PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI KELAS XI MATERI MITIGASI BENCANA DI SMA NEGERI 1 DULUPI

Pebrianty Hagugu, Fitryane Lihawa, Daud Yusuf

Abstract


Peningkatan kualitas pendidikan memerlukan kemajuan yang signifikan baik dalam pengembangan kurikulum, inovasi pembelajaran, dan penyelenggaraan sarana dan prasarana pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran animasi berbasis powtoon terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS 1 dan XI IIS 2. Hasil penelitian ini yaitu terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran video animasi berbasis powtoon terhadap hasil siswa pada mata Geografi. Hal ini di buktikan dari  hasil analisis data uji-t (t-test) pada selisih hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol juga memperkuat perbedaan secara signifikan pada hasil belajar kedua kelas. Hasil pretest dan posttest menunjukkan ada peningkatan yang terjadi pada kelas eksperimen sebesar 81,83. Sedangkan peningkatan yang terjadi pada kelas kontrol sebesar 80,17. Pada analisis data posttest hasil belajar pada uji-t diperoleh nilai t hitung = 4,837 dengan t tabel = 1,859, kemudian dikonsultasi dengan kriteria pengujian a = 5%, sehingga t hitung > t tabel (Hipotesis diterima). Dengan demikian hipotesis “Ada pengaruh media video animasi berbasis powtoon terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi” diterima. Peningkatan yang lebih besar pada kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan media pembelajaran animasi berbasis powtoon menunjukkan bahwa penggunaan media berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas XI IIS Di SMA Negeri 1 Dulupi.


Keywords


Video Animasi, Powtoon, Hasil Belajar

References


Arsyad A. (2011). Media Pembelajaran. 23–35.

Azzahra, R. (2022). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Powtoon Pada Pembelajaran IPS terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Repository Uin Smh Banten, 1(4), 79.

Daniel, B. K., & Harland, T. (2017). Higher Education Research Methodology. Higher Education Research Methodology. https://doi.org/10.4324/9781315149783

Dianawati, E., Herdhiana, R., & Lisnawati, C. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Media Video Powtoon Terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik. Educare: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 16(2), 1–80.

Khairiyah, U. (2018). Respon Siswa Terhadap Media Dakon Matika Materi KPK dan FPB pada Siswa Kelas IV di SD/MI Lamongan. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 5(2), 197–204. https://doi.org/10.53627/jam.v5i2.3476

Kresnandya, T. F. (2020). Pengaruh Media Video Animasi Berbasis Powtoon terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Sub Konsep Vertebrata. Jurnal METAEDUKASI, 2(1), 28–37.

Laila, R., Sawitri, Y., Marta, Y. M. V., & Yanti, Y. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Pengertian Jenis Jenis Dan Karakteristik Bahan Ajar Cetak Meliputi Handout, Modul, Buku. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Mardianto, Y., Azis, L. A., & Amelia, R. (2022). Menganalisis Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Materi Perbandingan Dan Skala Menggunakan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(5), 1313–1322. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i5.1313-1322

Muakhirin, B. (2014). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Pendekatan Pembelajaran Inkuiri Pada Siswa Sd. Jurnal Ilmiah Guru “COPE,” 01, 51–55. https://journal.uny.ac.id/index.php/cope/article/viewFile/2933/2453

Sari, S. M., & Ganing, N. N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Powtoon Berbasis Problem Based Learning pada Materi Ekosistem Muatan IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(2), 288–298. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i2.32848

Wulandari, I. S., Salam, M., & Fauzan, A. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Pembelajaran Berbasis Powtoon Terhadap Hasil Belajar PPKN Pada Siswa Kelas X MIPA di SMA Negeri 8 Kota Jambi. FKIP PPKN Universitas Jambi, 1–10. https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5077


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.