Validitas Perangkat Pembelajaran Dengan Menggunakan Model Contextual Teaching Learning Pada Materi Gerak Harmonis Di SMA

Magfirah Saman, Supartin Supartin, Citron S. Payu

Abstract


Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (R&D) yang menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation), namun hanya sampai pada tahap pengembangan. Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi modul ajar yang didalammnya memuat kegiatan model pembelajaran Contextual, Teaching and Learning (CTL) bahan ajar, dan LKPD yang divalidasi oleh dua validator ahli. Hasil validasi menunjukkan bahwa modul ajar memperoleh skor 91,14%, bahan ajar 94,31%, dan LKPD 88,12%, yang seluruhnya berada dalam kategori "sangat valid". Temuan ini menunjukkan bahwa e-LKPD yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran interaktif berbasis teknologi yang dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep gerak harmonis.

Keywords


Validitas, ADDIE, Instrumen, CTL

References


Anggraini, N. & Apfani, F. (2023). Validitas Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Fisika, 11(2), 45–56.

Arikunto, S. (2022). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Buulolo, A. (2022). Contextual Teaching and Learning: Konsep dan Implementasi. Jurnal Inovasi Pendidikan, 8(1), 12–21.

Muskita, M., dkk. (2020). Pengembangan LKPD Interaktif. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 8(1), 23–30.

Utama, Z. P., dan Festiyed. 2019. Analisis validitas dan praktikalitas pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis keterampilan 4c melalui model reasearch based learning untuk pembelajaran fisika. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika. 11(2) : 179-184.

Winaryati, A., dkk. (2021). Pengembangan Produk dengan Model ADDIE. Jurnal Riset dan Teknologi Pembelajaran, 3(1), 34–42.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.