Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi siswa belajar ekonomi kelas X MIPA SMA Negeri 1 Tilamuta melalui model Discovery Learning. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam perencanaannya, penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Pada siklus pertama dilaksanakan dalam 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Ketidaktuntasan pada siklus pertama menunjukkan perlunya dilakukan penelitian lanjutan pada siklus kedua. Hasil observasi yang telah dilakukan terhadap motivasi siswa pada pembelajaran ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Tilamuta menghasilkan bahwa motivasi siswa sangat rendah. Hal ini menyebabkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi sangat rendah. Setelah dilakukan pembelajaran menggunakan metode Discovery Learning, pada siklus I motivasi siswa pada pembelajaran ekonomi, yakni terdapat 9 siswa (40,91%) yang memiliki motivasi yang baik, 5 siswa (22,73%) dengan kriteria kurang baik, 5 siswa (22,73%) memiliki kriteria cukup baik, serta masih ada 3 siswa (12,64%) yang memiliki kriteria tidak baik. Aspek-aspek yang menyebabkan motivasi siswa belum mencapai indikator keberhasilan pada siklus I setelah diadakan refleksi antara lain disebabkan oleh: 1) Guru kurang memotivasi siswa dalam mengawali pembelajaran, 2) Guru belum optimal dalam memberikan bimbingan kepada siswa pada saat pembelajaran berlangsung, 3) Guru kurang memberikan umpan balik, 4) Guru belum optimal dalam mengadakan refleksi dalam kegiatan pembelajaran. Setelah dilakukan pembelajaran pada siklus II, motivasi siswa terhadap pembelajaran ekonomi pada siklus II meningkat secara signifikan, di mana telah ada 5 siswa (22,73%) siswa yang memiliki kriteria sangat baik, 13 siswa (59,09%) yang memiliki kriteria baik dan hanya ada 4 siswa (18,18%) dengan kriteria kurang baik. Dengan demikian, jumlah siswa yang telah memiliki motivasi dengan kriteria baik dan baik sekali berjumlah 18 orang atau 81,82%. Oleh karena itu, penelitian ini dapat membuktikan hipotesis yakni “Model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Tilamuta.”
References
Abror Rahman, Abd, 2005. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana
Amstrong, T. 2007. Sekolah Para Juara, Howard Gardner. Bandung: Kaifa
Bambang Subali & Paidi. (2002). Penilaian Pencapaian Hasil Belajar. Yogyakarta: FMEKONOMI UNY
Cahyo, Abdi. 2013. Discovery Learning. Bandung: Rineka Cipta
Hamalik, Oemar. 2007. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Natawidjadja, Rochman, 2005. Konsep Dasar Penelitian Tindakan (Action Research). Bandung: Depdikbid IKIP Bandung
Sardiman, AM. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Slamato. 2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito
Sondang, Siagian. 2004. Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta
Tim Penyusun. 2009. Buku Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Departemen Pendidikan Nasional. Universitas Negeri Gorontalo.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Uno, Hamzah. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara