UJI VALIDITAS VIDEO ANIMASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA MATERI SEL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SMA NEGERI 3 KOTA GORONTALO

Nur Mustaqimah

Abstract


Media pembelajaran harus memiliki kualitas yang memotivasi, artinya, pembuatan media yang berkualitas harus mampu memberikan dorongan motivasi kepada penggunanya, sehingga minat belajar dapat meningkat dan tujuan pembelajaran dapat tercapai. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan yaitu video animasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui validitas media pembelajaran video animasi yang telah dirancang oleh peneliti. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menerapkan model penelitian 4D, namun pada penelitian ini, peneliti hanya melalui 3 tahapan yaitu define, design, and develop. Penelitian hanya membahas tahapan validasi yang merupakan salah satu tahapan dari develop. Validasi video animasi ini dilakukan oleh 3 validator ahli yang merupakan dosen yang ahli di bidangnya, yaitu ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa. Instrumen yang dipergunakan dalam pengumpulan data adalah angket uji validitas yang disusun berdasarkan Skala Likert. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat diketahui bahwa media pembelajaran berupa video animasi untuk materi sel tergolong sangat valid dengan rata-rata perolehan skor yaitu 83%. Perolehan ini menunjukkan bahwa media ini layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

 


Keywords


Validitas, Animasi, Motivasi, Minat, Develop

Full Text:

PDF

References


Ayu, I., Jembari, T., Kade Tastra, D., Putu, L., Mahadewi, P., & Pendidikan, T. (2015). Pengembangan Video Animasi dengan Model Waterfall Pada Pembelajaran IPS Kelas VIII. Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Teknologi Pendidikan, 3(1).

Ferry, D., Jepriadi, & Kamil, D. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Biologi Siswa Melalui Penerapan Media Video Animasi Tiga Dimensi (3D). Pedagogi Hayati, 3(2), 1–11. https://doi.org/10.31629/ph.v3i2.1641

Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384–2394.Men. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384–2394.

Ivers, K. S., & Barron, A. E. (2010). Multimedia Projects in Education: Designing, Producing and Assessing, Santa Barbara, California: Libraries Unlimited. An Imprint of ABC-Clio, LLC.

Mardianti, L. N., Nengsih, R., & Handayani, P. (2021). Pengembangan Media Flashcard pada Materi Keanekaragaman Hayati sebagai Media Pembelajaran Biologi di SMK N Merangin Kelas X. BIOCOLONY: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Biosains, 4(1), 21–25.

Mustaqimah, N., Dama, L., Usman, N. F., Gorontalo, N., & Info, A. (2023). Pengembangan Media Flashcard Dengan Panduan. Khazanah Pendidikan Jurnal Ilmiah Kependidikan, 17(1), 376–384. https://doi.org/10.30595/jkp.v17i1.17159

Oktaviara, R. A., & Pahlevi, T. (2019). Pengembangan E-modul Berbantuan Kvisoft Flipbook Maker Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Menerapkan Pengoperasian Aplikasi Pengolah Kata Kelas X OTKP 3 SMKN 2 Blitar. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran , 7(3), 60–65.

Rahmaniati, E. (2016). Penerapan Strategi Pembelajaran Motivasional Dengan Permainan Kartu Bertema Protista Pada Siswa Kelas X Sma. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 7(2), 1. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v7i2.17684

Sari, R. T. (2017). Uji Validitas Modul Pembelajaran Biologi Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Melalui Pendekatan Konstruktivisme Untuk Kelas Ix Smp. Scientiae Educatia, 6(1), 22. https://doi.org/10.24235/sc.educatia.v6i1.1296

Sunami, M. A., & Aslam, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Zoom Meeting terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1940–1945. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1129

Tendrita, M. (2017). Peningkatan Aktivitas Belajar Dan Pemahaman Konsep Biologi Dengan Strategi Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) Pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 5 Kendari. Jurnal VARIDIKA, 28(2), 213–224. https://doi.org/10.23917/varidika.v28i2.2867

Widiyasanti, M., & Ayriza, Y. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(1), 1–16. https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21489


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.