Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Berorientasi STEM Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Klasifikasi Materi Dan Perubahannya Di Kelas VII SMP Satap Tontulow

Megawati Latabi, Mardjan Paputungan, Lukman A.R Laliyo, Kostiawan Sukamto

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada Klasifikasi materi dan Perubahannya dikelas VII SMP Satap Tontulow melalui penerapan model pembelajaran jigsawberorientasi STEM. Instrumen yang digunakan adalah tes objektif pada materi Klasifikasi materi dan perubahannya. Sampel yang penelitian 40 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penerapan model pembelajaran jigsaw berorientasi STEM pada materi IPA khususnya materi Klasifikasi materi dan perubahannya serta materi suhu dan perubahannya dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII di SMP Satap Tontulow. Indikator kerja sebesar 70% dengan nilai KKM 67. Presentase aktivitas siswa pada siklus I yaitu 39,43%% mengalami peningkatan pada siklus II  yaitu sebesar 69.62%, aktivitas guru pada siklus I sebesar 53% meningkat pada siklus II yaitu meningkat menjadi 73%. Hasil tersebut telah mencapai indikator kerja yaitu 70%. Untuk hasil belajar siswa pada siklus I belum mencapai indikator kerja dan KKM yaitu 63,65% dengan kriteria sedang, kemudian mengalami peningkatan sebesar 77.17% dengan kriteria tinggi pada siklus II.

Keywords


Hasil Belajar, STEM, Model Pembelajaran Jigsaw

Full Text:

PDF

References


Arikunto. (1990). Strategi Belajar Mengajar. In Bandung : CV Maulana. Rineka

Cipta.

Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.

Bloom, Benjamin S., etc. (1956). Taxonomy of Educational Objectives : The Classification of Educational Goals, Handbook I Cognitive Domain. Longmans, Green and Co.

Brown, R., Brown, J., Reardon, K., & Merrill, C. (2011). Understanding STEM: Current perceptions. Publications, 70(6), 5.

Bybee, R. W. (2010). What is STEM education? Science, 329(5995), 996. https://doi.org/10.1126/science.1194998

Carroline, D., Idrus, I., & Yennita, Y. (2019). Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa-Biologi Pada Konsep Pencemaran Lingkungan Kelas Vii. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 2(2), 67–72. https://doi.org/10.33369/diklabio.2.2.67-72

Choiriah, lia. (2019). Fektivitas Pembelajaran Stem (Science Technology Engineering And Mathematics) Terhadap Sikap Ilmiah Dan Pemahaman Konsep Siswka.(Skripsi Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung) Diakses Dari http://Repository.Radenintan.Ac.Id/6306/1/Skripsi.Pdf

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan

Pembelajaran. PT Rineke Cipta.

Dr. Supardi, M.Pd., P. D. (2015). Pembelajaran

afektif, kognitif, dan psikomotor : (konsep dan aplikasi). Rajawali Pers.

Dr. Ratna Farwati, M. Pd. (2021). Stem education dan merdeka belajar. Cv. Dotplus publisher.

Ejiwale, J. A. (2013). Barriers To Successful Implementation of STEM Education. Journal of Education and Learning (EduLearn), 7(2), 63. https://doi.org/10.11591/edulearn.v7i2.220

Fauhah, H., & Brillian, R. (2021). Analisis model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar siswa no title. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 9(2), 325. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/10080

Hernandez, P. R., Bodin, R., Elliott, J. W., Ibrahim, B., Rambo-Hernandez, K. E., Chen, T. W., & De Miranda, M. A. (2014). Connecting the STEM dots:

Measuring the effect of an integrated engineering design intervention. International Journal of Technology and Design Education, 24(1), 107–120. https://doi.org/10.1007/s10798-013-9241-0

Ismail, S. H., Gorontalo, U. N., Matematika, F., Ilmu, D. A. N., Alam, P., Kimia, J., Studi, P., & Kimia, P. (2018). Penerapan metode pemecahan masalah secara heuristik materi larutan penyangga untuk meningkatkan keterampilan metakognisi siswa kelas xi mipa 3 sma negeri 3 gorontalo.

Kemmis, S. & Mc. Taggart, R. (1988). The Action

Research Planner. Deakin

University Press.

Marrero, M. E., Gunning, A. M., & Germain-williams, T. (2014). What is STEM Education ?

Why is STEM Education Perspectives on the " STEM. Global Education Review, 1, 1–6.

Mulyatiningsih, E. (2009). Modul Pelatihan Pendidikan Profesi Guru Fakultas Teknik Universitas Negri Yogyakarta. Bandung Rosdakarya, 1–22. staff.uny.ac.id

Nyeneng, I. D. P., & Distrik, I. W. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Jigsaw Dalam Pembelajaran Ipa Fisika Pada Siswa Smp Negeri 28 Bandar Pendahuluan Pendidikan merupakan salah satu hal penting untuk menentukan maju atau mundurnya suatu Keberhasilan pendidikan suatu negara erat dikaitkan deng. 190–203.

Pratama, R., & Parinduri, L. (2019). Penaggulangan Pemanasan Global. 3814, 91–95.

Roberts, A., & Cantu, D. (2012). Applying STEM instructional strategies to design and technology curriculum. PATT 26 Conference: Technology Education in the 21st Century, 111–118.

Rukmia. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Pembelajaran IPA Materi. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(1), 287–295.

Setyo, H. M. K., & Drs. Sodiq Puranto. M.Pd. (2019). Supervisi dan penilaian kinerja guru (MPPKS - PKG).

Slavin, R. E., Daniels, C., & Madden, N. A. (2005). “Success for All” Middle Schools Add Content to Middle Grades Reform. Middle School Journal, 36(5), 4–08. https://doi.org/10.1080/00940771.2005.11461498

Tate, W. F., Jones, B. D., Thorne-Wallington, E., & Hogrebe, M. C. (2012). Science and the City: Thinking Geospatially about Opportunity to Learn. Urban Education, 47(2), 399–433. https://doi.org/10.1177/0042085911429974

Wahono Widodo, Fida Rachmadiarti, dan S. N. H. (2018). Ilmu Pengetahuan alam. CV Arya Duta.

Wihartanti, L. V. (2017). -Issn 2337-4721. Pendidikan Ekonomi UM Metro, 5(1), 37–46.

Winkel, W. . (1991). Psikologi Pengajaran. PT. Grasindo.

Wuryani, M. T. (2018). Jurnal Internasional Metodologi Pendidikan Sekolah Dasar : Pengaruh. 4(2001), 75–81.

Zubaidah, S. (2019). STEAM (Science,

Technology, Engineering, Arts, and

Mathematics): Pembelajaran untuk Memberdayakan Keterampilan Abad ke-21. Seminar Nasional Matematika Dan Sains, September, 1–18.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.