Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Berorientasi STEM Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Klasifikasi Materi Dan Perubahannya Di Kelas VII SMP Satap Tontulow
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto. (1990). Strategi Belajar Mengajar. In Bandung : CV Maulana. Rineka
Cipta.
Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.
Bloom, Benjamin S., etc. (1956). Taxonomy of Educational Objectives : The Classification of Educational Goals, Handbook I Cognitive Domain. Longmans, Green and Co.
Brown, R., Brown, J., Reardon, K., & Merrill, C. (2011). Understanding STEM: Current perceptions. Publications, 70(6), 5.
Bybee, R. W. (2010). What is STEM education? Science, 329(5995), 996. https://doi.org/10.1126/science.1194998
Carroline, D., Idrus, I., & Yennita, Y. (2019). Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa-Biologi Pada Konsep Pencemaran Lingkungan Kelas Vii. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 2(2), 67–72. https://doi.org/10.33369/diklabio.2.2.67-72
Choiriah, lia. (2019). Fektivitas Pembelajaran Stem (Science Technology Engineering And Mathematics) Terhadap Sikap Ilmiah Dan Pemahaman Konsep Siswka.(Skripsi Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung) Diakses Dari http://Repository.Radenintan.Ac.Id/6306/1/Skripsi.Pdf
Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan
Pembelajaran. PT Rineke Cipta.
Dr. Supardi, M.Pd., P. D. (2015). Pembelajaran
afektif, kognitif, dan psikomotor : (konsep dan aplikasi). Rajawali Pers.
Dr. Ratna Farwati, M. Pd. (2021). Stem education dan merdeka belajar. Cv. Dotplus publisher.
Ejiwale, J. A. (2013). Barriers To Successful Implementation of STEM Education. Journal of Education and Learning (EduLearn), 7(2), 63. https://doi.org/10.11591/edulearn.v7i2.220
Fauhah, H., & Brillian, R. (2021). Analisis model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar siswa no title. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 9(2), 325. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/10080
Hernandez, P. R., Bodin, R., Elliott, J. W., Ibrahim, B., Rambo-Hernandez, K. E., Chen, T. W., & De Miranda, M. A. (2014). Connecting the STEM dots:
Measuring the effect of an integrated engineering design intervention. International Journal of Technology and Design Education, 24(1), 107–120. https://doi.org/10.1007/s10798-013-9241-0
Ismail, S. H., Gorontalo, U. N., Matematika, F., Ilmu, D. A. N., Alam, P., Kimia, J., Studi, P., & Kimia, P. (2018). Penerapan metode pemecahan masalah secara heuristik materi larutan penyangga untuk meningkatkan keterampilan metakognisi siswa kelas xi mipa 3 sma negeri 3 gorontalo.
Kemmis, S. & Mc. Taggart, R. (1988). The Action
Research Planner. Deakin
University Press.
Marrero, M. E., Gunning, A. M., & Germain-williams, T. (2014). What is STEM Education ?
Why is STEM Education Perspectives on the " STEM. Global Education Review, 1, 1–6.
Mulyatiningsih, E. (2009). Modul Pelatihan Pendidikan Profesi Guru Fakultas Teknik Universitas Negri Yogyakarta. Bandung Rosdakarya, 1–22. staff.uny.ac.id
Nyeneng, I. D. P., & Distrik, I. W. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Jigsaw Dalam Pembelajaran Ipa Fisika Pada Siswa Smp Negeri 28 Bandar Pendahuluan Pendidikan merupakan salah satu hal penting untuk menentukan maju atau mundurnya suatu Keberhasilan pendidikan suatu negara erat dikaitkan deng. 190–203.
Pratama, R., & Parinduri, L. (2019). Penaggulangan Pemanasan Global. 3814, 91–95.
Roberts, A., & Cantu, D. (2012). Applying STEM instructional strategies to design and technology curriculum. PATT 26 Conference: Technology Education in the 21st Century, 111–118.
Rukmia. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Pembelajaran IPA Materi. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(1), 287–295.
Setyo, H. M. K., & Drs. Sodiq Puranto. M.Pd. (2019). Supervisi dan penilaian kinerja guru (MPPKS - PKG).
Slavin, R. E., Daniels, C., & Madden, N. A. (2005). “Success for All” Middle Schools Add Content to Middle Grades Reform. Middle School Journal, 36(5), 4–08. https://doi.org/10.1080/00940771.2005.11461498
Tate, W. F., Jones, B. D., Thorne-Wallington, E., & Hogrebe, M. C. (2012). Science and the City: Thinking Geospatially about Opportunity to Learn. Urban Education, 47(2), 399–433. https://doi.org/10.1177/0042085911429974
Wahono Widodo, Fida Rachmadiarti, dan S. N. H. (2018). Ilmu Pengetahuan alam. CV Arya Duta.
Wihartanti, L. V. (2017). -Issn 2337-4721. Pendidikan Ekonomi UM Metro, 5(1), 37–46.
Winkel, W. . (1991). Psikologi Pengajaran. PT. Grasindo.
Wuryani, M. T. (2018). Jurnal Internasional Metodologi Pendidikan Sekolah Dasar : Pengaruh. 4(2001), 75–81.
Zubaidah, S. (2019). STEAM (Science,
Technology, Engineering, Arts, and
Mathematics): Pembelajaran untuk Memberdayakan Keterampilan Abad ke-21. Seminar Nasional Matematika Dan Sains, September, 1–18.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.