MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DI KELAS VI SDN 92 KOTA UTARA KOTA GORONTALO

Sarini Maupa, Abdul Haris Panai, Rusmin Husain

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing di Kelas VI SDN 92 Kota Utara Kota Gorontalo; (2) meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing di Kelas VI SDN 92 Kota Utara Kota Gorontalo. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer melalui penyebaran kuesioner dan tes hasil belajar kepada siswa serta lembar observasi oleh guru Pamong terhadap peneliti. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif dengan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS dapat dilakukan oleh guru dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing di kelas VI SDN 92 Kota Utara Kota Gorontalo. Hal ini dibuktikan dari hasil skor pengamatan awal sebesar 54,92% dalam kriteria motivasi rendah, naik menjadi 67,25% dalam kriteria motivasi tinggi pada siklus 1 dan kembali naik menjadi 85,50% dalam kriteria motivasi sangat tinggi pada siklus 2. (2) meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dapat dilakukan oleh guru dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing di kelas VI SDN 92 Kota Utara Kota Gorontalo. Hal ini dibuktikan dari hasil skor pengamatan awal sebesar 37,50% siswa yang memenuhi KKM, naik menjadi 83,33% siswa yang memenuhi KKM pada siklus 1 dan kembali naik menjadi 100% siswa yang memenuhi KKM pada siklus 2.


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. 2009. Pendidikan Bagi Anak Berkemampuan Rendah. PT Rineka Cipta. Jakarta.

Anderson and Kathrowl. 2004. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing (A Revision of Bloom Taxonomy of Educational objectives). A Bridge Edition.David Mc Kay Company Inc. New York.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Statistik. PT. Rineka Cipta. Jakarta.

----------.2008. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Artini, I Kd. Arik. 2013. Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Audio-Visual Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus Letda Kajeng.

Degeng, Nyoman. 2013. Ilmu Pembelajaran Klasifikasi Variabel Untuk Pengembangan Teori dan Penelitian. Kalam Hidup. Bandung.

Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi. Jakarta.

Djamarah, Syaiful Bahri, dan Aswan Zain. 2006. Eds Revisi : Strategi Belajar Mengajar. PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Gulo, W. 2004. Strategi Belajar Mengajar. Grasindo. Jakarta.

Gunawan, 2011. Pendidikan IPS: Filosofi, Konsep dan Aplikasi. Alfabeta. Jakarta.

Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. PT Bumi Aksara. Jakarta.

-------------.2008. Proses Belajar Mengajar. BumiAksara. Jakarta.

Isjoni. 2007. Integrated Learning (Pendekatan Pembelajaran IPS di Pendidikan Dasar). Falah Production. Bandung

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan 2006 Sekolah Dasar Kelas IV. Dinas Pendidikan Kota Gorontalo.

Maulana, Malik I. 2014. Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Dengan Media Papan Petualangan. Joyful Learning Journal Vol. 3, No. 4.

Miarso, Yusuf Hadi. 2013. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Prenada Media.Jakarta.

Mulyani Sumantri dan Johar Permana. (1998/1999). Strategi Belajar Mengajar. Dirjen Pendidikan Tinggi untuk Sekolah Dasar. Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Mulyasa, E. 2006. Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Nurmuliyati. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Dengan Materi Konsep Peta Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian PGSD Vol. 2, No. 3 tahun 2014.

Roestiyah N.K. (2001). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta. Jakarta.

Ruseffendi. 2006. Metode Mengajar. Rineka Cipta. Bandung.

Rusman. 2012. Model – Model Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Sagala, Saiful. 2007. Konsep dan Makna Pembelajaran. PT. Bumi Aksara. Jakarta

Sardiman A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Grafindo Persada. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.