PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PRESENTASI MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR INFORMATIKA DI SMA NEGERI 1 TILAMUTA

Hawarni Hawarni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang dibelajarkan menggunakan media presentasi multimedia dan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menghasilkan  kesimpulan bahwa hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran presentasi multimedia lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan metode konvensional. pengambilan data variabel bebas (X) dilakukan dengan menggunakan teknik checklist yaitu untuk melihat atau menilai beberapa indikator dari umpan balik yang diberikan guru pada saat proses belajar mengajar berlangsung. Sedangkan pengambilan data variabel terikat (Y) yakni hasil belajar dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar. Sebelum tes digunakan, variabel Y sebagai alat pengumpul data, terlebih dahulu diujicobakan guna mengetahui tingkat kelayakan tes berupa status validitas dan reliabilitas. Untuk itu, tes diujicobakan pada siswa kelas yang dipilih. Sebelum data ini digunakan untuk menguji hipotesis, terlebih dahulu data hasil penelitian diuji kenormalannya dengan menggunakan teknik uji chi-kuadrat. Pengujian ini memberikan hasil-hasil X2daftar = 11,07 sedangkan data pada kelas eksperimen memiliki X2hitung = 3,82 dan 5,78 untuk data pada kelas kontrol, yang menjelaskan bahwa kedua variabel berdistribusi normal karena  X2hitung <X2daftar. Uji homogenitas adalah teknik pengujian yang dipilih untuk mengetahui apakah data yang diperoleh dari kelas kontrol dan kelas eksperimen memiliki varians yang homogen. Hasil pengujiannya adalah Fhitung < Fdaftar atau 3,22 < 5,05. Berdasarkan kriteria pengujian yang telah ditetapkan, maka dapat disimpulkan bahwa data yang diperoleh diambil dari sampel yang memiliki varians homogen. Selanjutnya untuk menguji hipotesis dengan menggunakan teknik uji statistik-t. Hasil perhitungan yang dilakukan diperoleh thitung = 4,27. Untuk taraf nyata a = 0,05 dan n = 30, diperoleh tdaftar = 1,697. Dengan demikian diperoleh thitung > tdaftar atau 5,03 > 1,697. Sesuai dengan kriteria pengujian hipotesis yang telah ditetapkan sebelumnya, maka hipotesis Ho ditolak dan menerima hipotesis HA.

Keywords


Hasil Belajar Informatika; Hasil Belajar Siswa; Media Presentasi Multimedia

Full Text:

PDF

References


Abdullah. 2007. Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: Bumi Aksara

Arends, R.I. 2008. Learning to Teach : Belajar untuk Mengajar. Edisi Ketujuh. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Darmawan, Deni. 2011. Teknologi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Djamarah, Syaiful dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Hamalik, Oemar. 2007. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Ismihyani. 2000. Kualitas Pembelajaran dan Hasil Belajar. (Online). (http://ismihyani.wordpress.com/kualitas-pembelajara-dan-hasil-belajar.html, diakses 10 Februari 2019)

Muslihati. 2005. Peningkatan Hasil Belajar Siswa. (Online). (http://muslihati.blogspot.com/peningkatan-hasil-belajar-siswa.html. diakses 10 Februari 2019)

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. 2006.

Pramono, Andi. 2004. Presentasi multimedia dengan Macromedia Flash. Yogyakarta: CV. Andi Offset

Rahmadiah, Adrianti. 2019. Media Presentasi – Sebuah Pengertian. (Online). (http://nine-of-march.blogspot.com/2018/12/media-presentasi-sebuah-pengertian.html?m=1, diakses tanggal 23 Juli 2018)

Sudrajat, Akhmad. 2008. Media Pembelajaran Berbasis Komputer. (Online) (http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2010/07/16/media-pembelajaran-berbasis-komputer.html , diakses tanggal 14 Februari 2019)

Susilana, Rudi dan Cepi Riyana. 2007. Media Pembelajaran. Bandung: Racana Prima

Uno, Hamzah dan Nina Lamatenggo. 2008. Teknologi Komunikasi dan Informasi Pendidikan. Gorontalo: Nurul Jannah

Warsita, Bambang.2008. Teknologi Pembelajaran : Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.