PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, LINGKUNGAN SEKOLAH, DAN BUDAYA KERJA TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI GURU SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN RATOLINDO KABUPATEN TOJO UNA-UNA

Zulhijah Sampo, Arfan Arsyad, Arwildayanto Arwildayanto

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh langsung gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap budaya kerja guru, (2) pengaruh langsung lingkungan sekolah terhadap budaya kerja, (3) pengaruh langsung gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi berprestasi guru, (4) pengaruh langsung lingkungan sekolah terhadap motivasi berprestasi guru, (5) pengaruh langsung budaya kerja terhadap motivasi berprestasi guru, (6) pengaruh tidak langsung gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi berprestasi guru melalui budaya kerja guru, dan (7) pengaruh tidak langsung lingkungan sekolah terhadap motivasi berprestasi guru melalui budaya kerja guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif menggunakan analisis jalur. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SD Kecamatan Ratolindo Kabupaten Tojo Una-Una yang berjumlah 188 orang. Pengambilan sampel menggunakan pendekatan proporsional sampling sehingga diperoleh 128 orang guru sebagai sampel. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap budaya kerja guru sebesar 59.4%, (2) terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan lingkungan sekolah terhadap budaya kerja guru sebesar 60.9%, (3) terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi berprestasi guru sebesar 60.9%, (4) terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan lingkungan sekolah terhadap motivasi berprestasi guru sebesar 62.4%, (5) terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan budaya kerja terhadap motivasi berprestasi guru sebesar 99.7%, (6) terdapat pengaruh tidak langsung gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi berprestasi guru melalui budaya kerja guru sebesar 21.9%, dan (7) terdapat pengaruh tidak langsung lingkungan sekolah terhadap motivasi berprestasi guru melalui budaya kerja guru sebesar 72.2%. Hal ini berarti bahwa semakin tinggi gaya kepemimpinan kepala sekolah, lingkungan sekolah, budaya kerja maka akan semakin tinggi motivasi berprestasi guru.


Keywords


Budaya Kerja; Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah; Lingkungan Sekolah; Motivasi Berprestasi Guru

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2016. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:Bumi. Aksara

Azis Aissah Qomaria, Suwatno. 2019. Pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMK Negeri 11 Bandung. JURNAL PENDIDIKAN MANAJEMEN PERKANTORAN Vol. 4 No. 2, Juli 2019, Hal. 246-253

Danim, Sudarman 2014. Motivasi Kepemimpinan dan Efektivitas Kelompok. Penerbit Rineka Cipta

Dewi Fani Cintia, Tjutju Yuniarsih. 2020. Pengaruh lingkungan sekolah dan peran guru terhadap motivasi berprestasi. JURNAL PENDIDIKAN MANAJEMEN PERKANTORAN Vol. 5 No. 1, January 2020, Hal. 1-13

Diirun, Muhamad Asran 2016 Pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah dan budaya organisasi terhadap kinerja guru di SMA dan MA se Kota Palangka Raya. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

Evryyanti Tiurma Pakpahan, Aunurrahman, Chiar. 2020. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Disiplin Kerja Guru Terhadap Motivasi Berprestasi Guru SD Swasta. Program Magister Administrasi Pendidikan FKIP Untan Pontianak

Haditono, Sri Rahayu. 2016. Achievement Motivation. Yogyakarta: Gadjah Mada.

Hafsari, Magfirah. 2016. Pengaruh Budaya Dan Iklim Organisasi Sekolah Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa Program Keahlian Penjualan Studi Pada Siswa Tingkat 3 SMK Negeri 1 Malang. Skripsi, Jurusan Manajemen Program Studi Pendidikan Tata Niaga Universitas Negeri Malang.

Heckhausen, H. 2017. The Anatomy of Achievement Motivation. New York : Academic Press

Irawan Arry, 2010. Pengaruh Budaya Organisasi Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kepuasan Kerja Serta Implikasinya Terhadap Kinerja Pemeriksa Pajak. Sigma-Mu Vol.2 No.2 – September 2010

Lazaruth, Soewardji. 2014. Kepala Sekolah dan Tanggung Jawabnya. Yogyakarta. : Kanisius.

Mangkunegara. 2017 Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Bandung : Aditama.

Munawaroh. 2018. Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuasin. Jurnal Ekonomi Bisnis, TH. 16, NO. 2. (hlm. 1-14)

Nawawi, Hadari. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan kelima, Yogyakarta : Gajah Mada University Press.

Nurhadijah, 2018. Studi tentang Budaya Kerja Pegawai Sekolah “Menengah Kejuruan Negeri 1 Penajam Paser Utara”, ejournal Administrasi Negara.

Nurussalami. 2018. Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Motivasi Kinerja Guru Pada SD Negeri Siem Kecamatan Darussalam Aceh Besar. Volume IV. Nomor 1. Januari – Juni 2018

Pakpahan Evryyanti Tiurma, Aunurrahman, Chiar, 2019. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Disiplin Kerja Guru Terhadap Motivasi Berprestasi Guru SD Swasta. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Khatulistiwa. Vol 8, No 2 (2

Pamassangan Gidion, Abduh H. Harun, Jamaludin, 2014. Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi di Pasangkayu Kecamatan Baras Kabupaten Mamuju Utara. Edu Civic, Vol 2, No 1 (2014)

Putri, Devi Ayu Kusuma, Bambang Wasito Adi, Sunarto. 2016. Pengaruh Sarana Prasarana Sekolah Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pemasaran Di Smk Negeri 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2015/2016. *Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Sebelas Maret

Sidabutar Shirley Lusia Marietta, Paningkat Siburian, Salman Bintang. 2017. Pengaruh Budaya Organisasi, Kepuasan Kerja, Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Komitmen Organisasi Guru SMP Negeri Kecamatan Simanindo Dan Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir. Jurnal Manajemen Pendidikan Indonesia Vol.9 No.2 Nopember 2017

Singarimbun, M & Effendi, S. 2011. Metode Penelitian Survai. Jakarta: LP3S.

Suarni, Ni Ketut. 2012. Kontribusi Gaya Kepemimpinan Transformasional Guru Terhadap Motivasi Berprestasi Dan Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri Dalam Menunjang Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) Pada Sekolah Pelaksana KBK Di Provinsi Bali. Fakultas Ilmu Pendidikan, IKIP Negeri Singaraja

Sugiyanto. 2013. Pentingnya Motivasi dalam Mencapai Keberhasilan Akademi Siswa Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta

Wahjosumidjo. 2013. Kepemimpinan Kepala Sekolah,. Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: PT. Radja Grafindo Persada

Wahyudi. 2016. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Organisasi Pembelajaran Learning Organization. Pontianak

Wibowo Doddy Hendro, Motivasi Berprestasi Dalam Kaitannya Dengan Kinerja Guru. Scholaria, Vol. 5, No. 3, September 2015: 65 - 74


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.