PENGEMBANGAN LABORATORIUM VIRTUAL PADA PERCOBAAN PENGUKURAN NISBAH e/m
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Mengembangkan laboratorium virtual pada mata pelajaran Fisika. Laboratorium virtual dikembangkan menggunakan aplikasi Lectora Inspire 18 dengan mengkombinasikan tujuan percobaaan, materi singkat, langkah kerja, lembar kerja siswa, dan simulasi interaktif dalam 1 aplikasi komputer. Laboratorium virtual yang dikembangkan kemudian di validasi oleh ahli dan diuji coba pada peserta didik untuk mengukur persepsi siswa terhadap laboratorium virtual. Hasil ujicoba menunjukkan bahwa mayoritas siswa memberikan penilaian positif terhadap laboratorium virtual, dengan sebagian besar menyatakan bahwa fasilitas tersebut baik hingga sangat baik. Selain itu, siswa juga menilai daya tarik belajar dan aktivitas belajar melalui laboratorium virtual sebagai baik hingga sangat baik. Penelitian ini menunjukkan bahwa laboratorium virtual merupakan alternatif yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pada pelajaran fisika, dengan memberikan pengalaman pembelajaran yang memuaskan dan relevan dengan tuntutan zaman. Implikasi penelitian ini mencakup potensi laboratorium virtual dalam meningkatkan literasi siswa, memahami konsep abstrak, dan mendukung transformasi pendidikan ke arah pembelajaran yang lebih interaktif dan adaptif di era digital.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Astalini, dkk., (2019): Studi penggunaan PhET Interactive Simulations dalam pembelajaran Fisika, Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika, Vol. 6, No. 2.
Basri Syamsuriana, Maya Sri, Rahman Irsan, (2021): Pelatihan Kelompok Guru IPA dalam Pembelajaran Praktikum Berbasis SIA (Simulasi dan Animasi) Laboratorium Virtual di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, Seminar Nasional Paedagoria, Vol. 1.
Basri Syamsuriana, Maya Sri, Rahman Irsan, (2021): The Use ff Simulation and Animation of Virtual Laboratory-Based Practical Learning for Science Teacher Groups, JCES (Journal of Character Education Society), Vol. 4, No. 4.
Dewa Egidius, Ki’i Oktavianus Ama, Pasaribu Rosenti (2023): Penggunaan Simulasi Phet dan E-Evaluation Berbasis Hot-Potatoes untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Efek Fotolistrik dan Minat Belajar Calon Guru Fisika, ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika, Vol.9,No1.
Dewa Egidius, Mukin M.U.J, Pandango Oktavina. (2020): Pengaruh Pembelajaran Daring Berbantuan Laboratorium Virtual Terhadap Minat dan Hasil Belajar Kognitif Fisika, Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pedidikan (Jartika), Vol. 3, No. 2.
Dwiasih Ratna, (2022): Efektivitas Penerapan Laboratorium Virtual (Physics Education Technology, Phet) pada Pembelajaran Fisika Materi Hukum Coulomb di MAN 2 Trenggalek, Prosiding Seminar Nasional Fisika (SNF), Vol. 6.
Muhajarah Kurnia, Suthan Moh., (2020): Pengembangan Laboratorium Virtual sebagai Media Pembelajaran: Peluang dan Tantangan, Justek: Jurnal Sains dan Teknologi, Vol. 3, No. 2.
Rahayuningtyas N.H.,Jannah Akyunul, (2020): Laboratorium Virtual sebagai Penunjang Praktikum di Masa Belajar dari Rumah, Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan, Vol. 3.
Suyidno Suyidno, dkk., (2022): STEM-Problem Based Learning: Pembelajaran Inovatif untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa di Era Industri 4.0, Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, Vol. 13, No. 2.
Swandi Ahmad, Hidayah S.N., Irsan, (2014): Pengembangan Media Pembelajaran Laboratorium Virtual untuk Mengatasi Miskonsepsi Pada Materi Fisika Inti di SMAN 1 Binamu, Jeneponto, Jurnal Fisika Indonesia, Vol. 52 No.18.
Swandi Ahmad, Rahmadhanningsih Sri, Rahman Irsan, (2021): Pelatihan Pembuatan Perangkat Pembelajaran Berbasis Laboratorium Virtual dan Blended Learning untuk Guru IPA di SMA Islam Athirah 1 Makassar, J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, Vol. 6, No. 1.
Wulandari Tiara Dwi, Wdiyatmoko Arif, Pamelasari Stephani Diah, (2022): Keefektifan Pembelajaran IPA Berbantuan Virtual Reality untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa SMP di Abad 21: Review Artikel, Proceeding Seminar Nasional IPA.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.