PENGEMBANGAN LABORATORIUM VIRTUAL PADA PERCOBAAN ENERGI LEVEL ATOM HIDROGEN
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi laboratorium virtual untuk percobaan atom energi level atom hidrogen dalam pembelajaran fisika. Laboratorium virtual dikembangkan menggunakan aplikasi Lectora Inspire 18 dan telah divalidasi oleh ahli dalam bidang fisika dan pendidikan. Data persepsi siswa terhadap laboratorium virtual yang dikembangkan dikumpulkan melalui instrumen penilaian yang mencakup kemudahan penggunaan, daya tarik pembelajaran, dan aktivitas belajar. Hasil analisis data menunjukkan bahwa laboratorium virtual mendapatkan tanggapan yang sangat positif dari siswa, dengan mayoritas mereka menganggap laboratorium virtual sangat baik dalam hal kemudahan penggunaan, daya tarik pembelajaran, dan aktivitas belajar. Penelitian ini menunjukkan bahwa laboratorium virtual yang dikembangkan dapat menjadi alat yang efektif dalam meningkatkan pembelajaran fisika di lingkungan pendidikan. Langkah selanjutnya adalah terus memperbaiki dan mengembangkan laboratorium virtual ini untuk memberikan manfaat yang lebih besar bagi pembelajaran ilmu pengetahuan di masa mendatang.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Basri Syamsuriana, Maya Sri, Rahman Irsan, (2021): Pelatihan Kelompok Guru IPA dalam Pembelajaran Praktikum Berbasis SIA (Simulasi dan Animasi) Laboratorium Virtual di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, Seminar Nasional Paedagoria, Vol. 1.
Daniah, Daniah, (2020): Pentingnya Inkuiri Ilmiah pada Praktikum Dalam Pembelajaran IPA untuk Peningkatan Literasi Sains Mahasiswa, Pionir, Jurnal Pendidikan, Vol. 9, No. 1
Supratmi, N., Pratiwi, B. ., & Izzati, A. N. . (2021). Pentingnya Laboratorium Virtual Bahasa Sebagai Penunjang Proses Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 22(1), 19–25.
Suyidno Suyidno, dkk., (2022): STEM-Problem Based Learning: Pembelajaran Inovatif untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa di Era Industri 4.0, Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, Vol. 13, No. 2.
Swandi Ahmad, Hidayah S.N., Irsan, (2014): Pengembangan Media Pembelajaran Laboratorium Virtual untuk Mengatasi Miskonsepsi Pada Materi Fisika Inti di SMAN 1 Binamu, Jeneponto, Jurnal Fisika Indonesia, Vol. 52 No.18.
Swandi Ahmad, Rahmadhanningsih Sri, Rahman Irsan, (2021): Pelatihan Pembuatan Perangkat Pembelajaran Berbasis Laboratorium Virtual dan Blended Learning untuk Guru IPA di SMA Islam Athirah 1 Makassar, J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, Vol. 6, No. 1.
Wibawanto, W., (2020). Laboratorium virtual konsep dan pengembangan simulasi fisika. LPPM UNNES.
Wulandari Tiara Dwi, Wdiyatmoko Arif, Pamelasari Stephani Diah, (2022): Keefektifan Pembelajaran IPA Berbantuan Virtual Reality untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa SMP di Abad 21: Review Artikel, Proceeding Seminar Nasional IPA.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.