MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DI KELAS V SDN 38 HULONTHALANGI KOTA GORONTALO

Inang Angraini Sako, Abdul Haris Panai, Sukarman Kamuli

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran Jigsaw di kelas V SDN 38 Hulonthalangi Kota Gorontalo (2) meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran Jigsaw di kelas V SDN 38 Hulonthalangi Kota Gorontalo. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer melalui penyebaran kuesioner dan tes hasil belajar kepada siswa serta lembar observasi oleh guru Pamong terhadap peneliti. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif dengan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS dapat dilakukan oleh guru dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw di kelas V Sekolah Dasar (SD) Negeri 38 Hulonthalangi Kota Gorontalo. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan motivasi belajar dari hasil pengamatan awal memiliki dengan capaian sebesar 55,07% menjadi sebesar 75,87% pada siklus 1 serta sebesar 85,69% pada siklus 2. (2) meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dapat dilakukan oleh guru dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw di kelas V Sekolah Dasar (SD) Negeri 38 Hulonthalangi Kota Gorontalo. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan jumlah siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) mata pelajaran IPS, dimana pada pengamatan awal hanya sebanyak 13 orang atau sebesar 43,33% dari total siswa, mengalami peningkatan pada siklus 1 sebanyak 21 orang atau sebesar 70,00% dari total siswa dan kemudian mengalami peningkatan kembali pada siklus 2 sebanyak 29 orang atau sebesar 96,67% dari total siswa.

 


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Anurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Arends, Richard. 2008 Lerning to teach. Jogjakarta: Pustaka Belajar

Aqib, Zainal. 2015. Model-Model Media Dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung. Yrama Widya

Bahararudin, 2009. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Yokyakarta: Ar-Ruzz Media

Djamarah Bahri Syaiful, 2010. Model Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta

Fajar. 2004. Portofolio dalam Pembelajaran IPS. Bandung : Rosda Karya

Hanafiah, dkk. 2012, Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung : Refika Aditama

Hamalik Oemar. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Isjoni. 2009. Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Jauhary, Haziq. 2008. Membangun Motivasi. Semarang ; Ghyyas Putra

Rahmat Abdul. 2010. Kearifan Cinta Sang Guru.Bandung: MQS Publishing

Sardiman. 2012, Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta. Rajagrafindo Persada

Sumiati, dkk. 2011. Model Pembelajaran. Bandung : Wacana Prima

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Trianto. 2007. Pembelajaran Kooperatif. Jakarta:Rineka Cipta

Sudjana Nana. 2009. Penilaian Hasil Belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Tasrif. (2008). Pengantar Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Yogyakarta: Genta Press

Uno, B Hamzah. 2012. Teori Motivasi Dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara

Uzer, Mohamad Usman, 2000. Pembinaan Profesional Guru. Jakarta: Remaja Rosda Karya

Zain Aswan . 2010. Model Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Zamroni. 2007. Meningkatkan Mutu Sekolah, Jakarta : PSAP Muhamadiyah


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.