MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI METODE EXPERIENTIAL LEARNING PADA SISWA KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 1 TILAMUTA

Ivon Salilama

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran Experiential Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Tilamuta pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, peneliti menggunakan tes hasil belajar sebagai instrumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Experiential Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan jumlah persentase kriteria hasil belajar siswa pada setiap siklus. Pada siklus I, yang memperoleh kriteria baik sekali hanya berjumlah 2 siswa (6.25%), yang memperoleh kriteria baik ada 12 siswa (37.50%), yang memperoleh kriteria cukup adalah 12 siswa (37.50%) sementara yang dikategorikan kurang masih ada 6 siswa (18.75%). Pencapaian hasil belajar tersebut secara signifikan naik pada siklus II, di mana siswa yang termasuk kriteria baik sekali berjumlah 8 siswa (6.25%), yang memperoleh kriteria baik sebanyak 18 siswa (56.25%), yang memperoleh kriteria cukup adalah 6 siswa (18.75%), dan tidak ada lagi siswa yang masuk pada kriteria kurang. Dengan demikian, hipotesis penelitian ini terbukti, artinya penggunaan metode pembelajaran Experiential Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Tilamuta pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Full Text:

PDF

References


Jejak Pendidikan. 2017. Model Pembelajaran Experiential Learning. (Online). http://www.jejakpendidikan.com/2017/03/model-pembelajaran-experiential-learning.html

Mutazin, Zaenal. 2020. Pengertian Experiential Learning Menurut Para Ahli Pendidik. (Online). https://highlandexperience.co.id/pengertian-experiential-learning

Sanjaya, W. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.

Silberman, M. 2007. Experiential Learning. San Francisco, CA: Pfeiffer.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.