Pengembangan Instrumen Berbasis Higher Order Thinking Skiil (HOTS) untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Biologi

Rapiana Marada, Elya Nusantari, Lilan Dama

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui validitas butir soal Higher Order Thinking Skiils (HOTS). Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan Research and Development, yang meliputi potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, dan ujicoba produk.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Tingkat kevalidan penilaian kelayakan oleh dosen ahli serta guru teman sejawat menunjukkan butir soal  Higher Order Thinking Skiils (HOTS) yang dikembangkan sudah layak diujicobakan. Pengujian butir soal Higher Order Thinking Skiils (HOTS) dilakukan pada peserta didik di SMA Negeri 1 Bonepantai dengan sejumlah 36 orang di kelas XII IPA. Butir soal Higher Order Thinking Skiils (HOTS) berupa pilihan ganda. Ketuntasan peserta didik dalam menyelesaikan soal Higher Order Thinking Skiils (HOTS) sudah memuaskan.

 


References


Arikunto, S. 2006. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara

Basuki,I.dkk. 2015. Asesmen Pembelajaran. Bandung. Remaja Rosdakarya

Depdiknas. 2013. Pedoman Penilaian Hasil Belajar. Depdiknas. Jakarta

Dian. K, dkk.2016. Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP di Kabupaten Jember dalam Menyelesaikan Soal Berstandar PISA.Jurnal Pendidikan dan Evaluasi Pendidikan.2.142-155

Fung, D. 2017. The Pedagogical Impacts on Students Development of Critical

Thinking Dispositions: Experience from Hongkong Secondary Schools. Jurnal Thinking Skiils and Creativity. 26. 128-139.

Hamalik, O. 2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung. Bumi Askara

Idris A (2018). Mewujudkan Pembelajaran Abad 21 dan HOTS melalui Penguatan Keterampilan Proses Guru dalam PBM. [Online}. Diakses https://www.kompasiana.com/idrisapandi/5b8e7fcd12ae9436241aabf5/ mewujudkam-pembelajaran-abad-21-dan-hots-melalui-penguatan-keterampilan-proses-guru-dalam-pbm?page=all

Iskandar, D. (2015). Studi Kemampuan Guru Kimia SMA Lulusan UNY dalam Mengembangkan Soal UAS Berbasis HOTS. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA.1.165-171

Joyce,dkk (2009). Model of Teaching Model-Model Pengajaran. Yokyakarta. Pustaka Belajar

Kadek A. A (2017). Evaluasi pembelajaran. Yokyakarta. Andi Offset

Krathwohl, D.R. (2002). A. Revision of Blom’s Taxonomy: An Overview. Jurnal: Collefe of Educarion, The Ohio State University.

Kuswana, W. S (2011). Taksonomi Berpikir. Bandung: Rosdakarya

Mardapi, Djemari 2012. Pengukuran, Penilaian, Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika

Marsh, Colin. 1996. Handbook for Beginning Teachers. Sydney: Addison Wesley Longman Australia Pry Limited.

Marwiyah.St,dkk, 2018. Perencanaan Pembelajaran Kontemporer Berbasis Penerapan Kurikulum 2013. Yokyakarta; Deepublish

Norm. T. (2012). Teknik Tes dan Non Tes dalam Evaluasi. [Online]. Diakses dari http://www.tuanguru.com/2012/01/teknik-tes-dan-non-tesdalamevaluasi. html. (Januari 2020)

Roets, L. Dkk. 2017. Facilitating the Development of Higher-Order Thinking Skills (HOTS) Of novice Nursing Postgraduates In Africa. Jurnal Thinking Skiils and Creativity. 49.51-56

Salirawati,D. Dkk. 2017. Pelatihan Pengembangan Soal HOTS Sebagai Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru. Jurnal Pelatihan Pengembangan Soal HOTS. 21(1).

Sanjaya. W (2015). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta. Kencana.

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta

Susilawati. D (2018). Tes dan Pengukuran. Sumedang. UPI Sumedang Press.

Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori an Praktek. Jakarta. Prestasi Pustaka

Widana,I Wayan. 2017. Modul Penyusunan Soal HOTS. Jakarta. Direktorat

Pembinaan SMA

Wall, T. F. 2015. The Transferability of Higher Order Cognitive Skills. Jurnal

Social and Behavioral Sciences. 174. 233-238.

Yang, C. (2012). Applications Of Chemical Learning Evaluation Based On Bloom’s Taxonomy Of Educational Objectives. The Journal Of The Learning Sciences. (1), p.495

Yee.M.H. dkk. 2012. The Needs Analysis Of Learning Higher Order Thinking Skills For Generating Ideas. Jurnal Social and Behavioral Sciences 59. 197-203.

Yusuf. M. 2015. Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta; Kencana


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.