PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN DIRECT INSTRUCTION PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

Nur Mustaqimah

Abstract


Model pembelajaran memiliki peran penting dalam menentukan perkembangan peserta didik dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan sikap peduli lingkungan antara siswa yang diajar menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) dan yang diajar dengan Model Direct Instruction (DI). Bentuk penelitian adalah Quasy Experimental Design dengan sampel penelitian terdiri dari dua rombongan belajar kelas VII yang diambil secara acak, masing-masing berjumlah 25 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Instrumen penelitian berupa tes kemampuan pemecahan masalah untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah siswa dan angket/kuisioner  untuk mengumpulkan data mengenai sikap peduli lingkungan siswa. Pengujian dua variabel menggunakan uji Independent Sample t-test dengan nilai sig. (2-tailed) 0,001 < α 0,05, yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan sikap peduli lingkungan yang signifikan  antara siswa yang diajar dengan menerapkan Model Problem Based Learning dan yang diajar dengan menerapkan Model Direct Instruction siswa kelas VII SMPN 20 Sinjai.

 


Keywords


Lingkungan, Problem Based Learning, Direct Instruction, Quasy, Pemecahan masalah

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berbasis Portofolio (Pmbp) Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. JPM : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 79. https://doi.org/10.33474/jpm.v2i1.209

Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., & Sugandi, A. I. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematik Siswa Kelas Xi Sma Putra Juang Dalam Materi Peluang. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1). https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.62

Akuba, S. F., Purnamasari, D., & Firdaus, R. (2020). Pengaruh Kemampuan Penalaran, Efikasi Diri dan Kemampuan Memecahkan Masalah Terhadap Penguasaan Konsep Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 44. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i1.2827

Astuti, N. H., Rusilowati, A., Subali, B., & Marwoto, P. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Model Polya Materi Getaran, Gelombang, Dan Bunyi Siswa SMP. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 9(1), 1–8.

Azmi, F., & Elfayetti, E. (2017). Analisis Sikap Peduli Lingkungan Siswa Melalui Program Adiwiyata Di SMA Negeri 1 Medan. Jurnal Geografi, 9(2), 125. https://doi.org/10.24114/jg.v9i2.6901

Azwar, S. (2015). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Badarudin, B. (2018). Peningkatan Sikap Peduli Lingkungan dan Prestasi Belajar IPA menggunakan Model Problem Based Learning Berbasis Literasi pada Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku di Kelas IV MI Muhammadiyah Kramat. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 3(2), 50. https://doi.org/10.26737/jpdi.v3i2.793

Djuandi, D. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Sikap Siswa Pada Lingkungan (Studi Eksperimen Quasi Pada Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Purwadadi). Jurnal Geografi Gea, 16(1), 24. https://doi.org/10.17509/gea.v16i1.3465

Erika, Astalini, & Kurniawan, D. A. (2021). Literatur Review : Penerapan Sintaks Model Pembelajaran Problem Solving Pada Kurikulum 2013. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1).

Fitriani, R. (2017). Perilaku Peduli Lingkungan Pada Siswa Kelas X Sma Muhammadiyah 1 Yogykarta. Jurnal Pendidikan Teknik Boga, 2(2), 1–11.

Fox-Lopp, J., McLaughlin, T. F., Weber, K. P., & Hatch, K. (2015). The effects of direct instruction flashcards with model, lead, and test error correction on counting money with a high school student with autism and …. AIS; Advances in Applied Psychology, 1(July), 15–22.

Haryanti, Y. D. (2017). Model Problem Based Learning Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.596

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., dan Seomarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematika Siswa. Bandung: Refika Aditama.

Husna, S., Abdullah, & Nurmaliah, C. (2013). Penerapan Model Problem Based Learning Pada Konsep Perusakan Dan Pencemaran Lingkungan Untuk Meningkatkan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Sma Negeri 1 Sabang. Jurnal Edubio Tropika, 1(2): 61–120. http://202.4.186.66/JET/article/view/5231/4388

Irwandi, I., & Fajeriadi, H. (2020). Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa SMA di Kawasan Pesisir, Kalimantan Selatan. BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 1(2), 66. https://doi.org/10.20527/binov.v1i2.7859

Islami, Z. R., & Afrian, R. (2019). Model Problem Based Learning Berbasis Scientific Approach Dalam Meningkatkan Karakter Rasa Ingin Tahu Dan Peduli Lingkungan Siswa. Jurnal Georafflesia, 4(1), 12–19. https://doi.org/https://doi.org/10.32663/georaf.v4i1.665

Kemendikbud. (2013). Kompetensi Dasar: Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs). Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud (2013). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.

Khanafiyah, S., & Yulianti, D. (2013). Model Problem Based Instruction Pada Mengembangkan Sikap Kepedulian Lingkungan. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia (Indonesian Journal of Physics Education), 9(1), pp 35-42.

Mukhopadhyay, D. R. (2013). Problem Solving In Science Learning - Some Important Considerations of a Teacher. IOSR Journal of Humanities and Social Science, 8(6), 21–25. https://doi.org/10.9790/0837-0862125

Nusantara, R. W., Sugandawaty, T., Haryono, E., & Sudarmadji. (2014). Soil Emissions of CO 2 Due to Land Use Change of Peat Swamp Forest at West Kalimantan. Jurnal Manusia Dan Lingkungan, 21(3), 268–276.

Sani, R. A. (2019). Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill). ISmart.

Saputri, D. A., & Febriani, S. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning(Pbl) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Biologi Materi Pencemaran Lingkungan Kelas X Mia Sma N 6 Bandar Lampung. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 8(1), 40–52. https://doi.org/10.24042/biosf.v8i1.1262

Schaefer, V., & Gonzales, E. (2013). Using Problem-based Learning to Teach Concepts for Ecological Restoration. Ecological Restoration, 31(4), 412–418. https://doi.org/10.3368/er.31.4.412

Schuh, K. L. (2004). Learner-centered principles in teacher-centered practices?. Teaching and Teacher education, 20(8), 833-846.

Shofiyah, N., & Wulandari, F. E. (2018). Model Problem Based Learning (Pbl) Dalam Melatih Scientific Reasoning Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(1). https://doi.org/10.26740/jppipa.v3n1.p33-38

Siddiq, M. N., Supriatno, B., & Saefudin, S. (2020). Pengaruh penerapan problem based learning terhadap literasi lingkungan siswa SMP pada materi pencemaran lingkungan. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 3(1), 18–24. https://doi.org/10.17509/aijbe.v3i1.23369

Sidik NH., M. I., & Winata, H. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 49. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3262

Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(2): 1–11. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv5n2_12/275

Supiadi & Julung. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Biologi SMA. JPS (Jurnal Pendidikan Sains), 4(2), 60–64. https://doi.org/10.17977/jps.v4i2.8183. Jurnal Pendidikan Sains, 4(2), 60–64. http://journal.um.ac.id/index.php/jps/article/view/8183

Tikho, A. E., & Gunansyah, G. (2021). Studi Analisis: Implementasi Program Adiwiyata Di Sekolah Dasar Ganes Gunansyah. Jurnal PGSD, 09(09), 3384–3398.

Triani, D. S., Winarni, E. W., & Muktadir, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Sikap Peduli Lingkungan dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 78 Kota Bengkulu. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 2(1), 13–21. https://doi.org/10.33369/dikdas.v2i1.8677

Widiasworo, E. (2017). Strategi dan Metode Mengajar Siswa di Luar Kelas. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.