PENGARUH LINGKUNGAN FISIK DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP KINERJA GURU MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 KABUPATEN GORONTALO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lingkungan fisik maupun lingkungan sosial terhadap kinerja guru Madrasah Aliyah Negeri 2 Kabupaten Gorontalo, baik secara individu maupun secara simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik angket. Analisis data dilakukan menggunakan metode analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan fisik dan lingkungan sosial memberikan pengaruh terhadap kinerja guru, baik secara parsial maupun secara simultan. Secara parsial, pengaruh lingkungan fisik terhadap kinerja guru adalah sebesar 5.3%, sedangkan pengaruh lingkungan fisik adalah sebesar 90.7%. Artinya bahwa lingkungan sosial memberikan pengaruh yang lebih besar terhadap kinerja guru dibandingkan dengan lingkungan fisik. Fasilitas penunjang sekolah yang terbatas masih bisa meningkatkan motivasi guru untuk meningkatkan kinerjanya. Namun, lingkungan sosial berpengaruh sangat penting dalam kinerja guru. Lingkungan sosial yang mendukung akan meningkatkan kualitas pembelajaran dan motivasi guru untuk meningkatkan kinerjanya. Secara simultan, lingkungan fisik dan lingkungan sosial memberikan pengaruh terhadap kinerja guru sebesar 97.3%, sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diukur dalam penelitian ini. Faktor lain tersebut di antaranya adalah guru tersertifikasi dan kualifikasi pendidikan guru.
Full Text:
PDFReferences
Ariwibowo, Mustofa Setyo. 2012. “Pengaruh Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa PPKN Angkatan 2008/2009 Universitas Ahmad Dahlan Semester Ganjil Tahun Akademik 2010/2011â€. Jurnal Citizenship, 1(2): 113- 122
Bafadel, Ibrahim. 2014. Manajemen Perlengkapan Sekolah Teori dan Aplikasinya. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Kusmianto. 1997. Panduan Penilaian Kinerja Guru Oleh Pengawas. Jakarta : Erlangga
Mangkunegara, A. P. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Remaja Rosdakarya
Partono dan Tri Minarni. 2006.†Pengaruh Disiplin dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomiâ€. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, 1(2): 206-218
Prawirosentono, Suyadi. 1999. Kebijakan Kinerja Karyawan. Yogyakarta: BPF
Saroni, Muhammad. (2006). Lingkungan Sekolah dan Pengembangannya. Jakarta : PT.Raja Grafindo Persada
Sedarmayanti. (2009). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: CV. Mandar Maju
Suharsimi Arikunto, 1998. “ Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktekâ€. Edisi Revisi, Cetakan keempat. Penerbit Rineka Cipta. Jakarta
Watoyo, Dwi. 2008. “Hubungan antara Lingkungan Belajar dan Minat Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI Jurusan IPS SMA 59 Negeri 1 Paninggaran Kabupaten Pekalonganâ€. Tesis. Surakarta: Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Â