PENERAPAN METODE COMPUTER ASSISTED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA DI KELAS X SMA NEGERI 1 TILAMUTA

Rosnawaty Husain

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan metode Computer Assisted Learning tipe Tutorial dalam meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika di kelas X SMA Negeri 1 Tilamuta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan mengikuti rancangan penelitian model Kurt Lewin, yakni penelitian dilakukan dengan tujuan memperbaiki dan meningkatkan proses kompetensi. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Berdasarkan hasil pre-test, dari 12 butir soal yang disediakan, diperoleh skor maksimal 70 dan skor minimal 20. Adapun persentase keberhasilan peserta didik hanya 0% siswa yang memperoleh skor > 75, ada 5% peserta didik yang memperoleh nilai > 65, ada 20% peserta didik yang memiliki nilai > 50, dan 75% siswa memperoleh nilai < 50. Setelah melaksanakan pembelajaran dengan metode Computer Assisted Learning tipe tutorial, terdapat 66.7% siswa menjawab sangat menyenangkan, 27.8% siswa menjawab menyenangkan, 5.6% siswa menjawab kurang menyenangkan, dan tidak ada siswa yang tidak menyukai pembelajaran berbasis komputer model tutorial. Hasil post-test diperoleh skor maksimal 80 dan skor minimal 35. Adapun persentase keberhasilan peserta didik hanya 10% siswa yang memperoleh skor lebih dari 75, ada 25% peserta didik memperoleh nilai > 65, ada 25% peserta didik yang memiliki nilai > 50, dan ada 40% siswa yang memperoleh nilai < 50. Berdasarkan hasil post-test pada siklus I dilakukan refleksi dengan mengadakan perbaikan-perbaikan pada proses pembelajaran maupun pada tampilan animasi serta video di software yang digunakan. Persentase keberhasilan peserta didik pada siklus II adalah 82% siswa memperoleh skor > 75, ada 12% peserta didik memperoleh nilai > 65, dan tidak ada siswa yang memperoleh nilai £ 65. Sehingga disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Computer Assisted Learning tipe tutorial dapat meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika di kelas X SMA Negeri 1 Tilamuta.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Intermasa

Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Martinis, Yamin. 2008. Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Gaung Persada Pers

Munir. 2010. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta

Nasution. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Sofyana, dkk. 2018. Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Menggunakan Pembelajaran Generative pada Kelas VII SMP Muhammadiyah Kaliwiro. Jurnal Pendidikan Didaktik Matematika

Susilana, Rudi. 2008. Media Pembelajaran. Bandung : CV Wacana Prima

Sutarman, Adam. 2016. Pemanfaatan Pembelajaran Berbasis Komputer Model CD Interaktif Tutorial Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA Serang

Suwarno. 2016. Pembelajaran Berbantuan Komputer. (https://pgsd.binus.ac.id/2016/12/26/pembelajaran-berbantuan-komputer/, diakses 3 Oktober 2018)

Unknown. 2014. Pembelajaran Berbantuan Komputer. (http://www.nblognlife.com/2014/01/pembelajaran-berbantuan-komputer.html, diakses 03 Oktober 2018)

Wiriaatmadja, Rochiati. 2006. Metode Penelitian Tindakan Kelas: untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen. Bandung: Remaja Rosdakarya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.