PEMBELAJARAN FISIKA BUNYI UNTUK SISWA AUTIS FASE F DI SLB

Hasan Tahir, Masri Kudrat Umar, Wahyu Muzizat Mohamad

Abstract


Penelitian ini bertujuan menggambarkan cara guru mengajarkan materi bunyi dalam pelajaran fisika kepada siswa autis fase F di Sekolah Luar Biasa. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan satu siswa autis sebagai subjek utama, serta empat siswa tunagrahita sebagai pendukung. Data dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara guru, dan dokumentasi proses belajar. Hasil menunjukkan bahwa guru menerapkan strategi visual dan multisensori, disertai pendekatan individual dan komunikasi dua arah menggunakan ekspresi wajah, gerakan, serta media gambar. Alat bantu seperti gambar alat musik, video singkat, dan tulisan di papan sangat membantu pemahaman konsep bunyi. Strategi ini terbukti meningkatkan fokus dan keaktifan siswa autis. Namun, fase akhir pembelajaran masih kurang menekankan refleksi materi. Tantangan juga muncul dalam pemberian instruksi verbal, yang diatasi melalui tulisan dan demonstrasi visual. Penelitian ini menyarankan agar strategi pembelajaran lebih menekankan pengalaman nyata, pengulangan, dan lingkungan belajar yang terstruktur, sesuai dengan kebutuhan siswa autis fase F.


Keywords


alat bantu visual, autis fase F, fisika, pembelajaran multisensori, pembelajaran khusus, strategi pembelajaran, bunyi

Full Text:

PDF

References


Arifah, N., Rachmawati, T., & Hidayat, R. (2023). Media digital dalam pembelajaran anak berkebutuhan khusus. Jurnal Pendidikan Khusus dan Inklusi, 8(2), 145–157.

Azizah, S., & Hendriyani, Y. (2024). Tantangan implementasi teknologi dalam pembelajaran di SLB. Jurnal Inovasi Pendidikan Khusus, 6(1), 34–47.

Faizah, N. W., Ramli, M., & Ningsih, A. S. (2024). Statistik partisipasi pendidikan anak penyandang disabilitas di Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Kebijakan, 12(1), 21–30.

Farah, I., Nugraha, D., & Hartati, Y. (2022). Inovasi pembelajaran fisika untuk anak berkebutuhan khusus. Jurnal Fisika dan Pembelajarannya, 10(2), 112–119.

Gunarsa, S., Hartanto, A., & Sukardi. (2011). Fase perkembangan anak autis di SLB. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

(Catatan: Sumber ini tergolong lama, pertimbangkan menggantinya dengan referensi yang lebih baru untuk jurnal bereputasi.)

Indah, W., & Harsiwi, N. E. (2024). Pemanfaatan teknologi audio-visual dalam pembelajaran siswa autis di SLB. Jurnal Pendidikan Inklusif Indonesia, 5(1), 89–97.

Julianto, A., & Aziz, R. (2024). Permainan interaktif berbasis terapi dalam pendidikan anak autis. Jurnal Teknologi Pendidikan Khusus, 7(1), 65–74.

Muna, Z., Rahman, F., & Sari, D. A. (2024). Karakteristik anak autis dan implikasinya dalam pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan Khusus, 6(1), 14–23.

Nisak, L. U., & Harsiwi, N. E. (2024). Tantangan komunikasi dalam pembelajaran anak autis. Jurnal Komunikasi Pendidikan Inklusif, 3(2), 101–110.

Rachmani, E., & Ramdhani, N. (2021). Literasi digital untuk orang tua anak autis: Tantangan dan peluang. Jurnal Psikologi dan Pendidikan Khusus, 4(2), 78–86.

Rakhmawati, Y., & Setiyowati, L. (2024). Pengembangan media pembelajaran berbasis AR dan VR untuk anak autis. Journal of Special Education Technology, 9(1), 45–55.

Salsabilla, N. S., & Masitoh, S. (2021). Efektivitas media pembelajaran interaktif pada anak autis. Indonesian Journal of Inclusive Education, 4(2), 131–139.

Sembiring, A., Harahap, R., & Lestari, M. (2024). Strategi pembelajaran adaptif bagi anak autis. Jurnal Pendidikan Khusus dan Terapan, 7(1), 23–31.

Subagyo, R., Lestari, E., & Fadillah, A. (2024). Pemanfaatan aplikasi edukatif dalam pembelajaran matematika untuk anak autis. Jurnal Teknologi dan Pembelajaran Inklusif, 6(1), 52–60.

Wahyuni, D., Putri, N. F., & Kurniawan, R. (2024). Integrasi literasi digital dalam kurikulum inklusif: Studi di SLB dan sekolah reguler. Jurnal Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, 11(1), 12–20.

Wardany, O. F., & Apriyanti, R. (2022). Tingkat dukungan pendidikan bagi anak autis dalam pembelajaran fisika. Jurnal Pendidikan Sains dan Disabilitas, 5(2), 88–97.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.