UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE PEMBELAJARAN TAI (Team Assisted Individualization) PADA MATA PELAJARAN KIMIA KELAS X DPIB SMK NEGERI 1 BOALEMO

Herlina Tengkeran

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 1 Boalemo. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini mengacu pada model yang dikemukakan oleh Kemmis & McTaggart. Pengolahan dan analisis data dilakukan dengan menginterpretasikan skor yang didapat dengan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran TAI dapat meningkatkan aktivitas maupun hasil belajar siswa. Pada Siklus I, penilaian aspek interaksi sosial melalui observasi langsung mempunyai ketercapaian indikator sebesar 70,24% dan menjadi sebesar 84,47%. Pada siklus II terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa yaitu sebesar 70,36% melalui observasi langsung dan 85,47% melalui observasi langsung. Untuk penilaian aspek kognitif di siklus I, ketuntasan belajar siswa sebesar 70,36% dan meningkat pada siklus II menjadi 85,47%.


Full Text:

PDF

References


Purwaningrum, L. (2010). Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) Yang Disertai Penyusunan Peta Konsep Pada Proses Pembelajaran Bioteknologi Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa. Skripsi Tidak Dipublikasikan, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), Vol. 5 No. 2 Tahun 2016 Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret

Siti Nuraini Kadir Akili, (2019), Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Metode Pembelajaran Tai (Team Assisted Individualization) Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik, Kelas X Dpib Smk Negeri 1 Boalemo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.