajaran kooperatif
Group Investigation dengan
menggunakan media Relia
:Gorontalo
Hendro S dan Jenny. 1992.Pendidikan IPA
II. Jakarta: Depdikbud Dirjen DiktiPPTK.
Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan No.026
Tahun ke-6, Oktober 2000. Jakarta:
Lembaga Penelitian dan
Pengembangan Depdiknas.
Muhamad A (2002) Guru dalam proses
belajar mengajar bandung: Sinar Baru.
Algensindo
Munir, 2005. Konsep dan Aplikasi Program
Pembelajaran Berbasis
Komputer(Computer Based
Interaction), P3MP, UPI.
Nandi. 2006. Penggunaan Multimedia
Interaktif Dalam Pembelajaran Geografi Di
Natawijaya, Rohmat. 2005. Hasil Belajar
dan Kecakapan-kecakapan
Potensial. Jakarta: Depdiknas
Nasution. 2009, Berbagai Pendekatan
Dalam Proses Belajar Mengajar,Jakarta,
Bumi Aksara.
Nurkamidien Suleman, Tesis Meningkatkan
Prestasi peserta didik kelas V SDN
Inpres Patahu Kecamatan
Randangan Kab Pohuwato dalam
pembelajaran sains denggan
menggunakan media lingkungan:
gorontalo
Noor, Idris HM. 2000. Sebuah Tinjauan
Teoritis Tentang Inovasi Pendidikan di
Indonesia.
Oka Agung Anak, 2011, Peningkatan
Kualitas Pembelajaran Ipa Di Smp
Melalui Pembelajaran
Kontekstual,Universitas
Muhammadiyah Metro
Pascasarjana UNG,2009/2010. Pedoman
Penulisan Tesis,Gorontalo:Pascasarjana
Rusman, 2005. Model-model Multimedia
Interaktif BerbasisKomputer:UPI.
Sanjaya, Wina. 2006, Strategi
Pembelajaran Berorientasi Standar
Proses Pendidikan. Jakarta,
kencana perdana media Group.
Setiawan. 2007. Dasar-dasar Multimedia
Interaktif (MMI). Bandung: S.Ps Upi
Bandung.
Soemanto. 1987. Kemampuan Profesinal
Guru dan Tenaga Kependidikan.
Bandung: Rosda Karya
Slameto, 2007.Belajar dan Faktor-faktor
Yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka
Cipta. Sujana Nana,2007.Penilaian Hasil
Proses Belajar Mengajar, Bandung:Remaja
Rosda Karya Sudirman. 2007. Pengelolaan
Kegiatan Belajar Mengajar Di Sekolah.
Rineka Cipta: Jakarta.
Sukmadinata dkk. 2010 “ Pemahaman
dalam pembelajaran†Rajawali Pres.
Jakarta.Nusa
Media.
Semiawan, 1985.Pendekatan keterampilan
proses. Jakarta: PT Gramedia
Widiasarana Indonesia
Refbacks
- There are currently no refbacks.
__________________________________________________________________________________________________________
Publisher:
Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: pps@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id